Waspada Penipuan! Ini Aplikasi BPJSTK yang Asli dan Aman

aplikasi bpjstk

Beberapa tahun terakhir, pelayanan BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTK palsu banyak beredar di tengah masyarakat. Banyak oknum mengatasnamakan BPJSTK dengan membuat iming-iming jasa pembuatan kartu anggota BPJSTK hingga klaim JHT hanya untuk melakukan pencurian hingga memanipulasi data korban. Bahkan, penipu juga meminta sejumlah uang yang jumlahnya cukup besar dengan alasan uang administrasi agar kebutuhan korban bisa diproses cepat. Hingga saat ini, aplikasi BPJSTK palsu yang beredar di masyarakat yaitu Ku BPJS, Saldo JHT On Line, dan Iman Ethika. Agar Anda tetap bisa mendapatkan pelayanan dari BPJS Ketenagakerjaan dan terhindar dari penipuan aplikasi BPJSTK, simak ulasan terkait aplikasi BPJS yang resmi berikut ini.

BPJSTKU, Aplikasi BPJSTK Asli

rsz 1rsz foto c - Waspada Penipuan! Ini Aplikasi BPJSTK yang Asli dan Aman

Sumber: www.sindomanado.com

Aplikasi BPJSTK resmi yang diluncurkan oleh pemerintah hanya BPJSTKU. Aplikasi tersebut berbasis Android yang bisa diperoleh di Playstore atau Appstore. Melalui aplikasi BPJSTKU, masyarakat atau anggota BPJS Ketenagakerjaan bisa menikmati bermacam fitur pelayanan yang lengkap dan aman. Tak hanya itu, pelayanan tersebut bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Bahkan saat Anda berada di luar negeri seperti Malaysia, Anda bisa mendapatkan pelayanan BPJS dengan mudah. Berbagai fitur pelayanan tersebut, di antaranya:

  1. Anggota BPJS bisa melakukan pendaftaran sebagai Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU), dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara langsung di aplikasi hanya dengan menggunakan data kependudukan atau KTP.
  2. Pengecekan saldo Jaminan Hari Tua (JHT) secara online dengan cepat dan akurat bisa diakses melalui aplikasi BPJSTKU.
  3. Adanya simulasi perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT) yang memudahkan anggota mengetahui besaran JHT tersebut.
  4. Anggota bisa mengakses informasi terkait program yang disediakan BPJSTK.
  5. Peserta BPJS bisa melihat informasi tentang kantor cabang BPJSTK terdekat.
  6. Aplikasi BPJSTKU memberikan laporan kecelakaan kerja secara real time.
  7. Peserta akan mendapatkan kartu peserta digital dalam aplikasi ini.

Pada dasarnya, banyak yang dapat diperoleh dalam aplikasi BPJSTKU. Anda juga bisa mendapatkan ragam informasi terkait program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun. Tak hanya itu, informasi terkait peraturan, ketentuan, dan penghargaan yang diraih BPJS Ketenagakerjaan bisa Anda akses dalam aplikasi tersebut.

Kontak Resmi BPJSTK

smart professional asian woman smiling face operator call center department telephone working with happy service mind telecommunication department 29393 422 - Waspada Penipuan! Ini Aplikasi BPJSTK yang Asli dan Aman

Jika ada beberapa hal yang kurang jelas terkait informasi yang tercantum pada aplikasi atau sosial media BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa menghubungi kontak resmi BPJSTK secara langsung. Anda bisa menghubungi Call Center ke nomor 175 atau melalui e-mail di alamat care@bpjsketenagakerjaan.go.id. Jika Anda berada di Indonesia, Anda bisa datang langsung ke kantor BPJSTK yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto No. 79, Jakarta Selatan, 12930. Khusus bagi TKI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri, Anda bisa bertanya seputar BPJSTK melalui Care Contact Center via WhatsApp ke nomor 0811-9115-910 atau 0855-1500-910. Layanan ini dibuka mulai dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB.

Sosial Media BPJSTK Resmi

woman using iphone 2034 236 - Waspada Penipuan! Ini Aplikasi BPJSTK yang Asli dan Aman

Tak hanya melalui aplikasi BPJSTKU, pemerintah menyediakan layanan sosial media resmi sebagai sarana masyarakat untuk mendapatkan informasi dan pelayanan lebih cepat. Agar informasi yang didapatkan aman dan akurat, Anda bisa mengakses sosial media resmi milik BPJSTK berikut ini.

  1. Facebook: Ketenagakerjaan
  2. Instagram: bpjs.ketenagakerjaan
  3. Twitter: @bpjstkinfo
  4. Youtube: BPJS Ketenagakerjaan dan BPJSTK News

Melalui layanan sosial media di atas, Anda bisa memperoleh informasi dan panduan lengkap terkait cara mendaftar, mengajukan klaim, serta manfaat dan keuntungan menjadi anggota BPJSTK. Jika Anda mendapatkan informasi dari sumber lain, Anda juga bisa mengajukan laporan terkait hal itu melalui layanan sosial media yang tersedia.

Lapor Bila Terjadi Penipuan BPJSTK

muslim woman working as customer care operator with team call center 8087 2053 - Waspada Penipuan! Ini Aplikasi BPJSTK yang Asli dan Aman

Walaupun pihak pemerintah dan lembaga BPJSTK telah menyediakan beragam layanan untuk menutup atau menghapus layanan palsu yang mengatasnamakan BPJS, masyarakat juga harus memiliki tingkat kesadaran untuk lapor bila terjadi penipuan BPJSTK, baik yang dialami secara langsung atau dialami kerabat dekat. Sebab, oknum-oknum penipuan BPJSTK akan selalu mencari jalan lain demi mendapatkan banyak keuntungan dari korban. Anda bisa melaporkan BPJSTK palsu ke kontak atau sosial media resmi miliki BPJSTK di atas.

Maraknya aplikasi palsu sejenis BPJSTKU perlu Anda waspadai. Oleh karena itu, selain memastikan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki asli melalui informasi di atas, Anda juga perlu memastikan pembayaran iuran BPJS dapat dilakukan dengan mudah melalui layanan keuangan yang aman dan terpercaya. Bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai solusinya. Melalui Qelola, Anda bisa membayar BPJS secara praktis, cepat, dan mudah.

Qelola merupakan aplikasi pembayaran online serta transfer uang domestik dan internasional yang aman untuk digunakan oleh TKI yang ada di Malaysia. Selain BPJS, Anda juga bisa membayar tagihan listrik, air, pulsa, hingga voucher game melalui aplikasi ini. Qelola juga memiliki pos pengeluaran sehingga kiriman uang dapat difungsikan maksimal sesuai keperluan Anda. Menarik bukan? Yuk, langsung saja klik di sini untuk download aplikasi Qelola sekarang juga dan nikmati kemudahannya.

Tags: , , , , , , , ,