Biaya Hidup di Kuala Lumpur Sebulan? Ini Perkiraannya

1 ringgit berapa rupiah

Malaysia termasuk negara yang cukup maju di kawasan Asia Tenggara. Kebudayaan dan keadaan geografis yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia dinilai menguntungkan. Hal ini membuat sebagian besar masyarakat Indonesia memilih Malaysia sebagai salah satu alternatif tujuan untuk bewisata, bekerja atau melanjutkan studi. Tak jarang sebagian besar WNI memutuskan untuk tinggal dan menetap di Kuala Lumpur sebagai ibukota negara. Selain itu, Kuala Lumpur dinilai memberikan kemudahan lebih untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mencari pekerjaan layak yang diinginkan. Lalu seperti apakah biaya hidup di Kuala Lumpur? Simak penjelasan berikut ini.

Besaran Biaya Hidup di Kuala Lumpur

t 5d5e48b06f5e4 - Biaya Hidup di Kuala Lumpur Sebulan? Ini Perkiraannya

Sumber: indozone.id

Kuala Lumpur merupakan salah satu kota dengan biaya hidup paling terjangkau di dunia. Secara umum, standar gaji di Kuala Lumpur dan Malaysia lebih tinggi dari gaji di Indonesia. Namun harus diingat bahwa rata-rata biaya hidup di Malaysia lebih tinggi dari Indonesia. Sebenarnya besaran biaya hidup bersifat relatif karena tergantung pada tempat dan banyak hal lain. Contohnya, biaya hidup paling dipengaruhi oleh gaya hidup (life style) seperti apa yang diinginkan. Di sisi lain, biaya hidup yang harus ditanggung bergantung apakah Anda tinggal sendiri atau keluarga ikut tinggal bersama di Malaysia. 

Komponen Biaya Hidup di Kuala Lumpur

box with shopping cart logo malaysia flag 39768 853 - Biaya Hidup di Kuala Lumpur Sebulan? Ini Perkiraannya

Sumber: sevenpeakseducation.com

Rincian biaya hidup di Kuala Lumpur berikut hanyalah perkiraan saja sehingga kemungkinan sedikit berbeda dengan biaya riil. Bagi traveller dapat menggunakan biaya bulanan sebagai patokan biaya harian yang harus dikeluarkan. Rincian kebutuhan hidup beserta biaya di bawah ini merupakan contoh kalkulasi biaya hidup secara individu dalam sebulan.

  • Sewa Tempat Tinggal

Biaya sewa akomodasi di Malaysia berkisar antara RM300 hingga RM450 menyesuaikan pada jenis tempat tinggal yang Anda pilih. Tempat tinggal biasanya berupa flat, kondominium mess, apartemen, rumah atau asrama. Salah satu pertimbangan sebelum Anda menyewa adalah, semakin dekat dengan pusat kota, tentunya harga sewa tempat tinggal yang ditawarkan semakin tinggi. Sebagian orang akan memilih tempat tinggal dengan aksesibilitas transportasi untuk mendukung mobilisasi sehari-hari.

Pada umumnya, mahasiswa lebih memilih tinggal di kondominium dengan biaya relatif terjangkau dengan kenyamanan cukup yang disediakan. Biaya sewa kondominium mulai dari tipe standar hingga mewah berkisar antara RM400 hingga RM600 atau lebih. Apabila Anda memilih hidup di apartemen, siapkan biaya lebih untuk menyewanya. Tentu, Anda akan mendapat kenyamanan relatif lebih dibandingkan tempat tinggal lain. Kisaran biaya sewa apartemen dengan Tipe Studio (1 unit kamar) sekitar RM1.200 – RM1.600. Sementara itu, biaya sewa apartemen dengan Tipe Sharing (2-3 bilik) berkisar antara RM900 – RM1.200.

Perlu Anda ketahui bahwa biaya sewa biasanya tidak termasuk biaya listrik, air, internet, telepon rumah, dan gas. Namun kebanyakan akomodasi juga menyediakan perlengkapan umum seperti televisi, telepon, lemari pendingin, peralatan dapur, dan lain-lain. Uniknya, pembayaran dilakukan dengan sistem deposit. Artinya Anda diharuskan membayar biaya sewa di muka untuk beberapa bulan berdasarkan hasil kesepakatan dengan pemilik. Jika Anda memutuskan pindah dari tempat tinggal tersebut, maka pemilik akan mengembalikan sisa biaya sewa yang tidak terpakai.

  • Makan         

Harga makanan di Malaysia masih sangat terjangkau oleh kantong. Variasi makanan yang disediakan sangat beragam. Biaya konsumsi kira-kira sebesar RM360 – RM400 per bulan. Kembali lagi ini tergantung pada selera dan menu makanan yang Anda pilih untuk dikonsumsi. Jika Anda membeli makanan di restoran atau kedai makanan, tentunya akan merogoh kocek yang tidak sedikit. Pilihan paling murah tentunya jika Anda memilih berbelanja bahan dan memasak sendiri. Dengan memasak sendiri, keuntungannya adalah pola makan sehari-hari dapat diatur dengan baik dan sehat. Perhatikan asupan gizi yang akan diperoleh agar kesehatan selalu terjaga untuk beraktifitas sehari-hari.

  • Air dan Listrik 

Biaya air dan listrik bisa saja sudah termasuk ke dalam biaya akomodasi yang Anda keluarkan. Besarnya biaya listrik tergantung pada peralatan elektronik yang Anda miliki. Biaya air juga bergantung pada penggunaan air sehari-hari untuk memasak, minum, mandi, dan mencuci. Perkiraan biaya air dan listrik di Kuala Lumpur berkisar antara RM75 – RM150 per bulan.

  • Internet  

Penggunaan internet dapat digolongkan cukup murah, dimana banyaknya paket internet dengan murah dan kompetitif yang ditawarkan. Kira-kira dalam sebulan Anda dapat mengeluarkan uang sebesar RM50 – RM150 atau sesuai dengan penggunaan. Jika Anda ingin melakukan panggilan ke luar negeri, Anda bisa membeli kartu IDD dengan harga terjangkau.

  • Transportasi

Transportasi publik di Malaysia cukup praktis. Anda dapat menggunakan mode transportasi mulai dari bus, MRT, kereta atau taksi. Biaya transportasi berkisar antara RM50 – RM75 per bulan. Apabila Anda menggunakan transportasi pribadi, pastikan selalu hitung biaya bahan bakar dan biaya perawatan yang dibutuhkan.

  • Biaya Lain-Lain

ringgit ke rupiah 1 300x200 - Biaya Hidup di Kuala Lumpur Sebulan? Ini Perkiraannya

Sumber: www.fakta.news

Biaya hidup di Kuala Lumpur jika dihitung seluruhnya masih relatif terjangkau. Tentu saja biaya yang Anda butuhkan setiap bulan tergantung gaya hidup Anda. Pastikan Anda dapat bijak mengelola keuangan dengan baik. Terlebih lagi jika Anda seorang pekerja di Malaysia, tentunya Anda akan membagi penghasilan Anda untuk mencukupi kebutuhan keluarga di Indonesia, bukan? Segera unduh aplikasi Qelola untuk menikmati kemudahan mengirim uang dan membayarkan biaya pendidikan, tagihan listrik dan air, dan sebagainya! Anda hanya perlu menggunakan smartphone untuk proses transaksi ini. Mudah bukan? Dapatkan informasi lengkap tentang kehidupan di Malaysia pada website Qelola. Tunggu apalagi?

Tags: , ,