Cek Tunggakan BPJS, Langsung Klik Situs Resminya Saja!

Cek Tunggakan BPJS

Membayarkan tagihan BPJS adalah kewajiban bagi warga negara Indonesia, sebagai bentuk partisipasi atas jaminan kesehatan yang diberikan oleh negara. Jika memang harus terlambat dalam melakukan pembayaran, sebenarnya Anda bisa cek tunggakan BPJS yang menjadi kewajiban Anda dengan cukup mudah. Namun tentu idealnya Anda membayar tepat waktu agar beban pembayaran tidak membengkak bukan?

Tagihan BPJS yang harus dibayar juga beragam tergantung dengan golongan dan kelas yang diambil. Semakin tinggi layanan dan fasilitas kesehatan yang digunakan dalam BPJS, maka biaya setiap bulannya juga akan semakin tinggi. Untuk tunggakan 1 atau 2 bulan mungkin masih mudah dibayarkan, namun jika semakin banyak tunggakan bisa jadi Anda akan merasa terbebani secara finansial.

Untuk Anda yang berada di luar negeri dan tidak menggunakan fitur auto debit dari layanan perbankan yang Anda miliki, Anda bisa selalu memastikan untuk melakukan pembayaran sebelum tanggal 10 setiap bulan. Dahulu pembayaran lebih dari tanggal 10 akan dikenakan denda, namun kini denda sudah dihapuskan agar dapat memotivasi peserta melakukan pembayaran tepat waktu.

Lalu bagaimana bila terjadi keterlambatan atau kebetulan Anda lupa membayar? Adakah cara cek tunggakan BPJS yang resmi dan sah?

Kunjungi Situs Resmi BPJS Kesehatan

Untitled design372 - Cek Tunggakan BPJS, Langsung Klik Situs Resminya Saja!

Untuk melakukan cek tunggakan BPJS yang Anda dan keluarga miliki, Anda bisa secara langsung mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan Indonesia. Prosesnya cukup mudah dan sederhana.

  • Langkah pertama, masukkan Nomor Kartu BPJS yang Anda miliki, dan tertera pada kartu BPJS Anda.
  • Kedua, masukkan Tanggal Lahir sesuai dengan yang tercantum dalam kartu BPJS yang Anda miliki.
  • Ketiga, masukkan Angka Validasi yang tertera pada kolom di bawah Tanggal Lahir.
  • Klik Cek, kemudian sistem akan melakukan pengecekan tagihan. Tunggu hingga proses selesai.
  • Ketika proses selesai Anda akan dapat melihat informasi terkait BPJS yang Anda ikuti, di antaranya adalah Nama Peserta, Nomor Peserta, Status Kepesertaan, Jenis Peserta, Jumlah Anggota Keluarga, dan informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan, dan informasi tanggal pembayaran terakhir.
  • Setelah mengetahui jumlah total tagihan tunggakan BPJS yang Anda miliki, Anda bisa segera melakukan pembayaran secara online dengan transfer atau dengan mendatangi kantor BPJS secara langsung.

Cukup mudah dan sederhana bukan langkah yang harus Anda lakukan?

Pembayaran Tepat Waktu Demi Layanan Kesehatan Prima

Untitled design373 - Cek Tunggakan BPJS, Langsung Klik Situs Resminya Saja!

Keterlambatan memang tidak dapat dipungkiri sebagai salah satu faktor yang tidak bisa dihilangkan sepenuhnya. Faktor lupa adalah hal yang sangat manusiawi. Namun demikian sebisa mungkin pembayaran BPJS ini harus dilakukan tepat waktu agar Anda dan keluarga tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan yang terbaik dari program BPJS yang Anda ikuti.

Ketika Anda telat membayarkan tagihan BPJS, Anda atau keluarga bisa saja terhambat ketika memerlukan layanan kesehatan yang disediakan oleh BPJS. Memang, tidak ada orang yang berencana untuk memerlukan fasilitas yang disediakan BPJS, namun demikian Anda tetap harus bersiap untuk kemungkinan terburuk bukan? Setidaknya jika Anda membayar tagihan secara disiplin, ketika suatu saat ada keadaan medis darurat Anda atau keluarga bisa mendapatkan penanganan sesegera mungkin.

Cek Tunggakan BPJS dari Luar Negeri

Untitled design374 - Cek Tunggakan BPJS, Langsung Klik Situs Resminya Saja!

Bagaimana jika Anda tengah bekerja di luar negeri, Malaysia misalnya, apakah cek tunggakan BPJS tetap bisa dilakukan? Ya, cek tunggakan BPJS tetap dapat dilakukan karena pemeriksaan ini menggunakan sistem online sehingga Anda bisa memeriksa tagihan dari manapun selama Anda terhubung ke jaringan internet yang aktif.

Untuk para TKI yang bekerja di Malaysia sendiri, membayar tagihan BPJS untuk keluarga di tanah air sudah menjadi salah satu hal rutin yang dilakukan. Sekali lagi, faktor lupa memang tidak bisa dihilangkan secara penuh dan ada kalanya Anda lupa untuk membayarkan tagihan ini. Padahal sekarang, Anda bisa membayarkan tagihan BPJS secara langsung dari smartphone Anda lho. Dengan menggunakan aplikasi remitansi paling handal, urusan ini bisa diselesaikan dengan cepat dan murah.

Baca Juga: Ingin Berobat ke Adventist Hospital Penang? Perhatikan Ini!

Hadirnya layanan remitansi Qelola yang saat ini sudah bisa digunakan untuk transaksi dari Malaysia ke Indonesia siap membantu Anda untuk mengurus pembayaran BPJS. Anda bisa secara langsung membayarkan tagihan dengan menggunakan fitur yang ada pada aplikasi Qelola secara langsung dengan memasukkan total uang yang akan dibayarkan.

Tentu saja sebelum melakukan pembayaran direkomendasikan untuk selalu cek tunggakan BPJS pada situs resminya untuk memastikan jumlah yang harus dibayarkan. Dengan bantuan Qelola, pembayaran tagihan BPJS bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Dengan biaya administrasi yang sangat ekonomis, Anda tidak akan merasa terbebani untuk membayar berbagai tagihan. Biaya yang murah juga berlaku untuk transfer yang dan pembayaran tagihan lain, jadi Anda bisa memaksimalkan setiap fitur yang ada. Unduh aplikasinya di sini, dan bayarlah tagihan BPJS tepat waktu demi layanan kesehatan optimal!

 

Tags: , , , , , , , , , , ,