Simak 6 Tips Cepat Mengurus Visa Kerja Keluar Negeri

cara membuat visa kerja

Semakin bertambahnya tahun, banyak masyarakat Indonesia yang berkeinginan menjadi tenaga profesional di luar negeri. Setiap Tenaga Kerja Asing (TKA) di sebuah negara sewajarnya membutuhkan kelengkapan dokumen untuk dapat bekerja di negara tujuan dengan tenang. Hal terpenting yang harus dipenuhi setiap pekerja asing adalah visa kerja sebagai bukti izin bekerja di negara tujuan. Berikut ini tips mengurus visa kerja yang dapat Anda terapkan.

Tips Mengurus Visa Kerja secara Cepat 

pexels photo 265667 - Simak 6 Tips Cepat Mengurus Visa Kerja Keluar Negeri

Visa merupakan bukti izin yang dikeluarkan oleh sebuah negara untuk masuk ke suatu negara dalam periode dan tujuan tertentu. Bukti izin ini biasanya dapat diperoleh dari kedutaan besar negara bersangkutan atau melalui lembaga resmi yang ditunjuk. Ikuti langkah-langkah berikut saat akan mengurus visa bekerja di luar negeri. Perhatikan dengan baik kelengkapan dokumen yang diperlukan. Mengingat pentingnya visa, Anda akan dianggap sebagai pekerja ilegal apabila tidak mengantongi visa dari negara tujuan Anda bekerja.

  • Mendapatkan Pekerjaan Terlebih Dahulu

Visa untuk bekerja akan lebih mudah didapatkan jika Anda telah mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu. Pekerjaan baik karena Anda dikirim oleh kantor cabang di Indonesia atau memang melamar langsung ke perusahaan asing di luar negeri. Khusus bagi Anda yang ingin mendapatkan work permit sebelum memiliki pekerjaan, rangkaian prosedur yang dilalui lebih panjang. Salah satunya adalah Anda harus menyiapkan dokumen pemeriksaan atau medical check up dari rumah sakit. Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Saat ini banyak situs resmi perusahaan komersial atau lembaga sosial yang menyediakan lowongan pekerjaan ke luar negeri. Anda yang memiliki kemampuan spesifik akan berpeluang lebih besar untuk dibutuhkan di luar negeri.

  • Kunci Utama, Kantongi Surat Keterangan Kerja

Hal yang paling utama Anda miliki saat mengurus visa kerja adalah surat keterangan kerja. Surat keterangan kerja menunjukkan bahwa Anda memang bekerja di suatu perusahaan atau institusi di negara bersangkutan. Surat keterangan kerja ini memastikan perusahaan bertanggung jawab penuh atas diri para pekerjanya. Perusahaan tentu akan mengeluarkan surat keterangan kerja secara lengkap apabila Anda melakukan pengajuan terlebih dahulu. Oleh karena itu, kunci utama kelancaran dalam mengurus visa bekerja adalah dengan mengantongi surat keterangan kerja dari perusahaan.

  • Perhatikan Persyaratan antar Negara

Cari tahu informasi sebanyak-banyak mengenai negara yang akan Anda tuju. Setiap negara memiliki persyaratan yang berbeda dalam pembuatan visa kerjanya. Anda bisa mencari tahu lebih detail ketentuannya pada situs resmi Kedubes negara tujuan atau lembaga yang khusus mengurus imigrasi. Hal terpenting sebenarnya adalah Anda telah mendapat surat persetujuan dari negara yang dituju sebelum kembali ke Kedubes untuk mendapatkan visa.

  • Urus Pembuatan Visa Kerja Jauh-Jauh Hari

Sebelum Anda berangkat ke negara tujuan, segera rencanakan pembuatan visa kerja jauh-jauh hari. Proses pembuatan visa dari persiapan dokumen persyaratan yang lengkap hingga terbit, pada umumnya memakan waktu yang cukup lama. Bahkan proses pembuatan visa dapat lebih lama lagi untuk beberapa kasus tertentu. So, rencanakan waktu mengurus visa dengan terukur untuk kelancaran administrasi selanjutnya.

  • Siapkan Dokumen Persyaratan yang Diperlukan

Jangan sepelekan dokumen-dokumen persyaratan yang diperlukan dalam pembuatan visa. Pastikan dokumen-dokumen tersebut telah lengkap dan tidak ada yang kurang atau tercecer. Satu saja dokumen tidak terpenuhi, Anda dapat ditolak atau ditunda dalam mendapatkan visa ke negara tujuan. Oleh karena itu, dengan dokumen yang lengkap, maka proses pembuatan visa tidak akan memakan waktu lebih lama lagi.

  • Konsultasi Langsung ke Kantor Kedubes Negara Tujuan

614487574 e1584023550899 - Simak 6 Tips Cepat Mengurus Visa Kerja Keluar Negeri

Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai pengurusan visa untuk bekerja di luar negeri. Anda dapat langsung mencari tahu kantor kedutaan besar (Kedubes) atau konsulat negara tujuan. Anda dapat mencari informasi pada situs resmi Kedubes atau langsung datang ke kantor Kedubes pada jam kerja. Jangan sungkan untuk bertanya apabila Anda tidak mengetahui dan mengalami kesulitan saat mengurus visa untuk bekerja di luar negeri. 

Pastikan Anda memahami dan melaksanakan cara pembuatan visa untuk bekerja di luar negeri dengan benar dan lengkap. Membuat visa sangat mudah dan tidak sesulit yang Anda bayangkan. Ikuti tips cepat mengurus visa sebelum Anda melakukan pengajuan visa. Jika Anda memilih Malaysia sebagai negara tujuan bekerja, aplikasi Qelola dapat membantu Anda merencanakan dan mengelola keuangan selama di luar negeri. Pengiriman uang dan pembayaran tagihan keluarga Anda di tanah air sangat mudah dilakukan hanya melalui smartphone Anda. Menyenangkan bukan?  Unduh dan install aplikasi Qelola melalui App Store pada smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , ,