Besar Upah TKI Formal dan Domestik Tahun 2022 di Malaysia

pjtki resmi

Malaysia menjadi salah satu tujuan favorit para Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Malaysia di mata para TKI memiliki beberapa keunggulan. Mulai dari lokasi yang dekat dengan Indonesia, biaya hidup yang relatif terjangkau, dan upah yang lebih menjanjikan menjadi daya tarik para TKI.

Melansir dari beberapa sumber, simak daftar upah Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia tahun 2022 berdasarkan sektor formal dan informal berikut ini.

Upah atau Gaji TKI Formal di Malaysia

pjtki adalah - Besar Upah TKI Formal dan Domestik Tahun 2022 di Malaysia

TKI formal adalah orang-orang yang bekerja di luar negeri pada berbagai perusahaan atau organisasi yang berbadan hukum, memiliki surat perjanjian dan kontrak kerja yang kuat, dan dilindungi secara hukum di negara penempatan. 

Dengan bermodalkan keahlian khusus (hardskill and softskill), para pekerja migran dari Indonesia ini terbukti mampu bersaing dengan pekerja migran dari negara lainnya. Simak beberapa peluang kerja pada sektor formal dan standar upah yang perlu Anda ketahui.

1. Information Technology (IT) – Software

Sebagai negara berkembang, Malaysia membuka lebar peluang dan kesempatan kerja di bidang teknologi informasi. Tidak sedikit perusahaan di Malaysia yang mencari kandidat dengan latar belakang dan kualifikasi IT mumpuni. Gaji minimum per bulan terbilang cukup tinggi sekitar RM2452 atau Rp9.073.700.

2. Actuarial Science

Apakah Anda menyukai angka dan tertarik ingin mempelajari segala hal tentang investasi? Nah, Malaysia menjadi salah satu jawaban dan tempat yang tepat untuk belajar tentang Actuarial Science. Menurut sebuah laporan, Malaysia mengeluarkan jutaan ringgit setiap tahunnya untuk menghasilkan produk-produk finansial, seperti asuransi, pensiun, dan hipotek.

Gaji minimum per bulan sebesar RM2475 atau Rp9.158.000.

3. Geofisika

Dalam perkembangannya, Malaysia memerlukan banyak ahli geofisika. Tenaga ahli berkontribusi untuk industri yang berhubungan dengan tanah dan masalah polusi yang terus memburuk. Jurusan ini cocok bagi Anda pecinta lingkungan dan menginginkan bayaran yang tinggi.

Gaji minimum per bulan terbilang mapan, sekitar RM2600 atau Rp9.621.300.

4. Aviasi atau Penerbangan

Pekerjaan di bidang aviasi atau penerbangan tidak hanya menjadi pilot saja. Jenis pekerjaan di bidang aviasi cukup banyak pilihannya. Contohnya bisnis carter pesawat, penerbangan perusahaan dan pribadi, serta bisnis aviasi lainnya.

Gaji minimum untuk bidang penerbangan setiap bulan adalah RM2533 atau sekitar Rp9.373.400.

5. Konstruksi dan Real Estate

Gaji minimum untuk bidang konstruksi dan real estate setiap bulan adalah atau sekitar Rp11.200.000.

6. Electrical and Power Engineer

Gaji minimum untuk bidang electrical and power engineer setiap bulan adalah  sekitar R11.200.000.

7. Pemasaran dan Periklanan 

Gaji minimum untuk bidang pemasaran dan periklanan setiap bulan adalah sekitar Rp12.250.000.

8. Hukum dan Legislasi

Gaji minimum untuk bidang hukum dan lesgislasi setiap bulan adalah RM2533 atau sekitar Rp13.300.000.

TKI Informal Sektor Domestik

Untitled design 18 - Besar Upah TKI Formal dan Domestik Tahun 2022 di Malaysia

Pekerja sektor domestik memiliki posisi yang jelas dan diakui oleh negara tujuan. Negara-negara penempatan harus mengakui TKI sebagai pekerja dengan jabatan dan profesi tertentu yang memiliki hak-hak normatif.

Hak normatif diantaranya hak jam kerja, hak libur, hak pendapatan atau gaji sesuai standar minimum upah, asuransi, dan jaminan sosial seperti pekerja sektor formal (skilled worker).

Adapun standar upah minimum untuk Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di sektor domestik adalah RM 1.000-1.5000. Nominal ini jika dirupiahkan sama dengan Rp3.500.000 hingga Rp5.300.000. Namun kembali lagi, gaji untuk TKI domestik tergantung dengan kesepakatan dengan pemberi kerja yang tertuang dalam kontrak kerja.

Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan domestik para TKI sesuai dengan kode International Standard Classification of Occupation (ISCO) 2008.

  • Penata Laksana Rumah Tangga (Housekeeper)
  • Penjaga Bayi (Babysitter)
  • Pengasuh Anak (Child Care Worker)
  • Tukang Masak (Family Cook)
  • Pengurus Lansia (Elderly Caretaker)
  • Supir Pribadi
  • Tukang Kebun (Gardener)

Ketentuan Upah TKI di Malaysia

Data terkait standar gaji TKI yang berkerja di Malaysia tersebut adalah rata-rata dan bukanlah standar pasti yang bisa berubah kapan saja. Selain itu, ketentuan akan besaran gaji, kembali kepada kebijakan perusahaan atau pemberi kerja. Demikian pula kondisi ekonomi negara yang ditempati berperan penting dalam besaran upah para pekerja di negaranya.

Baca Juga: Ingin Kerja di Malaysia? Intip Jenis Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Apakah Anda tertarik dan berencana bekerja di Malaysia? Untuk mempersiapkannya, Qelola bisa menjadi teman yang akan memberikan banyak informasi terkait dunia ketenagakerjaan dan kehidupan di Malaysia. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Qelola yang menyediakan fitur lengkap pembayaran untuk TKI di Malaysia. Urusan pembayaran dan pengiriman uang ke Indonesia pun jadi mudah dengan download Qelola sekarang di sini.

Tags: , , , , , , , , ,