Berencana Bekerja dan Tinggal di Malaysia? Baca Dulu Artikel Ini!

Tinggal Di Malaysia

Indonesia sebagai sebuah negara dapat dikatakan merupakan negara yang lengkap. Mulai dari hamparan alam yang indah, pekerjaan yang sangat beragam serta kondisi kelayakan hidup yang cukup baik. Namun ada kalanya urusan pekerjaan untuk menaikkan derajat kehidupan keluarga menuntut Anda untuk tinggal di Malaysia. Tidak perlu cemas, Anda bisa menyambutnya dengan persiapan yang matang dan terencana.

Sama seperti rencana yang harus disusun setiap memasuki fase hidup baru, tinggal di Malaysia untuk urusan pekerjaan bukan hal yang bisa disepelekan. Meski persiapan yang dilakukan harus matang, namun yang perlu diingat adalah untuk menjaga kondisi mental tetap sehat. Sederhana, agar proses perpindahan dan pekerjaan yang nantinya Anda lakukan dapat berjalan dengan lancar.

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, seperti akan dijelaskan di bawah ini. Tentu saja, tips ini kemudian sangat fleksibel, menyesuaikan pekerjaan, waktu keberangkatan, dan sebagainya. Simak dan pahami selengkapnya ya!

Visa, Berkas Penting yang Tidak Boleh Dilupakan

Visa merupakan salah satu hal terpenting yang Anda perlukan. Ketika Anda akan bekerja dan tinggal di Malaysia, Anda harus memiliki visa kerja agar menjadi seorang tenaga kerja yang legal. Malaysia merupakan salah satu negara yang cukup ketat dalam mengurus legalitas dokumen dan status tenaga kerja asing, maka daripada nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda wajib memiliki visa kerja yang sesuai dengan aturan.

Jika memungkinkan, sangat direkomendasikan untuk memiliki pekerjaan sebelum Anda berangkat dan tinggal di Malaysia. Hal ini untuk memudahkan pengurusan visa yang nantinya diperlukan. Memang Anda bisa menggunakan visa wisatawan untuk mendatangi negara ini jika belum memiliki pekerjaan. Namun setelah memiliki pekerjaan Anda harus menggantinya ke visa kerja. Cukup merepotkan bukan?

Pastikan Moda Transportasi yang Tepat

Untitled design 28 - Berencana Bekerja dan Tinggal di Malaysia? Baca Dulu Artikel Ini!

Untuk mendatangi negara tetangga yang satu ini, ada beberapa pilihan moda transportasi yang dapat digunakan. Anda dapat menggunakan kapal atau pesawat terbang. Tentu saja, ini akan berpengaruh pada kenyamanan dan biaya yang harus Anda keluarkan. Ini mengapa penting untuk memastikan terlebih dahulu moda transportasi apa yang akan Anda gunakan.

Pahami benar di mana lokasi Anda bekerja ketika di Malaysia. Misalnya Anda akan bekerja di sekitar Kuala Lumpur, maka carilah transportasi yang mendarat di kota tersebut. Atau misal jika Anda akan bekerja di wilayah Penang, Anda bisa memilih moda transportasi yang mendarat di Penang. 

Layanan Kesehatan? Hal Penting Lain untuk Tinggal di Malaysia

Untitled design 29 - Berencana Bekerja dan Tinggal di Malaysia? Baca Dulu Artikel Ini!

Jika di Indonesia layanan kesehatan dapat ditangani dengan keikutsertaan pada program BPJS Kesehatan, maka di Malaysia Anda juga harus memastikan hal ini. Setidaknya, pastikan apakah kontrak kerja yang Anda setujui memiliki layanan fasilitas kesehatan bilamana Anda kelak mengalami gangguan kesehatan.

Jika memang layanan fasilitas kesehatan tidak masuk ke dalam poin kontrak kerja, pertimbangkan kembali perkiraan biaya yang mungkin diperlukan. Perencanaan yang matang akan membuat waktu Anda ketika bekerja dan tinggal di Malaysia semakin baik dan lancar. Tidak ada yang mau waktu bekerjanya terganggu dengan hal mendasar semacam ini bukan?

Sembako, Bersosialisasi, Berkomunitas, Biaya Segalanya

Untitled design 30 - Berencana Bekerja dan Tinggal di Malaysia? Baca Dulu Artikel Ini!

Poin selanjutnya yang harus Anda perhitungkan adalah besaran biaya hidup yang diperlukan ketika Anda bekerja di Malaysia. Memang Anda memiliki sejumlah penghasilan yang dapat digunakan untuk hidup. Namun jangan lupa juga bahwa Anda memiliki keluarga di tanah air yang juga memerlukan biaya untuk kehidupan sehari-hari.

Ada baiknya membuat daftar biaya hidup sehari-hari. Catat setiap pengeluaran, pendapatan, dan siapkan biaya untuk keperluan mendadak. Pengelolaan dana yang dimiliki menjadi sangat penting agar baik Anda maupun keluarga di Indonesia tetap dapat merasakan hasil dari jerih payah pekerjaan yang Anda lakukan.

Budaya dan Bahasa Serumpun

Untuk bagian terakhir ini, menjadi keuntungan untuk Anda sebagai warga negara Indonesia. Kemiripan budaya dan bahasa yang digunakan di Malaysia membuat Anda akan lebih cepat beradaptasi. Akan ada beberapa hal yang sedikit berbeda, namun jika Anda sudah memiliki kemauan, tentu hal ini tidak akan menjadi masalah. Beradaptasi sudah menjadi skill dasar Anda ketika berangkat merantau, kan?

 

Bekerja dan tinggal di Malaysia jangan dianggap sebagai suatu beban, namun lebih kepada tantangan dan kesempatan baru yang dapat membuat Anda menaikkan derajat kehidupan. Jadi tidak perlu cemas, dengan berbekal 5 poin di atas, seharusnya Anda sudah siap untuk pindah ke negeri Jiran tersebut.

Nah setelah mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan ketika akan tinggal di Malaysia, Anda juga harus memastikan setiap pengiriman uang yang Anda lakukan untuk keluarga dapat berjalan lancar dan digunakan sesuai keperluan. Untuk yang satu ini, Anda dapat mempercayakannya pada Qelola, layanan remitansi handal yang menawarkan fitur-fitur terbaik. Anda bisa mengirimkan uang secara langsung kepada keluarga yang ada di tanah air secara real-time. Selain itu, untuk memudahkan keluarga di rumah, Anda juga bisa secara langsung membayarkan tagihan rekening listrik dan PDAM serta BPJS ke instansi terkait. Simple dan efektif bukan? Segera unduh aplikasinya di sini, dan jadilah TKI yang sukses!

 

Tags: , , , , , , ,