Ini 4 Layanan Pengaduan PLN Online yang Bisa Anda Gunakan

pengaduan pln

Ketika Anda mengalami masalah mengenai listrik di rumah, sekarang ini tidak perlu repot dan bingung lagi apabila ingin melakukan pengaduan. Anda tidak perlu lagi datang ke kantor PLN dan melakukan pengaduan dengan antri yang lama. Anda juga tidak harus menunggu hari dan jam buka kantor PLN, karena sekarang ini sudah tersedia cara yang lebih mudah yaitu layanan pengaduan PLN secara online. Berkat pesatnya perkembangan teknologi, Anda sudah bisa mengajukan pengaduan terkait gangguan listrik yang dialami dengan lebih mudah via layanan online yang disediakan PLN yaitu PLN 123.

Anda bisa melakukan pengaduan masalah pada listrik kapan pun dan di mana pun dengan mudah melalui layanan PLN 123 yang tersedia secara online dengan cara seperti berikut ini:

Website PLN

contact form - Ini 4 Layanan Pengaduan PLN Online yang Bisa Anda Gunakan

Sumber: 123formbuilder.com

Pengaduan PLN secara online yang pertama dapat dilakukan melalui website resmi milik PLN. Anda hanya perlu membuka website PLN di pln.co.id dan kemudian memilih menu kontak kami untuk melakukan pengaduan secara online.

Cara pengaduan secara online lewat website juga dapat dilakukan secara mudah dengan mengisi formulir yang telah disediakan dengan benar dan lengkap. Formulir tersebut akan diproses dan ditindaklanjuti sesuai dengan masalah yang dialami oleh pelanggan PLN. Pilihlah virtual assistant PLN 123 pada kontak dan lakukan pengisian data dengan lengkap seperti berikut ini:

  • Nama pelanggan PLN dengan tepat.
  • Nomer HP yang masih aktif digunakan.
  • Alamat email yang bisa dihubungi.
  • ID pelanggan.
  • Keluhan yang ingin disampaikan kepada PLN.
  • Jawaban untuk pertanyaan capcha untuk ke langkah selanjutnya.
  • Pilih start chat untuk mendapatkan jawaban yang dibutuhkan.

Aplikasi PLN Mobile

PLN Mobile - Ini 4 Layanan Pengaduan PLN Online yang Bisa Anda Gunakan

Sumber: ambang.co

Selain melalui website, PLN juga menawarkan aplikasi yang bisa diinstal dan digunakan dengan mudah lewat smartphone untuk melakukan pengaduan masalah yang dialami. PLN meluncurkan aplikasi bernama PLN Mobile yang bisa diunduh lewat App Store maupun Play Store. Setelah melakukan pendaftaran, Anda bisa melakukan pengaduan dengan mudah menggunakan aplikasi PLN 123.

Selain pengaduan secara online, aplikasi PLN 123 juga menawarkan fitur lainnya yang bisa digunakan untuk memberikan kemudahan pelanggannya dalam melakukan pengisian listrik prabayar, membayar tagihan listrik, pengubahan daya listrik, dan informasi lainnya mengenai berita terbaru dari PLN.

Media sosial

changing position of social media - Ini 4 Layanan Pengaduan PLN Online yang Bisa Anda Gunakan

Sumber: impactbnd.com

Langkah pengaduan secara online yang ketiga bisa dengan menghubungi media sosial PLN 123. PLN juga menyadari pentingnya media sosial dalam menjangkau pelanggannya. Tidak hanya untuk keperluan pemberitahuan informasi yang lebih cepat dan mudah, media sosial PLN juga bisa digunakan oleh pelanggan untuk mengadukan keluhan yang dialami.

Media sosial yang dimiliki juga cukup lengkap, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan media sosial yang sering Anda gunakan. Akun media sosial yang bisa dihubungi sebagai contact center PLN 123 ketika akan mengajukan keluhan adalah:

  • Twitter di @pln_123
  • Facebook di PLN 123.
  • Instagram di @pln123_official
  • Whatsapp di 123.

E-mail

gmail logo bf57500aa887d662025c00d64f2f529b 600x400 - Ini 4 Layanan Pengaduan PLN Online yang Bisa Anda Gunakan

Sumber: idntimes.com

Cara terakhir untuk melakukan pengaduan secara online adalah melalui e-mail. Setiap perusahaan tentu akan mempunyai e-mail yang dapat dihubungi oleh konsumen untuk mengajukan pertanyaan, keluhan, kritik, dan saran. Begitupun dengan PLN yang mempunyai e-mail untuk dihubungi, termasuk ketika akan mengajukan keluhan atau pengaduan mengenai masalah listrik yang dialami.

Alamat e-mail yang bisa dihubungi adalah di pln123@pln.co.id. Anda bisa mengajukan pengaduan dengan mudah dengan menuliskan keluhan yang dialami dan bisa menunggu jawaban yang akan dikirimkan PLN untuk permasalahan tersebut ke alamat e-mail Anda.

Keuntungan menggunakan sistem online sebagai langkah pengaduan PLN ke contact center PLN 123 sendiri tidak hanya karena lebih mudah, tapi juga bisa mencegah adanya tindakan ilegal seperti calo dan pihak-pihak yang berusaha untuk mengambil keuntungan. Dengan kontak langsung ke contact center PLN 123 akan dapat terhindar dari pungutan liar yang dapat menyebabkan kerugian pada konsumen dan juga pihak PLN.

PLN 123 juga dapat melayani berbagai layanan transaksi PLN, seperti misalnya beberapa layanan berikut:

  • Penyambungan listrik baru secara online.
  • Perubahan daya secara online.
  • Penyambungan listrik untuk sementara secara online.
  • Pengecekan tarif dan masalah listrik pascabayar secara online.
  • Mendapatkan informasi lainnya seperti status permohonan pelanggan, entri kode konfirmasi, dan info bank.

Demikian pembahasan mengenai 4 layanan pengaduan PLN online yang bisa Anda gunakan. Pastikan Anda membayar tagihan listrik tepat waktu agar terhindar dari pemutusan aliran listrik ke rumah Anda.

Salah satu metode pembayaran listrik yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Qelola. Dengan aplikasi ini, proses pembayaran listrik Anda akan menjadi lebih cepat dan aman.

Qelola juga dapat berfungsi selayaknya e-wallet, sehingga selain membayar listrik, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk membayar tagihan lainnya seperti air, telepon, tv, ataupun internet.

Ingin lebih tahu lebih banyak tentang Qelola? Download aplikasinya sekarang atau pelajari selengkapnya di sini.

Tags: , ,