5 Tips Mencuci Baju dengan Benar, TKI Wajib Paham

Mencuci Baju

Membersihkan pakaian mungkin menjadi hal yang dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal, jika tidak dicuci dengan benar, resiko kerusakan pada pakaian yang dimiliki akan meningkat. Nyatanya dalam mencuci baju juga harus memperhatikan beberapa hal yang terkait dengan baju tersebut. Sederhana, agar baju yang dimiliki tetap dapat awet dan tidak mudah rusak karena kesalahan yang bisa dihindari.

Untuk Anda yang bekerja sebagai TKI di bidang penata laksana rumah tangga, tentu penting untuk memahami benar cara mencuci baju yang benar. Tidak hanya untuk pakaian milik pemberi kerja, namun juga pakaian Anda sendiri. Jika Anda salah dalam mencuci pakaian, bisa jadi Anda terkena teguran serta dapat merugikan Anda.

Nah, untuk mencuci baju dengan benar, setidaknya ada tiga hal sederhana yang harus diperhatikan dan dipahami. Hal apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bagian berikut ini!

Jenis Bahan Pakaian Menentukan Cara Pencucian

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini5 - 5 Tips Mencuci Baju dengan Benar, TKI Wajib Paham

Setiap orang patut berterimakasih pada kehadiran mesin cuci yang mempermudah pekerjaan rutin mencuci baju. Terlebih pada mesin cuci modern, sudah terdapat pengaturan yang bisa digunakan untuk menyesuaikan bahan pakaian yang akan dicuci. Pengaturan ini sudah disesuaikan sedemikian rupa agar pakaian yang dicuci tidak rusak bahannya.

Ketika mencuci, sangat disarankan memisahkan cucian berdasarkan jenis kain yang digunakan. Cuci pakaian yang memiliki jenis sama pada satu pencucian, sehingga tidak bercampur dengan bahan lain. Dengan demikian, pengaturan yang ada pada mesin cuci dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Laundry Net untuk Mesin Tanpa Pengaturan Khusus

Jika mesin cuci yang Anda gunakan tidak memiliki pengaturan sesuai dengan bahan pakaian, Anda bisa menggunakan alat tambahan seperti laundry net. Jaring cuci ini akan memberikan perlindungan pada pakaian dengan bahan tertentu sesuai dengan jenisnya. Jadi Anda tak perlu khawatir pakaian akan rusak meski dicuci dengan setelan standar.

Laundry net sendiri banyak digunakan karena cukup mudah ditemukan. Anda bisa mendapatkannya di marketplace secara online atau membelinya di pasar. Pastikan Anda membeli jenis laundry net yang sesuai dengan jenis pakaian agar alat ini dapat berfungsi sempurna untuk mengamankan pakaian yang Anda cuci.

Hati-Hati dengan Pakaian yang Luntur Warnanya

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini6 - 5 Tips Mencuci Baju dengan Benar, TKI Wajib Paham

Beberapa jenis pakaian ketika dicuci untuk pertama kali, dan bahkan pada pencucian selanjutnya, mengalami kelunturan warna. Jika pencucian yang dilakukan bersama-sama dan tidak dipisah, bisa jadi pakaian yang dicuci akan berubah warna karena terkena pewarna luntur dari pakaian lain.

Sama seperti poin pertama, ada baiknya Anda memisahkan pakaian yang akan dicuci tidak hanya berdasarkan bahan namun juga warna. Akan sedikit lebih repot memang, namun untuk menjaga kualitas pakaian yang dimiliki, sedikit usaha tidak masalah bukan? Lagipula, jika pakaian terkena warna luntur dari pakaian lain effort yang dilakukan juga akan menjadi lebih besar dan waktu yang digunakan akan lebih banyak.

Deterjen Pencuci Baju

Pada masa sekarang, bahkan deterjen pencuci baju juga sudah memiliki banyak varian untuk banyak jenis mesin cuci yang ada di pasaran. Ada yang digunakan khusus untuk mesin cuci dengan satu kabin, ada juga yang digunakan untuk mesin cuci dengan kabin terpisah antara pencucian dan pengeringan.

Pemilihan deterjen juga sangat penting agar mesin cuci yang digunakan tetap dapat berfungsi optimal. Selain itu, misalnya untuk pakaian berwarna putih, Anda juga direkomendasikan menggunakan detergen khusus untuk pakaian warna tersebut.

Cuci Basah atau Cuci Kering?

Menjadi TKI mandiri bukan tidak mungkin dilakukan jika Anda mengetahui apa yang harus dilakukan. Simak penjelasannya di sini7 - 5 Tips Mencuci Baju dengan Benar, TKI Wajib Paham

Beberapa pakaian menuntut Anda melakukan sedikit lebih usaha untuk mencuci kering. Biasanya pakaian ini adalah pakaian yang memiliki catatan khusus ketika pembelian sehingga Anda dapat memisahkannya dengan mudah. Selalu cermati label atau keterangan yang diberikan ketika pembelian agar pakaian yang seharusnya dicuci kering tidak ikut ke dalam ‘rombongan’ cucian basah.

Jika Anda tidak memiliki alat atau kemampuan melakukan dry clean, ada baiknya Anda pergi ke binatu terdekat untuk menggunakan layanan ini. Hampir semua binatu yang ada sekarang telah menyediakan layanan cuci kering sehingga Anda tetap dapat membersihkan pakaian tersebut dengan baik tanpa harus beresiko merusak pakaian karena salah pencucian.

Baca Juga: Tips Hidup Hemat Tetap Bahagia Saat Kerja di Luar Negeri

Untuk Anda yang sudah sering mencuci baju mungkin hal di atas bukan menjadi barang baru lagi karena sudah jadi satu rutinitas harian. Namun demikian, penting untuk selalu mengingat setiap poin yang disampaikan agar baju yang Anda cuci tetap berada dalam keadaan baik dan tidak rusak karena kesalahan sederhana yang harusnya dapat dihindari.

Bagi TKI yang salah satu pekerjaan utamanya adalah mencuci baju, diharapkan informasi dalam artikel ini bisa menjadi pengingat atau pengetahuan baru. Sebagai informasi tambahan, Anda yang bekerja di Malaysia bisa dengan mudah mengirimkan hasil jerih payah yang didapatkan dengan menggunakan layanan Qelola. Layanan remitansi ini menawarkan transfer real-time serta biaya administrasi yang sangat murah dan tentu tidak akan membebani uang yang Anda kirimkan. Segera unduh aplikasinya di sini, dan gunakan setiap fiturnya dengan maksimal!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,