Tinggal di Rumah Malaysia, Ini 5 Poin Pentingnya!

Rumah Malaysia

Rumah Malaysia atau rumah Indonesia? Sebelum memilih, ini bukanlah opsi untuk rumah khas daerah, namun lebih kepada pilihan lokasi bermukim untuk beberapa waktu ke depan. Untuk Anda yang akan berangkat bekerja ke Malaysia dalam waktu dekat, tentu informasi mengenai rumah atau tempat tinggal sangat diperlukan. Tapi sebenarnya informasi apa saja yang harus dipahami dan dijadikan pertimbangan?

Memilih rumah Malaysia untuk jangka waktu menengah, katakanlah 2 atau 3 tahun, perlu dipertimbangkan dengan baik. Beberapa hal mendasar seperti alokasi dana, lokasi rumah atau hunian, konsep hunian secara umum, serta fasilitas umum yang tersedia di sekitar area hunian atau rumah menjadi penting. Untuk memberikan sedikit gambaran, berikut akan dijelaskan dalam beberapa poin singkat.

Berapa Harga Sewa Rumah atau Hunian?

Untitled design 34 - Tinggal di Rumah Malaysia, Ini 5 Poin Pentingnya!

Tidak dapat dipungkiri faktor paling fundamental yang harus menjadi bahan pertimbangan adalah berapa alokasi dana yang akan Anda keluarkan untuk menyewa rumah Malaysia atau hunian dengan bentuk lain. Dengan mengetahui sejak awal dana yang akan digunakan, pilihan dapat dikerucutkan dengan lebih cepat sehingga Anda dapat memilih dengan lebih fokus.

Tentu saja harga ini juga akan mempengaruhi fasilitas, lokasi serta kelengkapan rumah atau hunian yang akan Anda tempati. Logisnya, dengan harga semakin mahal maka kualitas yang ditawarkan akan semakin baik, begitu pula sebaliknya. Jadi ada baiknya Anda memikirkan dahulu berapa dana yang akan Anda alokasikan sehingga bisa memilih dengan bijak.

Dekat Kantor? Dekat Pasar? Lokasinya di Mana?

Pemilihan lokasi, menjadi poin penting selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan. Apakah Anda ingin rumah yang dekat dengan kantor? Atau rumah yang sedikit berjarak dengan kantor sehingga Anda bisa menikmati jalanan di Malaysia setiap berangkat dan pulang kerja? 

Biasanya hunian atau rumah Malaysia yang berlokasi di dekat kawasan perkantoran tidak memiliki area yang terlalu luas dan harganya sedikit lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena lokasi kantor mudah dijangkau, dan area tersebut adalah area padat penduduk. Jika Anda memang memerlukan ketepatan waktu, lokasi dekat kantor bisa jadi pilihan utama. Namun jika Anda ingin sedikit menghemat biaya tempat tinggal, tidak ada salahnya mencari hunian yang sedikit jauh dari area perkantoran atau pusat kota.

Rumah Malaysia Memiliki Beberapa Konsep Hunian

Untitled design 33 - Tinggal di Rumah Malaysia, Ini 5 Poin Pentingnya!

Konsep hunian di sini diartikan bentuk dari rumah tersebut. Ada yang berbentuk rumah seperti yang mungkin sekarang Anda tempati, ada pula yang berbentuk hanya kamar saja, atau mungkin Anda lebih tertarik dengan yang berbentuk apartemen? Setiap konsep rumah ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Hunian berbentuk rumah misalnya, menawarkan ruangan yang lebih lapang, beberapa ruang yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan serta area yang cukup lega. Berbeda dengan kamar kos atau apartemen, yang lebih bernuansa ringkas, efektif, dan simple. Jika Anda membawa serta keluarga Anda ke Malaysia, ada baiknya untuk mengambil hunian dengan bentuk rumah karena akan memiliki ruang yang lebih luas. Namun jika Anda sendiri, kamar kos atau flat atau apartemen bisa jadi pilihan.

Keberadaan Fasilitas Umum

Untitled design 35 - Tinggal di Rumah Malaysia, Ini 5 Poin Pentingnya!

Jika Anda sudah menentukan budget yang akan dialokasikan, lokasi, dan konsep rumah Malaysia yang akan dipilih, poin terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah keberadaan fasilitas umum di sekitar hunian Anda. Misalnya saja, rumah sakit, halte, stasiun, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Semakin dekat Anda dengan fasilitas seperti ini, kehidupan Anda akan semakin mudah.

Fasilitas umum yang disediakan di negara Malaysia secara umum dapat dikatakan memiliki kualitas yang lebih baik. Ketika Anda tinggal di dekat fasilitas umum, keperluan Anda akan banyak yang menjadi lebih mudah. Berangkat ke kantor tidak perlu lagi berjalan jauh atau menaiki angkutan umum beberapa kali jika Anda tinggal di dekat stasiun. Demikian pula dengan hal lainnya.

Deposit Awal dan Pembayaran Rumah Malaysia

Sedikit berbeda dengan rumah atau hunian sewaan di Indonesia yang menerapkan pembayaran setiap tahun, di Malaysia hampir seluruhnya menerapkan pembayaran setiap bulan. Tentu ini sangat meringankan Anda karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang dalam sekali pembayaran. 

Sedikit hal yang penting dan perlu diingat, bahwa pembayaran awal yang Anda lakukan tidak hanya satu bulan sewa saja. Namun ada konsep deposit awal, yakni Anda harus membayarkan ‘uang muka’ sebagai tanda jadi sebanyak 2 kali harga sewa, ditambah dengan 1 kali harga sewa sebagai pembayaran bulan pertama, dan 1/2 kali harga sewa untuk pembayaran listrik dan air.

 

Merantau ke negara tetangga dan menetap di rumah Malaysia tentunya, seperti yang Anda baca baru saja, perlu mempertimbangkan beberapa hal. Lepas dari pemilihan rumah tinggal, Anda tentu juga harus memikirkan bagaimana Anda mengirimkan hasil jerih payah Anda ke keluarga yang berada di Indonesia. Tidak perlu cemas, kini telah hadir layanan Qelola untuk membantu Anda. Dengan transfer real-time dan administrasi yang sangat ekonomis, keluarga di rumah bisa menerima penghasilan yang Anda kirimkan dengan lebih cepat. Selain itu, Anda juga dapat secara langsung membayarkan tagihan bulanan seperti listrik, PDAM, dan BPJS ke instansi terkait tanpa harus merepotkan keluarga di rumah. Unduh aplikasinya di sini dan manfaatkan fiturnya!

 

Tags: , , , , , , , ,