Tips Hidup Hemat Tetap Bahagia Saat Kerja di Luar Negeri

hidup hemat

Bekerja di luar negeri memiliki penghasilan yang jauh lebih besar daripada bekerja di tanah air dengan profesi yang sama. Itulah kenapa banyak orang mencari kesempatan untuk bisa bekerja di luar negeri atau menjadi TKI. Penghasilan yang besar akan membuat orang memiliki kecenderungan yang lebih besar juga untuk menghabiskannya. Baik untuk hal-hal positif yang memiliki manfaat jangka panjang maupun jangka pendek, seperti belanja dan rekreasi misalnya. Maka dari itu, dorongan untuk memanfaatkan gaji tersebut harus diimbangi dengan gaya hidup hemat. Terlebih lagi bagi Anda, para TKI yang memiliki kesulitan mengatur keuangan, gaya hidup hemat adalah langkah awal terbaik yang bisa dilakukan.

Sayangnya, banyak orang beranggapan hidup hemat berarti hidup serba ngirit. Bahkan dikatakan bisa membuat Anda pelit kepada diri sendiri bahkan untuk orang lain. Padahal hidup hemat tidak selalu seperti itu. Anda tetap bisa memiliki kesempatan untuk bersenang-senang dan membeli barang yang memang Anda butuhkan. Berikut adalah tips hidup hemat tetap bahagia saat kerja di luar negeri:

1. Masak Sendiri Makanan Anda

cook 2364182 960 720 - Tips Hidup Hemat Tetap Bahagia Saat Kerja di Luar Negeri

Mungkin bagi sebagian dari Anda yang kerja di luar negeri, membeli makanan dari luar adalah hal yang paling sering dilakukan. Hal ini memang paling praktis namun akan sangat memberatkan anggaran pengeluaran Anda. Sehingga pilihan untuk memasak sendiri harus dimulai dari sekarang. Karena faktanya, membeli bahan mentah dapat menghemat uang makan 2 hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan membeli makanan matang. Triknya adalah coba kenali bahan-bahan makanan yang harganya murah namun tetap bergizi di negara tempat Anda bekerja. Karena bisa jadi murah di Indonesia belum tentu murah di luar negeri. Misalnya saja tempe menjadi lebih mahal di luar negeri dibandingkan di pasar-pasar Indonesia dan roti bisa lebih murah di luar negeri dibanding di Indonesia. Memasak sendiri juga akan menambah selera makan karena Anda sendiri yang memilih bahannya.

2. Trik Membeli Alat Masak Sederhana

gas flame 1452999 960 720 - Tips Hidup Hemat Tetap Bahagia Saat Kerja di Luar Negeri

Jika Anda tinggal di kamar sewa yang memiliki fasilitas dapur pribadi atau dapur bersama, maka akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk memasak makanan sendiri. Namun jika kamar sewa Anda tidak memilikinya, Anda bisa menciptakan dapur mini di salah satu bagian kamar Anda. Alat dapur yang diperlukan pun tidak harus banyak, cukup miliki yang benar-benar akan digunakan saja seperti pisau, wajan, penanak nasi, dan alat elektronik pelengkap lainnya. Trik membeli alat elektronik yang murah adalah membeli barang refurbished (restorasi toko). Barang jenis ini adalah barang yang masih dalam waktu garansinya namun dikembalikan ke toko dan mendapat perbaikan. Sehingga barang ini akan dijual kembali dengan harga murah padahal kualitasnya masih bagus. Apabila Anda kesulitan menemukan toko yang menjualnya, tanyakan rekomendasi toko kepada beberapa teman seprofesi yang jauh lebih lama tinggal di negara tersebut.

3. Trik Belanja Baju dan Alat Rumah Tangga yang Murah

shopping 606993 960 720 - Tips Hidup Hemat Tetap Bahagia Saat Kerja di Luar Negeri

Kebutuhan baju baru adalah kebutuhan tersier. Meskipun bukan kebutuhan pokok, tapi Anda tetap membutuhkannya beberapa waktu. Apalagi jika negara tempat Anda bekerja memiliki musim yang berbeda dengan musim di Indonesia, misalnya musim dingin. Tentu Anda akan membutuhkan pakaian musim dingin lebih banyak, bukan? Tips untuk membeli baju tanpa menguras biaya hidup Anda adalah membeli baju di car boot sale atau charity shop (toko amal) yang umumnya memiliki barang kualitas medium dengan harga murah. Tempatnya? Kembali gunakan lingkaran pertemanan Anda di negara tersebut untuk menemukannya.

4. Alternatif Rekreasi Murah dan Gratis

travel 3249548 960 720 - Tips Hidup Hemat Tetap Bahagia Saat Kerja di Luar Negeri

Kerja di luar negeri pun memiliki resiko bosan dan suntuk seperti halnya bekerja di Indonesia. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan rekreasi atau berwisata di negara tempat Anda bekerja sesekali dalam 1 atau 2 bulan. Rekreasi pun tidak melulu harus mahal karena banyak juga destinasi wisata yang menawarkan keindahan dan suasana menyenangkan dengan harga yang murah bahkan gratis. Dengan begitu, Anda akan tetap bahagia kerja di luar negeri namun tetap bisa menerapkan gaya hidup hemat.

Jika Anda mencoba tips gaya hidup hemat di atas, bisa dipastikan pengelolaan keuangan Anda akan jauh lebih mudah. Tidak hanya bagi Anda sebagai sosok yang bekerja di luar negeri, namun juga alokasi biaya hidup bagi keluarga di tanah air. Dengan gaya hidup hemat yang sudah terbiasa dilakukan, Anda tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan keluarga di Indonesia. Anda juga dapat mempersiapkan kehidupan setelah menjadi mantan TKI. Karena bagaimanapun juga Anda tidak akan selamanya bekerja di luar negeri, bukan?

Kemudian untuk mempermudah Anda dalam mengelola keuangan, saat ini telah hadir aplikasi keuangan dan pembayaran yang efektif dan efisien digunakan. Aplikasi tersebut adalah Qelola, dengan berbagai fitur menarik yang harus Anda coba. Selain itu, biaya mengirim uang dengan Qelola jauh lebih murah dibandingkan dengan media transfer antar negara yang lain. Yuk rasakan langsung manfaatnya dengan download Qelola di sini.

Tags: , , , ,