Berbagi Tips Menghindari Overstay di Luar Negeri untuk Pekerja Migran

airplane and airport - Berbagi Tips Menghindari Overstay di Luar Negeri untuk Pekerja Migran

Overstay menjadi salah satu isu yang paling banyak ditemui petugas keimigrasian di berbagai negara di dunia. Berdasarkan Cambridge Dictionary, overstay merupakan kondisi tinggal di suatu tempat lebih lama dari waktu yang diizinkan.

Dalam hal travelling atau bekerja, overstay terjadi saat Anda tinggal dan berada di negara asing melewati masa tinggal yang tercantum dan berlaku dalam visa. Lalu, bagaimana cara menghindari overstay di luar negeri, khususnya Malaysia untuk para pekerja migran Indonesia.

Menghindari Overstay di Luar Negeri

p3mi legal dan ilegal e1633340931988 - Berbagi Tips Menghindari Overstay di Luar Negeri untuk Pekerja Migran

Over stay termasuk pelanggaran hukum yang mengandung risiko jika melakukannya. Risiko yang dimaksud bervariasi, seperti membayar denda, menciptakan citra buruk diri sendiri, kesulitan membuat visa sejenis di waktu lain, ditahan, hingga dideportasi. 

Lalu, bagaimana jika saat berada di luar negeri untuk tujuan travelling, bekerja dan lainnya kamu merasa sangat nyaman hingga berpotensi over stay? Untuk mengantisipasinya, berikut kami tawarkan beberapa tips menghindari overstay di luar negeri.

  • Tepat Waktu

Meski masa berlaku visa bagi orang asing yang berada di Malaysia berlaku, namun ada beberapa kelonggaran yang diberikan. Single entry visa yang memungkinkan warga negara asing untuk mengunjungi Malaysia, dikenal sebagai visa tanpa referensi. 

Single entry visa ini berlaku selama 3 bulan dan Anda bisa tinggal hingga 30 hari tinggal di Malaysia. Anda dapat memperpanjang masa tinggal visa ini selama dua bulan. 

  • Kembali ke Negara Asal Sesegera Mungkin

Tentu Anda tidak ingin membayar denda dalam jumlah uang tidak sedikit hanya karena melakukan overstay yang sebenarnya bisa diantisipasi, bukan? Untuk itu, cara terbaiknya adalah sesegera mungkin kembali ke negara asal atau berpindah dari negara tersebut.

Jika tidak dilakukan, maka Anda bisa dianggap sebagai imigran gelap yang mungkin akan ditangkap hingga dideportasi. Segera pulang ke negara asal, dan ceritakan dengan jujur alasan Anda overstay kepada petugas imigrasi. Bayar dendanya dan tetap berperilaku sopan kepada petugas.

  • Mengurus Visa yang Baru

Pengguna Visa on Arrival atau VoA bisa mendapat kesempatan baik untuk mengurusvisa baru saat tiba di luar negeri. Adapun syaratnya diajukan sebelum masa VoA berakhir. Caranya dengan mengunjungi kantor imigrasi setempat dan mengajukan permohanan mengurus visa baru. 

Sebelum mendaftar, pastikan Anda memiliki tujuan kunjungan yang jelas. Berikan informasi kepada Visa Expert mengenai detail perjalanan Anda. Selanjutnya, unggah semua dokumen Anda secara online melalui loker dokumen online yang aman dan terjamin rahasianya. Dan Bayar biaya visa Malaysia Anda secara online.

  • Menggunakan Visa dengan Tepat

Setelah beberapa tips di atas diterapkan dengan baik, maka selanjutnya berfokus pada tindakan preventif, yaitu memilih dan menggunakan jenis visa yang tepat. Jika Anda ingin berlibur, pakailah visa liburan. Jika tujuan Anda bekerja, maka gunakan visa khusus untuk bekerja.

Hindari penyalahgunaan visa karena bisa berdampak buruk. Anda bisa dicatat sebagai imigran gelap, dipekerjakan secara ilegal ke negara lain, ditangkap, hingga dideportasi.

  • Membayar Denda

Salah satu konsekuensi yang dikenakan kepada warga negara asing apabila tinggal di luar negeri melewati batas waktu yang tertera pada visa masing-masing adalah pengenaan denda. Besaran denda ditentukan berdasarkan peraturan yang berlaku.

 

Baca Juga: Indonesia Passport, Ini Cara Mengajukannya untuk Pekerja Migran

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tidak overstay di luar negeri. Apapun kepentingan Anda di luar negeri, pastikan untuk mematuhi peraturan yang berlaku terkait dokumen keimigrasian dan lamanya menetap, ya!

Apakah Anda tertarik dan berencana bekerja di Malaysia? Untuk mempersiapkannya, Qelola bisa menjadi teman yang akan memberikan banyak informasi terkait dunia ketenagakerjaan, tips keuangan, dan kehidupan di Malaysia.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Qelola yang menyediakan fitur lengkap pembayaran untuk TKI di Malaysia. Urusan pembayaran dan pengiriman uang ke Indonesia pun jadi mudah dengan download Qelola sekarang di sini.

Tags: , , , , , , , , , , , ,