Jangan Bingung! Pahami Tips Menjawab Pertanyaan Interview dengan Tepat

pertanyaan interview

Sebagian besar orang tentu saja akan merasakan pengalaman yang mendebarkan saat pertama kali melamar kerja. Anda mungkin akan merasa khawatir apakah kualifikasi Anda sesuai atau tidak dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kemudian juga akan muncul pertanyaan, kira-kira apa saja yang akan pertanyaan interview yang ditujukan kepada Anda. Yuk, persiapkan diri Anda sebaik mungkin agar Anda bisa menghadapi saat interview dengan lancar. Coba perhatikan beberapa tips dan trik menjawab pertanyaan interview di bawah ini.

Baca Juga: Tips Menjadi Pekerja Migran Indonesia Sukses, Ini 4 Poinnya

1.  Menjelaskan Gambaran Diri Secara Jelas

pertanyaan interview 2 - Jangan Bingung! Pahami Tips Menjawab Pertanyaan Interview dengan Tepat

Apakah Anda pernah memikirkan jawaban apa yang harus Anda berikan tim HRD perusahaan bertanya tentang diri Anda sendiri? Apakah Anda akan memberikan gambaran yang positif atau negatif? Anda sebaiknya berhati-hati, karena pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter dasar Anda, dimana karakter seorang pekerja merupakan aspek yang sangat penting bagi perusahaan. Calon pekerja yang berkarakter kuat tentunya akan menarik perhatian perusahaan sebagai pemberi kerja. Terutama jika karakter tersebut sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih 3 kata yang dapat mendeskripsikan diri Anda. Sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar, lalu berikan gambaran karakter yang sesuai dan pilihlah kata-kata yang positif. Misalnya jujur, pekerja keras, antusias, berkomitmen tinggi, mudah bekerjasama, komunikator yang baik, dan masih banyak lagi. Pastikan bahwa karakter yang Anda sebutkan memang sesuai dengan karakter Anda yang sesungguhnya.

2.  Mengetahui Profil Perusahaan

Pertanyaan seputar apa yang diketahui tentang perusahaan juga cukup penting untuk Anda perhatikan. Karena Anda sebagai seorang pelamar kerja wajib mengetahui tempat atau perusahaan yang Anda tuju. Sehingga biasanya pertanyaan ini akan muncul untuk mengetahui tingkat pengenalan Anda sebagai calon karyawan terhadap visi dan misi perusahaan. Tips dalam menjawab pertanyaan ini adalah, pastikan bahwa Anda fokus pada sisi positif perusahaan yang akan Anda lamar. Jangan sampai Anda membandingkan dengan perusahaan yang terdahulu, atau perusahaan lainnya. Tunjukkan bahwa perusahaan yang sedang Anda lamar ini memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat Anda tertarik untuk bergabung di sana. Hal ini akan membuat perusahaan menjadi semakin tertarik untuk memilih Anda sebagai karyawannya.

3.  Memiliki Tujuan yang Jelas Saat Melamar Kerja

pertanyaan interview 1 - Jangan Bingung! Pahami Tips Menjawab Pertanyaan Interview dengan Tepat

Kebanyakan orang tentu saja akan menjawab, karena suasana kerja yang lebih nyaman dan gaji yang tinggi, saat diberikan pertanyaan interview apa yang menjadi alasan mereka untuk melamar di perusahaan tersebut. Anda harus berhati-hati dan jangan terkecoh. Karena pertanyaan ini merupakan usaha untuk mencari motivasi yang sesungguhnya, dan setiap perusahaan lebih menginginkan pekerja yang loyal. Oleh sebab itu, pastikan jawaban yang Anda berikan bukan merupakan jawaban remeh seperti kenaikan gaji. Apalagi jika sampai mengutarakan ketidaknyamanan di perusahaan tempat Anda sebelumnya. Karena perusahaan yang baru tentu akan menilai Anda adalah orang yang tidak mau bekerja keras.

Sebaiknya, Anda menjawab pertanyaan ini dengan alasan-alasan yang positif. Misalnya, karena Anda ingin berkontribusi lebih dalam menyalurkan bakat. Atau karena posisi yang Anda lamar sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda. Pastikan bahwa alasan untuk bergabung ke perusahaan yang Anda tuju karena motivasi yang membangun.

4.  Menjelaskan Rencana Anda ke Depan

Saat Anda diberikan pertanyaan, apa rencana Anda ke depan? Maka maksud dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui berapa lama Anda ingin bergabung dengan perusahaan yang Anda lamar. Jangan sampai ternyata perusahaan salah dalam mempekerjakan seorang karyawan yang senang berpindah-pindah perusahaan. Maka untuk menjawab pertanyaan ini, uraikan untuk tujuan jangka panjang Anda. Pastikan bahwa Anda melibatkan perusahaan yang Anda lamar sebagai bagian dari rencana Anda ke depan. Jawablah secara bijak dan pikirkan dengan matang, jangan sampai Anda menjawab seadanya.

5.  Bijak dalam Menyampaikan Harapan Gaji

pertanyaan interview 3 - Jangan Bingung! Pahami Tips Menjawab Pertanyaan Interview dengan Tepat

Pertanyaan interview tentang berapa gaji yang diharapkan, memang cukup sulit untuk dijawab. Karena bisa jadi pada posisi yang sama, gaji yang diminta akan berbeda. Sehingga biasanya menentukan gaji akan membutuhkan pemikiran yang lebih mendalam. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengetahui lebih dahulu standar gaji di perusahaan yang akan Anda lamar. Perhitungkan faktor-faktor seperti pengalaman, dan tingkat kesulitan pekerjaan. Kemudian jelaskan ekspektasi Anda, namun pastikan masih di dalam standar perusahaan. Sehingga Anda dapat memperoleh nilai maksimal dari standar yang diterapkan oleh perusahaan tujuan Anda tersebut.

Dengan tips menjawab pertanyaan interview kerja seperti yang telah dijelaskan di atas, tentunya hal ini akan membantu Anda untuk melalui sesi interview dengan maksimal. Coba Anda pelajari, maknai, dan terapkan pada sesi interview kerja Anda selanjutnya. Setelah lolos interview, biasanya akan ada tahapan-tahapan selanjutnya yang perlu Anda ikuti, seperti cek kesehatan atau medical check up. Semoga berhasil!

Mengingat hingga saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, pastikan Anda tidak tertinggal karena masih menggunakan cara jadul dalam bertransaksi. Aplikasi Qelola muncul sebagai solusi tepat bagi Anda yang ingin melakukan kirim uang antar negara dengan proses yang cepat dan biaya yang murah. Bahkan aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur kirim uang, tapi juga ada fitur untuk bayar berbagai macam tagihan, beli pulsa dan paket data internet, hingga voucher game. Coba unduh aplikasi Qelola sekarang, dan segera bergabung dengan ribuan pengguna lainnya.

Tags: , , , , , ,