Pengertian dan Fungsi Sistem Kerja Dalam Aktivitas Kerja Sehari-hari

sistem kerja

Sistem kerja adalah rangkaian tata kerja dan prosedur kerja dalam melaksanakan suatu bidang pekerjaan. Setiap orang memiliki peranannya masing-masing yang ditentukan pula oleh sebuah sistem kerja. Sistem kerja diperlukan dalam suatu tempat usaha, perkantoran, maupun perusahaan sehingga bisa terbentuk pola kerja dalam aktivitas sehari-hari.

Kenapa Diperlukan?

Manajemen kerja yang baik dapat menopang bisnis agar bisa bertumbuh dan berkembang. Sehingga tujuan perusahaan bisa terlaksana dengan baik, meminimalisir masalah kerja baik pimpinan maupun para karyawan yang terlibat. Faktanya, tidak semua perusahaan dapat melakukannya dengan optimal sehingga bermunculan masalah di antara para karyawan. Bagaimanapun sistem atau manajemen kerja tetap diperlukan dalam menjalankan suatu bisnis baik kecil maupun berskala besar.

Orang-orang perlu mengerti tentang pedoman kerja yang berlaku sehingga tidak bekerja semaunya sendiri. Aturan tidak hanya dipatuhi oleh para karyawan saja melainkan para pimpinan bahkan pemiliknya. Semua ini demi menjalankan pekerjaan, sesuai sasaran, dan target. Ada bagian-bagian dasar yang perlu dipahami pemberi kerja dan penerima kerja berikut ini:

  • Tata Kerja

Merupakan cara melaksanakan kerja agar efektif dan efisien mengenai suatu pekerjaan dengan mempertimbangkan tujuan, tenaga kerja, waktu, fasilitas yang tersedia dan lainnya (aturan kerja).

  • Prosedur Kerja

Merupakan rangkaian tata kerja yang saling berhubungan sehingga menunjukkan adanya tahapan yang harus dikerjakan dalam rangka menyelesaikan suatu pekerjaan (tahapan kerja).

  • Sistem Kerja

Merupakan rangkaian tata kerja dan prosedur kerja yang membentuk satu kebulatan pola dalam melaksanakan suatu pekerjaan (pola keseluruhan).

manajemen kerja 700x441 - Pengertian dan Fungsi Sistem Kerja Dalam Aktivitas Kerja Sehari-hari

Sumber: Pixabay/mohamed Hassan

Lingkungan kerja dengan manajemen kerja yang bagus dapat menciptakan serta menjaga kebiasaan kerja yang baik pula. Lingkungan kerja harus memicu sifat kompetitif dan kolaborasif yang seimbang. Jika komunikasi bagus dijalankan maka suatu sistem dapat berjalan lancar dan minim masalah.

Bekerja juga tidak hanya sendirian karena ada tim kerja. Sehingga kerjasama tim (team building) harus terus dibangun. Karyawan hingga atasan yang kompak dapat menunjang produktivitas. Jika lingkungan kerja terlalu kompetitif dapat membuat karyawan memiliki banyak celah untuk menang sendiri, menjatuhkan karyawan lainnya. Hal ini dapat membuat karyawan lainnya cenderung tidak betah bekerja dan ingin resign.

Manfaat Sistem Kerja

  1. Tata kerja, prosedur, serta sistem kerja merupakan penjabaran dari tujuan, sasaran, program kerja dan lainnya ke dalam kegiatan-kegiatan pelaksanaan yang nyata. Atasan hingga bawahan pun melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan bagiannya termasuk mematuhi aturan yang ada.
  2. Adanya sebuah sistem mulai dari tata kerja dan prosedur yang diberlakukan dapat membantu pengendalian kerja dengan baik.
  3. Sebuah sistem yang diterapkan di tempat kerja menjadi pedoman kerja bagi semua orang yang terlibat di dalamnya tanpa terkecuali. Hal berlaku mulai dari atasan hingga para pekerja termasuk satpam maupun cleaning service.
  4. Aturan berguna dalam menyeragamkan kinerja para karyawan, serta memastikan hasil kerja tetap efektif meskipun menggunakan biaya sekecil mungkin.

Asas-Asas Penyusunan Tata Kerja, Prosedur Kerja dan Sistem Kerja

  • Harus disusun sistematis, rapi dan teratur. Ada dokumen yang dikenal dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Dokumen ini mencantumkan prosedur untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
  • Dapat dilakukan peninjauan, evaluasi, apakah benar-benar baik atau belum baik. Pasalnya, suatu sistem bisa saja cocok untuk kondisi dan waktu tertentu tetapi belum tentu akan selamanya. Pasti ada perubahan yang terjadi dan mempengaruhi relevansi sistem kerja. Aturan hingga sistem bisa direvisi jika ada yang kurang dan disesuaikan dengan keadaan sehingga bisa menjadi sesuatu yang lebih cocok dan baik bagi semua pihak.
  • Sistem harus sejalan dengan kebijaksanaan yang sudah digariskan oleh pimpinan. Manjemen kerja termasuk SOP itu berlaku untuk semua pihak
  • Aturan maupun sistem harus bisa mendorong pelaksanaan pekerjaan sehingga efektif dan efisien. Hal ini demi menekan biaya dan bisa mendapatkan keuntungan tinggi
  • Sistem atau pedoman perlu diberitahukan kepada semua pihak yang bersangkutan sehingga bisa diketahui dan dipahami bersama.
prosedur kerja 700x466 - Pengertian dan Fungsi Sistem Kerja Dalam Aktivitas Kerja Sehari-hari

Sumber: Pixabay/Gerd Altmann

Sistem yang Efektif

Penting pula untuk diketahui, pimpinan wajib menerapkan prinsip koordinasi di tempat kerja. Pimpinan memberikan petunjuk, instruksi, arahan kepada bawahan agar bekerja mengikuti prosedur kerja yang telah ditetapkan. Sementara itu, bawahan wajib menyampaikan laporan kepada atasannya masing-masing. Laporan yang dimaksud adalah pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan SOP yang berlaku. Atasan dan bawahan tentunya saling berkesinambungan sehingga penting dilakukan koordinasi.

Perusahaan dapat menjalankan dan mengembangkan bisnisnya dengan membuat sistem kerja yang baik dan efektif. Tentu saja perusahaan juga perlu menjalankannya dengan konsisten dan terus menerus. Bukan hanya berdampak pada perusahaan, saat kamu menjadi karyawan atau bagian dari perusahaan tersebut juga turut mengalami perkembangan kemampuan individu. Misalnya dapat merasakan tim kerja yang solid, dapat menyelesaikan berbagai masalah, memberikan ide, hingga turut melakukan inovasi.

Sementara itu, para karyawan yang sudah mendapatkan gaji setelah bekerja dalam waktu tertentu juga perlu mengelola keuangannya. Karyawan dapat menggunakan aplikasi Qelola untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia dengan mudah dan murah. Tak hanya transfer uang, aplikasi Qelola juga dapat digunakan untuk bayar tagihan listrik, air, BPJS, hingga beli pulsa. Unduh aplikasi Qelola di Play Store atau klik di sini. Nikmati berbagai fitur yang tersedia di Qelola dan kemudahan transaksi langsung dari handphone saja.

Tags: , , , , , ,