Mudah! Ini 4 Cara Bayar Listrik Online yang Perlu Anda Tahu

bayar listrik online

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini bayar listrik dapat dilakukan secara online melalui jaringan internet. Listrik di Indonesia dikelola oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan biaya operasional yang besar. Agar mendukung kelancaran operasional PLN, masyarakat sebaiknya membayar tagihan listrik secara teratur dan tepat waktu. Tak perlu datang ke loket pembayaran listrik, saat ini Anda bisa membayar listrik secara online menggunakan layanan internet banking, ATM, dan melalui SMS. Cara membayar secara online menjadi salah satu solusi yang paling praktis agar Anda bisa membayar tagihan listrik tepat waktu saat Anda berada di luar negeri sekalipun. Cara ini juga terbukti efisien karena bisa menghemat waktu dan tenaga. Berikut ini beberapa cara pembayaran listrik secara online yang perlu Anda ketahui.

Bayar Listrik Online Via Internet Banking

hand with credit card laptop 1232 619 - Mudah! Ini 4 Cara Bayar Listrik Online yang Perlu Anda Tahu

Salah satu cara bayar listrik secara online dapat dilakukan dengan mudah melalui internet banking. Syaratnya, Anda harus memiliki akun internet banking dari bank yang Anda pilih dan masih aktif. Bisa juga melalui bank lain yang bekerja sama dengan PLN. Jika belum memiliki akun internet banking, Anda bisa mendaftarkan diri dengan mendatangi kantor bank terkait. Apabila sudah memiliki akun tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka website internet banking dari perusahaan bank yang Anda pilih.
  2. Log in akun internet banking dengan cara mengisi username dan password.
  3. Masuk ke menu pembayaran tagihan listrik.
  4. Klik menu utama “Pembayaran & Pembelian” yang terdapat di barisan atas.
  5. Klik menu “Listrik”.
  6. Isi nomor IDPEL (ID Pelanggan) rekening PLN. Umumnya, akan ditampilkan rincian biaya yang harus Anda bayar.
  7. Jika Anda ingin menyimpan nomor IDPEL ke daftar, maka centang tanda “Klik di sini untuk menyimpan IDPEL ke daftar kamu”. Kemudian isi nama daftar tersebut di kotak “Simpan dengan sebutan/nama”. Misalnya, rekening PLN rumah atau kantor.
  8. Tekan opsi “Kirim”.
  9. Lakukan konfirmasi pembayaran tagihan listrik dengan mengisi password internet banking Anda.
  10. Isi kode mToken di halaman berikutnya, kemudian klik opsi “Kirim”.
  11. Jika pembayaran telah berhasil dibayar, maka Anda akan mendapat struk pembayaran tagihan listrik.
  12. Log out akun jika pembayaran telah berhasil dilakukan.

Pastikan untuk keluar dari akun Anda dengan cara klik log out (di pojok kanan atas) setelah Anda melakukan transaksi. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan akun Anda.

Membayar Listrik Melalui ATM

young beautiful woman using atm 79762 1340 - Mudah! Ini 4 Cara Bayar Listrik Online yang Perlu Anda Tahu

Bagi Anda yang ingin membayar tagihan listrik bulanan, sebelum menuju ATM untuk membayar tagihan listrik, sebaiknya cek dahulu jumlah tagihan yang harus dibayar. Cara cek tagihan dan membayar listrik melalui ATM adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan kuitansi atau nomor IDPEL.
  2. Pilih menu pembayaran.
  3. Klik opsi “Listrik/PLN”.
  4. Pilih opsi “Listrik Pascabayar”.
  5. Isi 12 digit nomor IDPEL.
  6. Akan muncul semua informasi seperti nama pelanggan dan jumlah tagihan yang harus dibayar beserta biaya administrasi.
  7. Jika informasi yang disajikan sudah benar, klik opsi “Bayar”.

Jika transaksi berhasil dilakukan, Anda akan menerima struk pembayaran dari ATM tersebut. Simpanlah struk tersebut sebagai tanda bukti pembayaran.

Membayar Via SMS

blond woman texting her phone 53876 20860 - Mudah! Ini 4 Cara Bayar Listrik Online yang Perlu Anda Tahu

Bayar listrik juga dapat dilakukan lewat SMS. Syaratnya, Anda harus memiliki layanan SMS banking dari bank yang bekerja sama dengan PLN, seperti Bank Mandiri, BNI, atau BRI. Sebagai contoh, berikut cara membayar tagihan listrik PLN melalui layanan SMS dari Bank Mandiri.

  1. Masuk pada bagian pesan di ponsel Anda.
  2. Buat pesan baru, kemudian ketik “BYR PLN <kode rek> <12 digit IDPEL>”.
    Contoh: BYR PLN 1 54730032152.
  3. Kirim pesan tersebut ke 3355.
  4. Lakukan konfirmasi transaksi.
  5. Ketik kombinasi PIN yang diminta dan kirim kembali ke 3355.
  6. Jika transaksi berhasil, Anda akan mendapat konfirmasi transaksi berhasil.

Agar mengetahui cara membayar listrik PLN dari bank lain, silahkan cek di situs bank yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Bayar Listrik Lebih Mudah Melalui Qelola

Bayar listrik secara online dengan cara yang lebih mudah dapat Anda lakukan melalui aplikasi Qelola. Jasa keuangan Qelola bisa membantu Anda melakukan pembayaran listrik secara tepat waktu di mana saja dan kapan saja. Khususnya untuk TKI atau WNI yang berada di Malaysia dan bingung bagaimana cara membayar listrik untuk keperluan keluarga di Indonesia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai solusinya. Melalui Qelola. Anda bisa membayar listrik dari Malaysia ke Indonesia secara praktis, cepat, dan mudah. Transaksi pembayaran akan diproses secara cepat dengan biaya yang cukup murah.

Qelola merupakan aplikasi pembayaran online serta transfer uang domestik dan internasional yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia di Malaysia. Selain tagihan listrik, Anda juga bisa membayar BPJS, tagihan air, pulsa, hingga voucher game melalui aplikasi ini. Qelola juga memiliki pos-pos anggaran sehingga kiriman uang dapat difungsikan maksimal sesuai keperluan Anda. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga dan nikmati kemudahannya di sini

Tags: , , , , ,