Money Changer Online dan Cara Mudah Menggunakannya

unnamed 2 - Money Changer Online dan Cara Mudah Menggunakannya

Ketika ingin bepergian ke luar negeri, menukar mata uang tentu saja menjadi hal yang wajib dilakukan. Anda mempersiapkan uang, pergi ke money changer terdekat dan siap untuk menukar uang tersebut. Tapi, tahukah Anda bahwa saat ini Anda bisa menukar uang dari mana saja dengan sekali klik menggunakan money changer online? Dengan fasilitas money changer online, aktivitas menukar uang asing dengan kini jauh lebih mudah dan murah. Money changer online juga dijamin melakukan transaksi yang lebih cepat dibandingkan tempat penukaran valuta asing lainnya. Namun sebelum lebih jauh membahas mengenai money changer online, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui konsep money changer yang pada umumnya.

Money Changer

Istilah money changer berasal dari kata money exchange yang secara bahasa dapat langsung diartikan sebagai pertukaran uang atau pedagang uang. Dalam hal ini yang dipertukarkan merupakan mata uang asing. Sehingga dalam bahasa money changer dapat berarti suatu bentuk usaha yang bergerak dalam bidang pertukaran baik itu pembelian ataupun penjualan mata uang asing. Money changer konvensional dapat ditemukan di berbagai tempat, terutama bandara dan daerah wisata yang mempunyai banyak wisatawan asing.

Adanya money changer sangat membantu orang-orang yang bepergian ke luar negeri atau wisatawan asing untuk menukarkan mata uang agar bisa bertransaksi di negara yang dituju. Dalam melakukan transaksi di money changer, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

EP 2 1 - Money Changer Online dan Cara Mudah Menggunakannya

Sumber: https://investasi.online/f

1. Mempunyai Izin yang Jelas

Memilih money changer yang termasuk ke dalam authorized money changer atau money changer berizin merupakan hal yang sangat penting. Mengapa? Karena money changer yang berizin biasanya memberikan nilai tukar dengan harga terbaik. Selain itu, memilih money changer berizin juga akan menghindarkan Anda dari risiko penukaran dengan uang rusak atau palsu dan penipuan.

2. Perhatikan Nilai Tukar Mata Uang

Pada dasarnya, nilai tukar antar mata uang itu tidak setara satu dengan lainnya. Selain itu nilai tukar ini pun akan berubah-ubah setiap waktunya.  Hal ini disebabkan oleh mekanisme pasar perdagangan internasional. Sebelum menukarkan uang, lakukan perbandingan nilai tukar mata uang terlebih dahulu bisa melalui internet atau langsung mendatangi money changer. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan nilai tukar dengan harga terbaik.

3. Hindari Menukar Uang Asing di Bandara

Menukar uang di bandara biasanya menjadi pilihan terakhir. Ini karena money changer bandara biasanya mengenakan biaya yang lebih mahal. Bahkan saking mahalnya biaya yang dikenakan, Anda bisa kehilangan hingga 20% nilai uang jika menukar di bandara.

4. Perhatikan Waktu Menukar Uang

Usahakan untuk menukar uang paling lambat seminggu sebelum keberangkatan Anda ke luar negeri. Hindari menukar uang pada waktu yang mepet sehingga bisa melakukan perbandingan dan membuat keputusan yang lebih baik. Opsi lainnya adalah menukar uang di hari Senin atau Selasa, atau ketika pasar baru dibuka.

Money Changer Online

ep2 1 1 - Money Changer Online dan Cara Mudah Menggunakannya

Sumber: https://www.cermati.com/

Apabila di sekitar Anda terdapat money changer, maka itu bukan merupakan sebuah masalah. Namun bagaimana jika daerah Anda tidak mempunyai money changer atau harus bekerja sehingga tidak sempat untuk mengunjungi kantor money changer? Sementara jika penukaran dilakukan di pilihan terakhir yaitu bandara, nilai tukarnya sangat tidak memuaskan. Maka solusi dari ini adalah money changer online. Dengan money changer online Anda tidak perlu datang ke kantornya dan tidak perlu bertatap muka. Cukup dengan mengakses situs atau aplikasi yang telah disediakan dari tempat Anda berada, dan transaksi pun selesai.

Di zaman serba modern seperti saat ini money changer online tidaklah sulit untuk ditemukan. Sudah banyak perusahaan teknologi yang menyediakan layanan penukaran uang dari dan ke satu sistem e-payment ini. Cara penukaran ini pun memberikan nilai tukar yang kompetitif. Bahkan nilai tukar pada money changer online bisa lebih menguntungkan karena persaingan antar money changer secara online jauh lebih sengit.

Cara Menggunakan Money Changer Online

Menukar mata uang menggunakan money changer online biasanya jauh lebih mempermudah dibandingkan secara konvensional yang harus mendatangi langsung kantornya. Cukup melakukan pendaftaran akun di situs atau aplikasi yang telah disediakan. Lakukan deposit terlebih dahulu ke akun tersebut sebelum melakukan transaksi online penukaran mata uang asing. Setelah itu Anda siap untuk menukarkan uang secara online sesuai dengan mata uang yang dipilih.

Untuk mempermudah transaksi Anda di luar negeri, kini telah hadir Qelola yang menghadirkan banyak layanan fiansial termasuk penukaran mata uang asing. Aplikasi ini mempermudah TKI ataupun warga Indonesia yang berada atau ingin ke Malaysia dalam melakukan berbagai transaksi. Anda tidak perlu repot menukar uang terlebih dahulu di money changer ketika ingin bertransaksi atau mengirim uang. Cukup dengan sekali klik, Qelola yang akan bekerja untuk menukar mata uang sesuai dengan jumlah dan transaksi yang Anda butuhkan. Download aplikasinya di sini dan rasakan berbagai kemudahannya sekarang juga!

Tags: , , , , , , ,