Cara Pintar Cek Tagihan PDAM Online Lewat Ponsel

cek tagihan pdam online

Hingga saat ini, operasional PDAM sudah dirasakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Kinerja PDAM sendiri selalu diawasi oleh Pengawasan Kualitas Air Minum agar kebersihan air tetap terjaga. Jadi, Anda sebagai salah satu pelanggan PDAM tidak perlu merasa ragu dengan kualitas air yang Anda dapatkan. Untuk menikmati air bersih setiap hari, tentu Anda memiliki kewajiban untuk membayar tagihannya. Sebelum membayar tagihan, sebaiknya Anda cek tagihan PDAM online terlebih dahulu.

Keunggulan Layanan PDAM

cek tagihan pdam online 1 - Cara Pintar Cek Tagihan PDAM Online Lewat Ponsel

Menggunakan layanan PDAM tentu saja memiliki keunggulan yang lebih banyak ketimbang layanan sumber air lainnya. Sebagai pelanggan PDAM, Anda tidak perlu ragu dengan kualitas air yang Anda dapatkan karena telah melalui rangkaian proses penjernihan yang senantiasa diawasi.

Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak waktu serta tenaga untuk bisa mendapatkan akses air bersih. Akses air bersih juga tetap bisa Anda dapatkan meskipun sedang mengalami musim kemarau.

Pengeluaran dari penggunaan air PDAM juga dapat Anda kontrol setiap saat, lho. Anda hanya perlu melihat meteran air yang telah terpasang di rumah dan menghitung perkiraan tagihan air yang nantinya harus Anda bayarkan. Dengan begitu, Anda dapat menekan jumlah pengeluaran air bulanan.

Cara Pemasangan Layanan PDAM

Dengan berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat berlangganan air bersih di PDAM, Anda mungkin berniat untuk melakukan pemasangan layanan tersebut. Tidak perlu ribet, karena Anda hanya perlu menyiapkan fotokopi kartu identitas sebanyak 2 lembar kemudian bawa ke kantor PDAM terdekat. Setelah itu, Anda akan diinstruksikan untuk mengisi formulir pendaftaran secara benar dan lengkap. Beberapa kantor PDAM mungkin akan membebankan biaya pendaftaran atau memiliki prosedur pendaftaran yang bervariasi.

Setelah formulir pendaftaran Anda isi, selanjutnya  petugas PDAM akan mengunjungi rumah Anda untuk melakukan survei tempat pemasangan saluran air. Melalui survei yang dilakukan petugas PDAM tersebut, Anda juga dapat mengetahui perkiraan anggaran pemasangan saluran air. Tidak lama setelah Anda melunasi pembayaran, maka petugas PDAM akan langsung melakukan pemasangan saluran air. Air PDAM pun dapat langsung mengalir di rumah Anda dan dapat Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Cara Cek Tagihan PDAM

cek tagihan pdam online 2 - Cara Pintar Cek Tagihan PDAM Online Lewat Ponsel

Sebenarnya Anda dapat mengontrol jumlah pengeluaran air PDAM yang telah Anda gunakan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melihat meteran air yang terpasang di rumah Anda. Namun, untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM yang nantinya harus dibayar, Anda perlu memahami kategori langganan Anda. Hal ini perlu Anda lakukan karena setiap meter kubik air yang digunakan oleh setiap pelanggan memiliki tarif yang berbeda, tergantung dari kategorinya.

Yang lebih menarik, Anda juga dapat melakukan cektagihan PDAM online melalui situs PDAM tempat Anda berlangganan. Melalui sistem online tersebut, Anda tidak perlu menghitung tagihan secara manual melalui meteran air yang terpasang di rumah Anda.

Tips Menghemat Penggunaan Air

Selain mengetahui cara cek tagihan PDAM online, Anda juga harus mengetahui tips berhemat air agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi untuk tagihan PDAM. Menghemat air tidak hanya dapat meringankan tagihan bulanan Anda, melainkan juga lebih ramah lingkungan.

  1. Memeriksa kebocoran pipa saluran air. Kebocoran kecil bisa saja menjadi penyebab terbuangnya air sia-sia. Selain bisa menyebabkan bengkaknya meteran penggunaan air, kebocoran tersebut juga bisa merusak rumah Anda. Periksalah saluran air di rumah Anda, untuk memastikan tidak ada kebocoran. Dan segera perbaiki jika Anda melihat keretakan, atau tanda-tanda kebocoran.
  2. Usahakan untuk tidak mencuci setiap hari, tapi mencuci banyak sekaligus. Hal ini bertujuan untuk menghemat penggunaan air untuk mencuci. Anda bisa menjadwalkan mencuci pakaian sekali atau dua kali dalam seminggu. Dengan demikian, Anda tidak perlu menggunakan air lebih banyak dari yang seharusnya.
  3. Membuat tampungan air hujan. Ini merupakan cara lama yang masih sangat berguna yang perlu Anda coba. Anda bisa menggunakan ember atau bak untuk menampung air hujan. Pastikan sistem penampungan air hujan Anda tidak mengundang nyamuk. Air hujan ini nantinya bisa Anda gunakan untuk menyiram tanaman, mencuci perabotan rumah tangga, dan lainnya.

Kewajiban Membayar Tagihan PDAM

cek tagihan pdam online 3 - Cara Pintar Cek Tagihan PDAM Online Lewat Ponsel

Sebagai pelanggan PDAM, Anda mungkin merasakan betapa rumitnya membayar tagihan setiap bulannya. Anda harus mengantri di kantor PDAM dan menunggu panggilan petugas untuk dapat melunasi tagihan air. Lambat laun, karena dianggap kurang efektif, akhirnya banyak pelanggan PDAM yang mencari alternatif lain untuk membayar tagihannya. Seperti memanfaatkan jasa toko online, fintech, dan lainnya. Hal ini ternyata sangat bermanfaat bagi Anda sebagai pelanggan PDAM karena tidak perlu lagi mengantri terlalu lama saat akan membayar tagihan air setiap bulannya.

Bayar Tagihan PDAM Melalui Aplikasi

Anda bisa membayarkan tagihan PDAM dengan mudah dan cepat hanya menggunakan smartphone milik Anda. Unduh aplikasi Qelola di Google Play dan lakukan pendaftaran akun. Setelah berhasil, Anda langsung dapat melakukan berbagai jenis transaksi termasuk bayar tagihan PDAM. Qelola merupakan aplikasi pembayaran digital yang mudah digunakan, bahkan jika Anda baru pertama kali mencobanya.

Melakukan bayar dan cek tagihan PDAM secara online juga dapat menjamin keamanan transaksi yang Anda lakukan. Dengan melakukan cek tagihan PDAM sendiri terhadap nomor pelanggan, Anda dapat memastikan bahwa tidak ada kesalahan saat pengisian data. Selain itu, risiko kehilangan uang juga semakin kecil Anda alami. Karena dengan sistem online Anda tidak harus membawanya ke kantor layanan PDAM di kota Anda.

Tags: , , , , , ,