Barang Bawaan ‘Terlarang’ untuk Masuk ke Bagasi Pesawat

Bagasi Pesawat

Berwisata ke luar negeri tidak akan lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk orang terdekat bukan? Oleh-oleh akan selalu masuk daftar belanja setiap perjalanan yang dilakukan. Namun demikian, ketika menaiki pesawat dan memasukkan barang ke bagasi pesawat, terdapat beberapa barang yang tidak boleh dibawa lho. Selain karena merupakan barang terlarang, barang-barang ini juga berpotensi menimbulkan masalah untuk penumpang lainnya.

Mungkin daftar barang-barang yang disebutkan di bawah ini juga bisa menjadi persiapan agar Anda tidak membawa barang tersebut. Jika nekat membawa, maka barang ini akan disita dan mungkin saja Anda akan diproses secara hukum. Agenda liburan jadi tidak menyenangkan bukan? Agar agenda liburan tetap berjalan menyenangkan dan seru, mari lihat beberapa barang yang tidak boleh dibawa ketika menaiki pesawat.

Benda Tajam dan Berbahaya

Untitled design1006 - Barang Bawaan ‘Terlarang’ untuk Masuk ke Bagasi Pesawat

Sebenarnya untuk benda tajam masih bisa dibawa dalam perjalanan, namun harus masuk ke bagasi. Namun jika Anda berniat membawanya masuk ke kabin, mungkin saja Anda akan bermasalah dengan pihak penerbangan atau petugas yang ada di bandara. Cukup sederhana, alasannya adalah benda seperti ini bisa membahayakan penumpang lain dan berpotensi digunakan untuk mengancam orang lain.

Ketika memang Anda ingin membawa oleh-oleh yang bersifat benda tajam, ada baiknya Anda menggunakan jasa pengiriman saja. Selain lebih hemat biaya bagasi, barang yang Anda jadikan oleh-olah juga tak akan bermasalah dengan pihak penerbangan penumpang yang Anda gunakan. Win-win solution bukan?

Benda atau Bahan Peledak Dilarang Masuk Bagasi Pesawat

Well, mungkin sangat mudah dipahami mengapa bahan peledak tidak boleh masuk ke bagasi pesawat. Sebabnya tentu karena dapat membahayakan penerbangan secara keseluruhan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada bahan-bahan seperti ini. Lagipula memangnya siapa yang ingin bepergian membawa bahan peledak?

Mungkin memang terdengar tidak masuk akal dan tak akan ada yang membawanya, namun peraturan ini tentu dibuat atas dasar yang jelas. Utamanya adalah untuk meningkatkan keamanan penerbangan. Maka tak heran jika sebelum masuk ke pesawat Anda akan diperiksa beberapa kali untuk memastikan tidak ada barang terlarang yang dibawa.

Senjata Api

Untitled design1005 - Barang Bawaan ‘Terlarang’ untuk Masuk ke Bagasi Pesawat

Tentu saja senjata api masuk dalam daftar yang tidak boleh dibawa dalam penerbangan komersial di seluruh dunia. Senjata api dapat menjadi alat untuk mengancam dan membajak pesawat, sehingga sangat berbahaya jika dibiarkan masuk ke dalam kabin penumpang.

Namun bagaimana jika Anda adalah seorang petugas resmi yang memang memiliki izin membawa senjata api? Tenang, Anda tinggal melaporkannya ke pihak bandara, dan ada mekanisme tertentu yang bisa digunakan. Nantinya senjata api yang Anda miliki akan disimpan oleh petugas dalam safe box dan akan diberikan lagi kepada Anda ketika pesawat sudah mendarat di tujuan.

Perangkat dengan Baterai Lithium

Sempat hangat kabar bahwa pernah terjadi ledakan di dalam kabin akibat masuknya perangkat power bank ke dalam kabin suatu penerbangan. Mulai saat itu, perangkat dengan baterai lithium berkapasitas tertentu kemudian dilarang masuk ke dalam kabin. Tekanan yang cukup tinggi pada kabin ketika terbang ternyata bisa menyebabkan bahan ini bereaksi dan menjadi eksplosif sifatnya.

Perangkat yang juga termasuk dalam daftar tersebut selain power bank adalah solowheel, hoverboard, dan sejenisnya. Ada baiknya jika perlu perangkat seperti itu, Anda bisa menyewa di negara tujuan wisata atau membelinya ketika nanti sampai di negara asal. Demi keamanan, semua harus ditaati dan dipatuhi bukan?

Produk-Produk yang Berasal dari Hewan

Untitled design1004 - Barang Bawaan ‘Terlarang’ untuk Masuk ke Bagasi Pesawat

Anda juga tidak bisa membawa barang ke dalam bagasi pesawat atau ke dalam kabin jika barang tersebut merupakan bahan mentah yang berasal dari hewan. Mengapa demikian? Sebab bahan makanan yang masih mentah dan berasal dari hewan memiliki resiko menyebarkan bakteri patogen yang dapat menginfeksi penumpang pesawat.

Terlebih dalam kondisi seperti sekarang ini, pengawasan terhadap barang bawaan tentu akan semakin ketat. Tidak ada salahnya melakukan pengiriman terpisah pada barang-barang seperti ini jika memang harus dibawa ke negeri asal. Sedikit biaya tambahan demi keamanan seluruh penumpang, harga yang cukup sepadan bukan?

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Bandara Malaysia Tersibuk dan Modern

Memilah barang bawaan dan oleh-oleh yang dibawa ketika melakukan penerbangan mungkin sudah jadi satu rutinitas untuk Anda yang sering berwisata ke luar negeri. Masih ada beberapa hal yang sebenarnya juga tidak boleh dibawa, seperti misalnya korek api yang dapat menimbulkan resiko ledakan di dalam kabin akibat tekanan yang meningkat.

Meski demikian tidak berarti Anda harus mengurungkan niat untuk berlibur ke luar negeri. Asal barang yang Anda bawa di bagasi pesawat sesuai dengan aturan, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan. Tentu saja, jika ingin liburan Anda lebih maksimal, Anda juga harus membereskan urusan pembayaran tagihan rutin bulanan seperti listrik, PDAM, dan BPJS. Gunakan layanan Qelola untuk hal ini. Dengan biaya administrasi yang rendah serta proses yang mudah, liburan Anda dijamin menjadi lebih seru. Unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,