5 Tips Anti Gagal Bersosialisasi Saat Pindah ke Luar Negeri

pindah ke luar negeri

Bagi Anda yang berencana pindah ke luar negeri atau menjadi TKI di Malaysia. Membangun sebuah lingkaran sosial mungkin dapat menjadi tantangan terberat bagi Anda. Mengenal tempat dan budaya baru memang dapat memperkaya pengalaman. Namun ketika tinggal di tempat yang sama sekali belum Anda kenal, mungkin sulit untuk mulai berhubungan dengan penduduk asli di sana. Salah satu yang paling sulit adalah bertemu dengan orang-orang baru. Untuk memulai percakapan dengan orang baru, maka Anda perlu lebih percaya diri.

Terkadang warga negara asing yang pindah ke luar negeri juga akan mengalami kesulitan dalam memahami budaya baru. Kadang kita masih merasa berada di tempat yang rasanya tidak jauh berbeda dengan daerah asal mereka. Untuk memudahkan Anda dalam bersosialisasi dengan penduduk asli di sana, kami memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Tips Sukses Bersosialisasi Saat Pindah ke Luar Negeri

  1. Berpikiran Terbuka

komunikasi e1586116137162 - 5 Tips Anti Gagal Bersosialisasi Saat Pindah ke Luar Negeri

Ketika pindah ke luar negeri sebagai TKI pastinya Anda akan bertemu dengan orang-orang baru yang mempunyai banyak perbedaan dengan Anda. Perbedaan mulai dari budaya, cara hidup, bersosialisasi serta pandangan-pandangannya yang sangat jauh berbeda dengan kehidupan di negara asal Anda. Untuk mengatasi masalah tersebut hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berusahalah menjadi orang yang open-minded atau berpikiran terbuka. Dengan berpikiran terbuka, Anda tidak harus mengubah pandangan Anda untuk bisa bergaul dengan orang-orang di sana. Anda hanya perlu memahami dan menghormati mereka serta bisa menerima setiap perbedaan.

  1. Mempelajari Bahasa Resmi

Siapapun yang hendak pindah ke luar negeri, mempelajari bahasa resmi di negara tujuan Anda adalah salah satu hal yang perlu dilakukan karena kunci untuk memulai hubungan baru adalah saling memahami. Cobalah untuk mengambil beberapa pelajaran dari bahasa resmi yang digunakan di negara baru Anda, agar Anda memiliki keterampilan komunikasi yang cukup untuk melakukan percakapan yang lancar dengan penduduk aslinya. Bahasa sangat penting sebagai alat komunikasi. Pahami bahasa dasar negara tersebut agar Anda tidak mengalami kesulitan saat berkomunikasi. Sebagai contoh ketika Anda sedang pergi berbelanja. Dengan memahami bahasa setempat akan memudahkan Anda saat berbelanja.

  1. Menjalin Pertemanan Baru

teman e1586116489813 - 5 Tips Anti Gagal Bersosialisasi Saat Pindah ke Luar Negeri

Mempunyai kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru dan sosialisasi yang baik, akan sangat membantu Anda dalam menjalin pertemanan baru. Apalagi untuk Anda yang akan pindah ke luar negeri, fleksibiltas untuk menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan baru sangat perlu dipelajari. Anda juga harus pintar-pintar menjaga dan membawa diri Anda ketika menjalin pertemanan dengan mereka. Meskipun begitu, ada sejumlah negara yang sangat sulit untuk beradaptasi, misalnya saja di negara yang norma sosial dan budayanya benar-benar berbeda dengan tempat asal Anda, seperti negara Jepang. Tapi bagi Anda yang akan menjadi TKI di Malaysia, hal ini tidak terlalu menjadi masalah karena kesamaan budaya yang kita miliki.  Namun meski begitu, ada baiknya untuk mempelajari norma sosial dan budaya. Anda juga harus mampu untuk memilih bahasa verbal dan non-verbal yang tepat di negara yang akan Anda tinggali.

  1. Berpartisipasi dalam Kegiatan Kelompok

perkumpulan e1586006092427 - 5 Tips Anti Gagal Bersosialisasi Saat Pindah ke Luar Negeri

Berpartisipasi dalam kegiatan kelompok adalah salah satu cara untuk memudahkan Anda dalam bersosialisasi ketika Anda pindah ke luar negeri. Dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan kelompok tersebut, Anda tidak akan lagi merasa asing di negara yang orangnya tidak Anda kenali satupun. Tergantung pada preferensi Anda, Anda dapat bergabung dalam komunitas yang Anda sukai. Anda bisa bergabung dengan kelompok ke berbasis agama atau sosial. Anda dapat pergi ke kedutaan besar negara Anda untuk meminta beberapa tempat referensi yang sering dikunjungi oleh orang-orang dari negara asal. Atau Anda juga dapat mencari langsung di internet untuk memudahkannya.

  1. Ambil Setiap Kesempatan untuk Pergi Bersama Orang Lain

Entah kolega atau tetangga yang meminta Anda untuk pergi bersama mereka, jangan pernah menolak kesempatan untuk melakukannya, setidaknya di bulan-bulan pertama Anda pindah ke luar negeri. Ini akan membantu Anda untuk memperkuat hubungan Anda dan untuk mengetahui lebih banyak tentang tempat-tempat terbaik di sekitarnya. Ketika tujuan utama pindah ke luar negeri adalah untuk bekerja, Anda tidak boleh lupa untuk meluangkan waktu pergi bersama teman-teman baru Anda.

Cara Mengatur Masalah Keuangan

Jauh dari negara asal, akan menuntut Anda pintar mengatur masalah keuangan, termasuk memberikan kiriman pada keluarga di Indonesia. Untungnya saat ini telah hadir aplikasi keuangan Qelola bagi Anda para TKI yang bekerja di Malaysia.

Aplikasi Qelola akan membantu Anda untuk melakukan transfer dengan biaya murah. Membayar multi tagihan seperti BPJS, tagihan listrik maupun pajak sampai pulsa telepon. Bahkan Anda juga bisa mempercayakan sebagian uang Anda dalam bentuk investasi reksadana melalui aplikasi tersebut.

Tunggu apalagi, segera download aplikasi kelola di smartphone Anda dan dapatkan kemudahan masalah keuangan tanpa menghambat sosialisasi Anda saat pindah ke luar negeri.

Tags: , , , , , ,