Kurs Ringgit Malaysia: Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi

harga ringgit - Ringgit Malaysia

Pada artikel terkait lainnya, telah dijelaskan apa pengertian mata uang ringgit beserta harga ringgit Malaysia yang berlaku saat ini. Satu hal terpenting lainnya, Anda harus mengetahui apa itu istilah “kurs” dalam mata uang. Dalam pembahasan kali ini akan mengulik lebih lanjut tentang kurs ringgit terhadap mata uang rupiah Indonesia (IDR).

Perlu diingat, Anda harus selalu memperbarui informasi terkait kurs mata uang ini. Karena kurs bersifat dinamis dan dapat berubah dari waktu ke waktu berdasarkan situasi pasar valuta asing (valas). Pastikan keuangan Anda semakin teratur dan terkelola dengan baik setelah mencermati kurs ringgit ke rupiah.

Penjelasan Singkat Tentang Kurs Jual, Kurs Tengah, dan Kurs Beli

ringgit ke rupiah 2 300x199 - Kurs Ringgit Malaysia: Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi

Sumber: www.nst.com.my

Kurs erat kaitannya dengan tukar menukar uang asing yang ada di bank atau tempat penukaran uang (money changer) resmi. Kurs jual dan kurs beli selalu diartikan melalui sudut pandang bank atau money changer agar lebih mudah dipahami. Bukan dari sudut pandang orang yang akan menukarkan uang. Kurs adalah harga mata uang dari suatu negara yang diukur atau dinyatakan dalam mata uang lainnya. Atau dapat diartikan kurs adalah harga suatu mata uang terhadap mata uang lainnya. Misalnya harga mata uang Malaysian ringgit (MYR) terhadap rupiah Indonesia (IDR).

  • Kurs Jual 

Nilai Kurs Jual merupakan kurs yang dipakai apabila bank atau money changer ingin menjual uang asing (valuta asing). Kurs jual merupakan harga jual mata uang oleh bank atau money changer. Dalam arti lain, kurs jual digunakan jika Anda ingin menukarkan rupiah dengan uang asing.

  • Kurs Tengah

Nilai kurs tengah adalah besar kurs yang merupakan nilai rata-rata dari kurs beli dan kurs jual. Perhitungan kurs tengah dilakukan karena kerap ditemukan bahwa kurs jual bernilai lebih tinggi dibandingkan dengan kurs beli. Berdasarkan keadaan tersebut, pedagang valuta asing mengambil keuntungan yang berasal dari nilai selisih pertukaran antar mata uang. Dikatakan nilai kurs tengah apabila tidak ditemukan detail dari nilai kurs jual dan kurs beli. Nilai kurs tengah sering dijumpai oleh masyarakat pada publikasi surat kabar atau internet secara mudah.

  • Kurs Beli 

Nilai kurs beli merupakan kurs yang dipakai apabila bank atau money changer ingin membeli uang asing dari nasabah. Kurs beli bisa diartikan juga sebagai kurs yang telah diberlakukan bank apabila melakukan pembelian mata uang asing atau valas. Dalam arti lain, kurs beli digunakan jika Anda ingin menukarkan uang asing dengan rupiah. 

Dalam konteks ini, ketika Anda akan menukarkan uang ringgit Malaysia ke rupiah Indonesia, maka gunakanlah kurs beli yang berlaku saat ini untuk melakukan penukaran uang. Atau juga ketika Anda ingin melakukan pembayaran ke Indonesia menggunakan uang ringgit. Tak perlu bingung lagi, Anda dapat melihat nilai tukar ringgit ke rupiah secara online. Kini Anda dapat langsung mengkonversi mata uang ringgit ke rupiah melalui aplikasi konverter resmi untuk mempermudah perhitungan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurs

1 ringgit berapa rupiah 4 300x168 - Kurs Ringgit Malaysia: Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi

  • Pengaruh Tingkat Inflasi dan Deflasi

Inflasi menjadi faktor penting yang mempengaruhi nilai tukar mata uang negara mana pun. Tingkat inflasi akan membuat nilai tukar mata uang suatu negara menurun. Sedangkan tingkat deflasi akan membuat nilai tukar mata uang suatu negara menjadi naik.

  • Perbedaan Suku Bunga di Beberapa Negara

Jika tingkat suku bunga di suatu negara mengalami perubahan, maka akan berpengaruh pada arus modal internasional. Jika suku bunga mengalami kenaikan, maka pemasukan modal asing akan meningkat. Suku bunga mempengaruhi pasar valuta asing dan juga pasar uang. Saat melakukan transaksi, bank akan mempertimbangkan perbedaan suku bunga di pasar modal nasional maupun internasional berdasarkan laba yang diperoleh.

  • Kontrol Pemerintah

Pemerintah berhak melakukan intervensi dalam sektor perekonomian. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan sektor ekonomi baik mikro maupun makro. Termasuk di dalamnya, menjaga keseimbangan atau kestabilan nilai tukar rupiah dengan mata uang negara lain.

  • Tingkat Pendapatan Relatif

Apabila pendapatan riil dalam negeri meningkat, maka permintaan terhadap mata uang asing akan meningkat jika dibandingkan suplai ketersediaan. Dengan begitu, laju pertumbuhan pendapatan dalam negeri biasanya dapat melemahkan kurs mata uang asing.

  • Aktivitas Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran yang bergerak aktif dapat meningkatkan nilai mata uang nasional. Dampak dari neraca ini diukur terhadap nilai tukar uang yang sudah ditentukan oleh tingkat keterbukaan ekonomi.

  • Ekspektasi

Ekspektasi dari nilai suatu mata uang di masa depan akan berpengaruh terhadap nilai tukar valuta asing (valas). Pasar valas akan bereaksi cepat terhadap informasi yang berpengaruh terhadap nilai tukar mata uang di masa yang akan mendatang.

Selalu Permudah Urusan Keuangan Anda

Setelah mengetahui penjelasan mengenai kurs ringgit ke rupiah ini, Anda akan semakin dipermudah dalam masalah keuangan dan pembayaran ke Indonesia. Berkat kecanggihan teknologi, Anda tak perlu repot memikirkan kurs ringgit saat akan melakukan penukaran uang atau berinvestasi. Kurs mata uang sangat penting diperhatikan untuk kelancaran keuangan Anda. Tenang saja, pengelolaan dan pengiriman uang semua telah tersedia dalam layanan pembayaran online.

Kini Anda akan merasa aman mengirimkan uang ringgit Malaysia dengan jumlah yang tidak sedikit ke Indonesia. Bahkan Anda dapat langsung membayar segala pos-pos tagihan secara elektronik dan real time melalui aplikasi Qelola. Dijamin pengelolaan uang Anda akan semakin dipermudah. Dapatkan informasi lengkap mengenai platform pembayaran online Qelola secara mudah melalui website Qelola. Unduh secara gratis aplikasi Qelola pada AppStore yang ada di smartphone Anda sekarang! Yuk, tunggu apalagi? Segera rencanakan keuangan Anda dan nikmati kemudahan pembayaran online bersama kami.

Tags: , , , , , , , ,