Hidup Hemat Meski di Luar Negeri? Mulai dengan 5 Tips Ini

tips hidup hemat

Tinggal di luar negeri memang membutuhkan biaya hidup yang tinggi. Apalagi jika harga rupiah lebih rendah daripada mata uang negara tersebut. Sehingga mengatur keuangan menjadi kemampuan wajib bagi Anda yang tinggal di luar negara Indonesia. Meskipun sebenarnya gaji Anda lebih besar jika dibandingkan Anda bekerja di Indonesia dengan profesi yang sama. Karena tentu Anda harus mengirim sebagian gaji Anda kepada keluarga di Indonesia, bukan? Mau tidak mau, Anda harus belajar mengatur keuangan dengan hidup hemat. Hidup hemat di negara lain menjadi tantangan tersendiri namun bukan hal yang tidak mungkin. Simak tips hidup hemat di luar negeri berikut ini.

1. Buatlah Anggaran Bulanan

Jika Anda memiliki pencatatan keuangan yang rapi dan tertib, akan lebih mudah bagi Anda untuk merencanakan pengeluaran. Ketika Anda membuat daftar pengeluaran, Anda akan mengetahui seberapa banyak Anda harus menghemat biaya hidup. Apabila penghitungan pengeluaran lebih banyak daripada gaji Anda, berarti harus ada biaya hidup yang ditekan. Lihat kembali daftar belanja, maka Anda akan tahu mana yang bisa ditekan dan mana yang tidak. Biasanya kebutuhan primer akan mengalahkan kebutuhan tersier seperti jalan-jalan atau belanja baju. Biasakan untuk memenuhi kebutuhan tersier setelah semua kebutuhan pokok tercukupi dan bukan sebaliknya.

2. Memasak Sendiri Jauh Lebih Hemat

tomato 2776824 960 720 - Hidup Hemat Meski di Luar Negeri? Mulai dengan 5 Tips Ini

Mungkin bagi sebagian dari Anda yang tinggal di luar negeri, membeli makanan dari luar adalah hal yang paling sering dilakukan. Hal ini memang paling praktis namun tidak efisien dan bahkan akan sangat memberatkan anggaran pengeluaran Anda. Sehingga pilihan untuk memasak sendiri harus dimulai dari sekarang. Selain bisa menekan biaya makan, Anda juga bisa lebih memastikan kebersihan dan kesehatan makanan tersebut. Terlebih lagi jika Anda memiliki dapur bersama atau alat masak sederhana di kost atau kamar sewa yang bisa dimanfaatkan.

3. Miliki Perlindungan Kesehatan

Menjadi peserta asuransi kesehatan memang wajib, namun meskipun hal ini tidak diwajibkan, Anda harus mendaftarkan diri. Perlindungan kesehatan ini memang terlihat akan menambah pengeluaran, namun akan sangat berguna ketika Anda mendadak mengalami sakit. Hidup hemat akan menjadi trik agar tetap bisa membayar iuran asuransi tiap bulan. Karena biaya rumah sakit dan pengobatan saat ini tidaklah murah, apalagi Anda sedang di luar negeri sehingga harus dipersiapkan dengan baik. Dengan menjadi peserta asuransi kesehatan seperti BPJS Ketenagakerjaan, kondisi keuangan Anda akan lebih stabil ketika hal yang tak diinginkan terjadi. Saat hal itu terjadi Anda akan benar-benar merasakan manfaat dari hidup hemat yang selama ini Anda biasakan.

4. Belajar Menabung dan Investasi Adalah Kunci

Kegiatan yang sangat berkaitan dengan hidup hemat adalah Anda bisa menabung lebih banyak uang. Letakkan kegiatan menabung ini sebagai prioritas kedua setelah kebutuhan pokok. Jangan sampai menunggu sisa dari keseluruhan pengeluaran bulan tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda akan menekan keinginan yang kurang penting. Kemudian jika setelah Anda bisa memenuhi urusan kebutuhan pokok dan menabung, ternyata masih ada sisa gaji, tidak ada salahnya untuk mencoba investasi. Tidak perlu investasi yang besar, Anda dapat mencobanya dengan ikut reksadana atau membelanjakan uang sisa tersebut dengan emas yang memiliki nilai jual tinggi. Karena uang investasi tidak bisa diambil semudah uang tabungan, hal ini akan memaksa uang tersebut tidak digunakan untuk hal yang tidak penting. Maka dari itu, hidup hemat akan memudahkan Anda melakukan poin ini.

5. Berkomitmen Pada Pilihan Hidup Hemat

character 1468032 960 720 - Hidup Hemat Meski di Luar Negeri? Mulai dengan 5 Tips Ini

Hal terpenting dari membiasakan hidup hemat adalah komitmen dan konsistensi untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Hidup di luar negeri bukanlah pekerjaan selamanya, dan akan datang waktunya bagi Anda untuk pulang ke tanah air. Jangan sampai Anda pulang tanpa membawa perubahan baik dalam diri Anda. Hidup hemat dan sederhana akan sangat bermanfaat di manapun Anda berada. Jika kebiasaan baik ini berlanjut di tanah air, bukankah hal itu jauh lebih baik? Anda akan lebih menghargai hasil kerja keras Anda dengan hal-hal yang memiliki manfaat jangka panjang daripada dihabiskan dalam kesenangan yang sebentar.

Tips-tips di atas mungkin akan sulit bagi Anda yang baru akan memulai hidup hemat di luar negeri. Meskipun terlihat sulit, Anda harus mencobanya lalu evaluasi setiap bulan. Ketika Anda melihat jumlah uang yang bisa Anda sisakan lebih banyak daripada bulan-bulan sebelumnya, Anda pasti akan termotivasi. Jangan tunggu sampai Anda mengalami krisis keuangan baru akan mulai hidup hemat. Namun latihlah dari sekarang.

Tips hemat lain yang tidak boleh diremehkan adalah menggunakan aplikasi keuangan dan pembayaran dalam mengelola gaji Anda. Hidup di luar negeri membuat transfer uang antar negara menjadi lebih sering. Padahal biaya transfer tersebut tidaklah murah meriah. Kini, Anda dapat mengirim uang ke Indonesia dengan biaya kirim sangat murah jika Anda menggunakan aplikasi Qelola. Bagi Anda yang hidup di Malaysia, jangan ragu untuk mengunduh dan install aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,