Panduan Cara Membuat NPWP Online untuk TKI, Simak Baik-baik!

Cara membuat NPWP online

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh semua warga negara Indonesia. Tidak hanya untuk perusahaan saja, NPWP harus dikantongi oleh perorangan, koperasi, BUMN, Firma, PT, CV, yayasan, serta organisasi massa. Dengan kata lain NPWP adalah dokumen yang mewakili identitas wajib pajak. Fungsi utamanya adalah sebagai sarana administrasi perpajakan atau tanda pengenal wajib pajak dalam melaksanakan pembayaran pajak dan administrasi perpajakan. 

Secara luas, NPWP memiliki segudang manfaat lainnya yang bisa dirasakan. Misalnya saja untuk pengajuan kredit bank, NPWP dibutuhkan untuk menilai apakah Anda orang yang taat membayar pajak atau tidak. Selain itu, NPWP juga harus disertakan saat Anda ingin mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Manfaat lainnya seperti dokumen pendukung untuk melamar kerja, dan syarat membuat rekening bank.

kpp 700x525 - Panduan Cara Membuat NPWP Online untuk TKI, Simak Baik-baik!

Sumber: pajak.go.id

Namun, dalam proses pembuatan NPWP ada beberapa kendala yang mungkin Anda temui. Anda tidak ada waktu untuk mengurus administrasi pembuatan NPWP misalnya. Lokasi kantor pajak/KPP Pratama terlalu jauh untuk dijangkau juga menjadi pertimbangan. Belum lagi jika Anda harus menunggu antrian panjang dalam proses pembuatannya. Untuk mengatasi beberapa masalah di atas, kini Anda bisa membuatnya secara online. Lalu, bagaimana cara membuat NPWP online tersebut? Simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Cara Membuat NPWP Online untuk TKI

Kabar gembira datang dari sektor pajak, karena sekarang Anda bisa membuat kartu NPWP tanpa harus datang langsung ke kantor KPP Pratama. Tentu saja hal ini tidak boleh Anda sia-siakan karena peluang memiliki NPWP menjadi lebih mudah. Bagi Anda calon TKI yang akan bekerja di luar negeri, berikut cara membuat NPWP online yang bisa Anda pelajari.

  • Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Syarat utama cara membuat NPWP secara online adalah dengan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu fotokopi Kartu Tanda Penduduk atau Surat Izin Mengemudi. Namun bagi warga negara asing tak cukup hanya KTP/ SIM saja. Mereka juga harus menyertakan dokumen lainnya seperti fotokopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) yang masih berlaku. 

  • Masuk ke Website Registrasi Pajak

Cara membuat NPWP online selanjutnya Anda bisa menuju ke halaman website registrasi pajak melalui alamat berikut https://ereg.pajak.go.id/login untuk mendaftar terlebih dahulu. Saat Anda masuk ke link alamat yang sudah disebutkan tadi Anda akan diminta untuk login. Namun sebelum itu, daftarkan dulu diri Anda dengan klik “Daftar” di bagian bawah. Kemudian masukan alamat e-mail yang aktif dan ketikan captcha. Lakukan verifikasi status keaktifan e-mail dengan mengikuti petunjuk yang dikirimkan ke alamat e-mail pribadi yang Anda isikan tadi. Apabila verifikasi sudah selesai dan aktif Anda bisa kembali ke alamat ini https://ereg.pajak.go.id/login

  • Melakukan Login ke Website Pendaftaran

Cara berikutnya Anda bisa login dengan mengetikkan alamat e-mail yang sudah didaftarkan tadi beserta kode password dan captcha lalu klik tombol “Login”. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi form pendaftaran secara online. Isilah data-data yang diminta dengan benar dan apa adanya. Jika sudah selesai jangan lupa untuk meneliti lagi agar tidak terjadi kesalahan input data. Kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol “Daftar”. 

  • Mengirim Surat Keterangan Terdaftar Sementara

Prosesnya tidak berhenti sampai di sini saja, setelah melakukan pendaftaran Anda harus mencetak formulir registrasi wajib pajak dan surat keterangan terdaftar sementara dan mengirimnya ke halaman https://ereg.pajak.go.id/login lagi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan scan kedua dokumen tadi dan kirim dalam bentuk softcopy file dengan format pdf. Pengiriman dua dokumen tersebut juga bisa melalui pos dengan alamat Kantor Pelayanan Pajak tempat Anda terdaftar. Ingat, segera kirim dokumen tersebut selambat-lambatnya 14 hari setelah berhasil terdaftar.

  • Lakukan Cek Status NPWP Anda

Cara membuat NPWP online diakhiri dengan melakukan pengecekan status NPWP Anda di halaman history pendaftaran e-Registration. Jika statusnya ditolak maka data yang Anda berikan kurang lengkap dan harus diperbaiki lagi. Namun jika statusnya disetujui maka kartu NPWP akan dikirimkan ke alamat Anda melalui pos.

 

Ternyata cara membuat NPWP online ini cukup mudah untuk dilakukan ya. Info tambahan lainnya NPWP ini memiliki masa aktif seumur hidup. Jadi Anda tidak perlu untuk perpanjangan NPWP. Bagi Anda calon TKI tak perlu repot-repot untuk datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak, karena cara online ini lebih praktis dan cepat dilakukan. Jika Anda adalah calon TKI yang akan bekerja di Malaysia, pastikan juga untuk mengurus visa dan menggunakan aplikasi pembayaran terpercaya saat ingin mengirim uang ke Indonesia.

EP 5 6 2 - Panduan Cara Membuat NPWP Online untuk TKI, Simak Baik-baik!

 

Kini TKI di Malaysia bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk kirim-kirim uang ke Indonesia. Jadi Qelola adalah sebuah platform atau aplikasi pembayaran yang didesain khusus untuk para TKI di Malaysia dalam transfer uang ke Indonesia. Selain untuk transfer uang, aplikasi Qelola juga menawarkan fitur lainnya. Fitur tersebut seperti pembayaran listrik, air, BPJS, dan TV Kabel di tanah air.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian pulsa dan internet atau mengirimkan pulsa ke sanak saudara di tanah air. Untuk penggemar game online bahkan bisa melakukan pembelian voucher game. Melakukan transfer uang dan pembayaran tagihan lewat aplikasi Qelola tidak dipungut biaya sampai tanggal 15 April 2020. Selanjutnya Anda hanya akan dikenakan biaya transfer 1 ringgit saja untuk tiap transaksi.

Bagaimana cara menikmati layanan tersebut? Cukup mudah, Anda hanya perlu mendownload aplikasi Qelola melalui Playstore di ponsel. Setelah terpasang di ponsel, lakukan registrasi nomor dan login ke akun Qelola. Jika sudah berhasil Anda bisa melakukan top up saldo untuk selanjutnya bisa melakukan berbagai transaksi langsung dari HP. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola dan rasakan kemudahan kirim-kirim uang dari mana saja dan kapan saja.

Tags: , , , ,