Naik Pesawat Juga Ada Etikanya, Pemula Perlu Paham!

Naik Pesawat

Naik pesawat menjadi pilihan transportasi ketika seseorang akan pergi ke lokasi lain terutama antarnegara. Jika sudah terbiasa, tentu penumpang sudah paham berbagai etika tidak tertulis ketika naik pesawat. Meski tidak diwajibkan dan tidak ada aturan jelas, etika tersebut membuat nyaman semua pihak.

Para penumpang pemula biasanya belum memahami etika tidak tertulis saat naik pesawat. Padahal, jika penumpang pesawat tidak beretika bisa saja menjadi terasa mengganggu satu sama lain. Bayangkan saja jika perjalanan jauh dan perlu terbang 8 jam tetapi terasa tidak nyaman. Tentu kamu bisa merasa marah dan sebal, bukan? Nah, sebaiknya pahami berbagai etika naik pesawat tidak tertulisa berikut ini.

1. Antri dengan Tertib

airport g86489d6c9 1280 700x466 - Naik Pesawat Juga Ada Etikanya, Pemula Perlu Paham!

Sumber: pixabay.com

Etika tidak tertulis terkait penerbangan dimulai sejak kamu berada di bandara. Kamu perlu mengantri dengan tertib untuk segala urusan terkait penerbangan. Jika dalam keadaan mendesak dan terlambat, kamu sebaiknya tetap tidak memotong antrian masuk yang ada. Cobalah hubungi staf atau petugas bandara yang berjaga dan jelaskan kondisimu. Dengan begitu, kamu bisa didahulukan masuk tanpa perlu memotong antrian secara tidak sopan.

2. Menyiapkan Dokumen yang Diperlukan

travel g099d3d48e 640 - Naik Pesawat Juga Ada Etikanya, Pemula Perlu Paham!

Sumber: pixabay.com

Bersikap efisien dan efektif akan sangat membantu banyak pihak ketika kamu berada di bandara atau saat sudah naik pesawat. Salah satu hal tidak etis yang seringkali dilakukan pemula yaitu tidak menyiapkan dokumen yang dibutuhkan saat berada di bandara. Akibatnya, butuh waktu yang terkadang cukup lama hanya untuk sekadar mencari paspor atau boarding pass.

Untuk itu, pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan hal yang dibutuhkan saat akan check in. Saat ini semua hal dipermudah dengan adanya layanan online, penggunaan aplikasi, serta dokumen digital. Manfaatkan sebaik mungkin kemudahan yang ditawarkan tersebut. Kamu bisa check in lebih awal lewat aplikasi atau menyiapkan e-passpor sehingga lebih mudah dan cepat.

3. Memahami Aturan Membawa Barang di Kabin

luggage g0a8277bfb 1280 700x466 - Naik Pesawat Juga Ada Etikanya, Pemula Perlu Paham!

Sumber: pixabay.com

Aturan tidak tertulis selanjutnya yang perlu dipahami yaitu terkait barang bawaan. Beberapa orang yang baru melakukan penerbangan pertama kali sering terkejut bahwa ada biaya tambahan jika berat barang di bagasi melebihi batas maksimal. Seringkali solusi yang digunakan bukan membayar tambahan bagasi namun membawa barang berlebihan ke dalam kabin.

Hal tersebut sangat tidak etis dan membuat penumpang lain kurang nyaman. Bayangkan jika kamu memaksakan diri membawa koper besar ke kabin kemudian memakan banyak tempat penyimpanan yang seharusnya bisa digunakan bersama. Tentu hal itu bisa membuat penumpang lain jengkel. Untuk itu, pastikan membawa barang penting dan secukupnya ke kabin, ya!

4. Berhati-hati Ketika Duduk

flight g3eb32f34e 1280 700x466 - Naik Pesawat Juga Ada Etikanya, Pemula Perlu Paham!

Sumber: pixabay.com

Setelah berada di dalam pesawat dan duduk, kamu tetap perlu menjaga etika dan tidak boleh sembarangan. Beberapa hal terkait etika duduk saat naik pesawat juga perlu diketahui. Hal ini bertujuan untuk saling menjaga rasa nyaman antarpenumpang selama penerbangan berlangsung. Pertama, pastikan kamu tidak menendang kursi di depanmu. Bagi para penumpang pemula, biasanya akan merasa panik sehingga seringkali menghentakkan kaki dengan menendang kursi di depannya. Hal tersebut tidak etis sebab bisa terasa sangat menggangu.

Selain itu, sebaiknya kamu tidak sembarangan merebahkan kursi berlebihan sebab bisa membuat penumpang di belakangmu persis terhimpit serta merasa kurang nyaman. Ketiga, jika kamu duduk berdampingan dengan orang lain, pastikan tidak menyender atau menempelkan tubuhmu meski kamu merasa panik saat terbang. Hal tersebut sangat tidak sopan untuk dilakukan.

5. Bersikap Sopan pada Kru Pesawat

Etika terakhir yang perlu diterapkan saat naik pesawat yaitu cara bersikap terhadap para kru terutama pramugari dan pramugara yang bertugas. Mereka akan berkeliling untuk mengecek penumpang dan sering menanyakan kebutuhanmu selama penerbangan. Jika butuh bantuan, pastikan kamu bicara dengan sopan.

Gunakan magic word berupa kata tolong, maaf, dan terima kasih saat berbincang dengan kru pesawat atau penumpang lain. Dengan begitu mereka akan merasa lebih dihargai. Selain itu, jika ada hal yang kurang nyaman atau ingin mengajukan komplain, lakukan dengan tenang. Hindari berteriak atau marah-marah menggunakan nada kesal sebab malah akan semakin memperkeruh suasana.

 

Pastikan untuk menerapkan etika di atas jika tidak ingin dianggap sebagai penumpang arogan. Etika tidak tertulis tersebut juga membantu memperlancar proses penerbangan sejak di bandara sebelum naik hingga berada dalam pesawat. Apabila ada hal yang tidak kamu pahami selama penerbangan, bertanyalah pada kru dan tidak berinisiatif sendiri.

Bagi kamu yang berlibur ke Malaysia dengan transportasi pesawat, etika tersebut juga sebaiknya diterapkan. Selama di Malaysia, permudah diri dengan menggunakan aplikasi Qelola. Kamu bisa kirim uang ke Indonesia tanpa tambahan biaya menggunakan aplikasi ini. Selain itu, pembayaran tagihan serperti BPJS, PDAM, listrik, dan lain sebagainya juga bisa dilakukan. Unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store segera dan nikmati berbagai manfaatnya!

Tags: , , , , , , , , , , , , ,