Ingin Kerja di Malaysia? Ini Syarat Terbarunya!

Untitled design41 - Ingin Kerja di Malaysia? Ini Syarat Terbarunya!

Beberapa dari Anda yang memiliki waktu luang dan uang yang cukup mungkin berpikiran untuk berlibur ke Malaysia untuk menikmati berbagai objek yang ditawarkan. Namun jika Anda mencari cara lain ke Malaysia, dan justru mendapatkan uang dari kunjungan ke Malaysia ini, Anda bisa mencoba kerja di Malaysia. Meski memang Anda akan terikat suatu kontrak, namun Anda bisa menjelajah negara ini dalam tempo yang lebih lama ketika Anda memiliki waktu senggang.

Kerja di Malaysia, untuk orang Indonesia sendiri, masih banyak dijadikan pilihan ketika tidak kunjung ditemuinya pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan tingkat pendidikan. Pada jenjang pendidikan lulusan SMA, agaknya pekerjaan di Indonesia tidak menawarkan gaji yang kompetitif. Ini mengapa kemudian banyak tenaga kerja dengan tingkat pendidikan ini memilih ke Malaysia, karena gaji yang ditawarkan lebih menggiurkan.

Untuk bekerja di Malaysia, Anda harus terlebih dahulu melalui proses dan memenuhi beberapa syarat yang ditentukan. Syarat ini mulai dari syarat mengikuti prosedur yang berlaku, melengkapi berkas yang diperlukan, serta syarat lulus ujian atau tes yang disediakan. Ingin tahu apa saja syarat tersebut secara lebih rinci? Anda berada di tempat yang tepat!

Persiapkan Identitas Diri

Untitled design40 - Ingin Kerja di Malaysia? Ini Syarat Terbarunya!

Pertama dan utama, Anda harus mempersiapkan identitas diri secara lengkap. Untuk bisa mendaftar sebagai TKI dan mengikuti proses yang disediakan, Anda harus membawa beberapa berkas penting untuk memenuhi syarat. Kerja di Malaysia memberikan sedikit lebih banyak syarat, bahkan ketika Anda baru akan mendaftar di instansi milik pemerintah atau agen swasta.

Beberapa berkas pribadi yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk.
  • Akta Kelahiran.
  • Surat Izin Keluarga.
  • Surat Tanda Catatan Kepolisian.
  • Foto 4 x 6 sebanyak 10 lembar.
  • Ijazah terakhir.
  • Kartu Keluarga.
  • Paspor.
  • Visa Kerja.

Beberapa berkas ini wajib Anda bawa dan memiliki informasi yang valid sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Informasi yang tersedia dalam setiap berkas tersebut akan menjadi acuan utama data yang akan direkam oleh instansi pemerintah atau agen swasta yang Anda pilih.

Medical Check Up dan Tes Umum

Untitled design42 - Ingin Kerja di Malaysia? Ini Syarat Terbarunya!

Jika Anda telah memenuhi syarat berkas yang disebutkan di atas, syarat kerja di Malaysia selanjutnya adalah lulus dalam tes kesehatan atau medical check-up, serta tes umum yang diberikan. Medical check-up akan dilakukan untuk memastikan Anda sehat secara jasmani dan rohani dan dalam kondisi yang siap kerja. Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, sertakan catatan medisnya sebagai kelengkapan sehingga bisa digunakan untuk bahan pertimbangan.

Untuk tes umum, Anda rasanya tak perlu khawatir karena apa yang diujikan berkisar pada pengetahuan dan hal umum yang awam Anda temui sehari-hari. Ada juga tes kemampuan kerja, yang materi ujiannya akan bergantung pada pekerjaan apa yang Anda inginkan ketika kerja di Malaysia nantinya. Jadi pastikan Anda belajar mengenai pekerjaan yang Anda inginkan ya!

Syarat Kerja di Malaysia yang Tidak Boleh Ketinggalan

Untitled design43 - Ingin Kerja di Malaysia? Ini Syarat Terbarunya!

Selain dari dua poin besar syarat kerja di Malaysia di atas, ada beberapa syarat lagi yang juga tidak boleh ketinggalan dan sama pentingnya. Syarat ini merupakan syarat umum untuk TKI yang ingin bekerja di Malaysia, sehingga berlaku secara umum pula. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berusia cukup, 18–45 tahun.
  • Datang melalui jalur yang legal, baik pemerintah atau agen swasta yang memiliki izin tertulis dan resmi.
  • Menandatangani kontrak kerja dengan pemberi kerja.
  • Memiliki permit kerja, yang dikenakan biaya per tahun.
  • Memiliki Kad Pengenalan Pekerja Asing.
  • Bekerja sesuai dengan kontrak, baik pekerjaan maupun pemberi kerjanya.
  • Ikut program asuransi di Malaysia.

Kesempatan Kerja di Malaysia Tahun 2020

Untitled design44 - Ingin Kerja di Malaysia? Ini Syarat Terbarunya!

Pandangan umum mengenai lowongan pekerjaan di Malaysia biasanya berkisar pada Penata Laksana Rumah Tangga. Namun demikian ternyata lowongan dan kesempatan kerja di Malaysia ternyata tidak cuma itu saja. Banyak sektor lain yang juga membuka kesempatan kerja untuk TKI yang datang.

Lowongan lain yang juga tersedia antara lain bagian perhotelan, percetakan, konstruksi bangunan, jasa kebersihan, pabrik platinum, pertamanan, restoran, pabrik plywoods, dan lain sebagainya. Tentu setiap lowongan kerja ini memerlukan kemampuan khusus yang menjadi syarat utamanya.

Berikut tadi mengenai syarat kerja di Malaysia yang harus Anda persiapkan jika Anda ingin merantau ke negeri Jiran tersebut. Cukup jelas dan sederhana bukan berkas yang diperlukan? Yang turut harus disiapkan adalah mental Anda karena Anda akan berada jauh dari keluarga. Namun tenang, hal ini dapat teratasi dengan kecanggihan teknologi yang kini sudah dapat dinikmati secara luas.

Setelah mengetahui syarat kerja di Malaysia, Anda juga perlu tahu mengenai layanan remitansi yang handal sebagai partner Anda dalam mengirimkan uang. Qelola, merupakan layanan remitansi yang hadir untuk membantu Anda. Dengan biaya administrasi yang sangat ekonomis serta transfer uang secara real-time, keluarga bisa segera menerima uang yang Anda transfer saat itu juga. Selain itu, agen resmi Qelola juga akan dengan senang hati mendatangi Anda jika Anda tidak bisa datang ke merchant resmi. Segera unduh aplikasinya di sini, dan nikmati setiap fiturnya!

Tags: , , , , , , , ,