Perhatikan Kode Area Telepon Saat Lakukan Panggilan ke Malaysia

kode negara

Anda mungkin punya keluarga, kerabat, atau teman yang sedang menimba ilmu atau bekerja di Malaysia. Untuk tetap menjaga komunikasi dengan mereka yang ada di luar negeri sana sesekali Anda pasti melakukan panggilan telepon untuk mengobati rasa rindu. Panggilan ke luar negeri kini lebih mudah dilakukan karena didukung dengan perangkat komunikasi yang semakin canggih dan sinyal telepon yang semakin lancar. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan panggilan ke Malaysia seperti kode negara dan kode area telepon. Mungkin sebagian dari Anda yang membaca artikel ini belum tahu bagaimana caranya melakukan panggilan telepon ke Malaysia. Oleh karena itu terus simak artikel berikut untuk tahu caranya ya!

Perhatikan Kode Negara dan Kode Area Telepon di Malaysia

telpon 2 - Perhatikan Kode Area Telepon Saat Lakukan Panggilan ke Malaysia


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk bisa melakukan panggilan ke Malaysia Anda harus tahu kode negara dan kode area telepon tempat kerabat atau keluarga Anda berada. Dengan kata lain kode negara atau kode telepon ini adalah kode yang dipakai untuk menelepon dari luar negeri menuju negara tersebut. Kode negara atau kode telepon internasional biasanya menggunakan dua atau tiga digit angka dengan tanda + di awalnya. Kode ini nantinya akan disisipkan di depan nomor telepon menggantikan angka 0 yang tertera di depan nomor telepon yang terdaftar. Untuk kode telepon negara Malaysia sendiri adalah +60. 

Lalu apa beda kode negara dengan kode area saat melakukan panggilan ke Malaysia. Nah, mungkin Anda juga bingung untuk membedakan kode negara dengan kode area telepon di Malaysia. Selain kode negara, Anda juga harus memasukan kode area telepon untuk melakukan panggilan ke luar negeri. Akan tetapi, penambahan kode area telepon ini hanya berlaku jika Anda melakukan panggilan ke nomor rumah atau kantor di Malaysia. Jika Anda hendak terhubung ke nomor seluler, Anda cukup memasukan kode negaranya saja.

Cara Hemat Nelpon ke Negara Malaysia 

telpon 3 - Perhatikan Kode Area Telepon Saat Lakukan Panggilan ke Malaysia

Melakukan sambungan ke luar negeri tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir karena panggilan internasional bisa dilakukan dengan biaya yang bersahabat. Kenapa bisa demikian? Karena saat ini semua operator di Indonesia memberikan layanan nelpon murah ke luar negeri dengan Sambungan Langsung Internasional atau yang disingkat SLI. untuk bisa nelpon murah dengan memanfaatkan layanan SLI ini caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memasukan kode SLI sebelum menekan kode negara, kode area telepon dan nomor seluler tujuan. Berikut adalah kode SLI untuk tiap-tiap operator yang ada di Indonesia:

  • Tri : 01088
  • Telkomsel : 01017
  • Indosat : 01016
  • XL : 01000
  • Axis : 01012/ 01000/ 01017
  • Smartfren : 01033

Nah untuk penulisan format kode agar bisa melakukan panggilan internasional ke Malaysia, caranya adalah sebagai berikut. Contoh yang diberikan di bawah ini adalah sambungan dari Indonesia ke Malaysia dengan menggunakan provider XL. Perumpamaan nomor Malaysia yang dituju adalah 0721-3874-7501. Format yang harus Anda ketik adalah kode SLI+kode negara+nomor seluler tujuan. Berikut contohnya: 01000 60 072138747501.

Berikutnya akan diulas juga bagaimana cara melakukan panggilan internasional ke nomor kantor atau nomor rumah di Malaysia. Contoh yang diberikan di bawah ini adalah sambungan dari Indonesia ke Malaysia dengan menggunakan provider XL. Perumpamaan nomor rumah/kantor di Malaysia yang dituju adalah 3893654. Sedangkan area yang dituju adalah area Kuala Lumpur yang memiliki kode area telepon 03, namun pada penulisannya hanya angka 3 saja yang ditulis. Format yang harus Anda ketik adalah kode SLI+kode negara+kode area+nomor tujuan. Berikut contohnya : 01000 60 3 3893654. 

Pastikan Isi Pulsa Sebelum Melakukan Panggilan Internasional dengan Aplikasi Qelola

qelola app 2 - Perhatikan Kode Area Telepon Saat Lakukan Panggilan ke Malaysia

Satu lagi yang penting untuk dilakukan sebelum melakukan panggilan internasional yaitu memastikan pulsa mencukupi untuk melakukan panggilan. Di era digital seperti sekarang, isi pulsa semakin mudah bahkan hanya dari genggaman Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk top up saldo pulsa Anda langsung dari ponsel. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola melalui Playstore di HP. Selanjutnya daftarkan nomor ponsel Anda untuk membuat akun dan password pada aplikasi. Jika sudah, Anda bisa masuk ke aplikasi dan pilih fitur pulsa pada aplikasi. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk isi ulang pulsa Anda langsung dari ponsel.

Pada dasarnya aplikasi Qelola ini dibuat untuk membantu berbagai urusan kirim uang dan pembayaran TKI yang ada di Malaysia. Ada beberapa layanan yang ditawarkan oleh aplikasi Qelola yaitu transfer uang Malaysia Indonesia, pembelian pulsa, pembayaran tagihan seperti PDAM, listrik, TV Kabel, dan BPJS serta belanja voucher games. Keuntungan memakai aplikasi Qelola adalah tidak dikenakan biaya transfer hingga 15 April 2020. Selanjutnya, Anda hanya akan dikenakan 1 ringgit Malaysia pada setiap transaksi. Informasi ini sekaligus menutup artikel tentang kode negara dan kode area telepon untuk melakukan panggilan ke Malaysia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda ya! Jangan lupa unduh aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , , ,