Klinik Kesihatan Malaysia Layani Tes Covid-19

medakit ltd yYhZuITR9Go unsplash - Klinik Kesihatan Malaysia Layani Tes Covid-19

Klinik Kesihatan merupakan pusat-pusat kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas namun berada di Malaysia. Jika di Indonesia terbiasanya menyebut kata kesehatan, di Malaysia masyarakatnya menggunakan kata kesihatan. Tidak terlalu berbeda dalam pengucapan dan penulisannya, bukan? Jadi kamu tidak perlu bingung jika sedang berada di Malaysia dan butuh berkunjung ke klinik kesihatan.

Kesehatan kini menjadi concern semua pihak terutama semenjak pandemi Covid-19 terjadi. Malaysia termasuk salah satu negara dengan mendapat dampak pandemi yang cukup besar. Hingga saat ini, berbagai upaya masih tetap dilakukan untuk memberantas Covid-19 dari Malaysia. Salah satunya dengan adanya disediakan layanan tes Covid-19 di berbagai klinik kesihatan. Berikut ini berbagai hal lain terkait Covid-19 di Malaysia yang sebaiknya kamu ketahui.

Keadaan terbaru di Malaysia dalam tangani Covid-19

taylor brandon jYI7L4zLFkM unsplash 700x467 - Klinik Kesihatan Malaysia Layani Tes Covid-19

Sumber: unsplash.com

Malaysia mengalami lonjakan kasus Covid-19 khususnya untuk rentang usia 0-18 tahun. Pada 2020 tercatat 12.000 orang berusia di bawah 18 tahun yang terinveksi. Sementara di tahun 2021, jumlahnya meningkat tajam bahkan ada lebih dari 400.000 orang berusia di bawah 18 tahun yang terinveksi. Jumlah kematiannya ada 67 orang, lebih tinggi dibanding 2020 yang hanya 6 saja.

Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin, menyampaikan bahwa negara bertanggung jawab untuk melindungi anak-anak dari terpaan virus Covid-19 yang saat ini sedang menjadi pandemi global. Salah satu caranya yaitu dengan memastikan lingkungan tinggal aman, mengambil tindakan pencegahan, serta memberi perlindungan yang tepat guna. Meski begitu, keseluruhan kasus Covid-19 secara kurva laporan mulai melandai di Malaysia. Kini, pemerintah fokus untuk menangani penyebaran Covid-19 pada anak-anak di bawah 18 tahun.

Vaksinasi Covid-19 di Malaysia

vaccination ge553bd992 1280 700x466 - Klinik Kesihatan Malaysia Layani Tes Covid-19

Sumber: pixabay.com

Malaysia melakukan vaksinasi sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19. Hingga saat ini sudah lebih dari 80% orang dewasa (di atas usia 18 tahun) yang mendapatkan vaksinasi di Malaysia. Mengingat sudah hampir mencapai 100% untuk dewasa, pemerintah mulai fokus pada usia di bawah 18 tahun. Sejak 20 September 2021, Malaysia mulai memberikan vaksin bersyarat pada anak usia 12-18 tahun. Vaksin yang digunakan merupakan jenis Sinovac.

Peraturan bersosial ‘new normal’ di Malaysia

galen crout Qh3KXz6DnZc unsplash 700x525 - Klinik Kesihatan Malaysia Layani Tes Covid-19

Sumber: unsplash.com

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir 2 tahun lamanya dan belum bisa diberantas habis. Aktivitas pun mau tidak mau mulai berjalan lagi sebab tidak mungkin dihentikan terlalu lama. Keadaan sekarang ini disebut sebagai ‘new normal’ atau masa normal yang baru. Semua orang perlu beradaptasi untuk hidup berdampingan dengan virus sembari menunggu penanganan berhasil 100%.

Mengikuti hal tersebut, kini aturan ketat terkait perjalanan dan kegiatan di Malaysia pun diperlonggar. Terdapat 4 hal yang dilonggarkan, dengan syarat orang tersebut sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara lengkap. Beberapa hal tersebut, yaitu:

  • Penduduk di Malaysia boleh bepergian ke luar rumah jika sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Ketentuannya adalah setelah hari ke-14 suntikan diberikan, seseorang boleh keluar rumah. Meski begitu, himbauan protokol kesehatan tetap harus dijalankan seperti mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menggunakan masker, dan berjaga jarak dengan orang lain.
  • Penduduk negara bagian Malaysia dengan status fade dua boleh bepergian lintas wilayah. Hal itu mempermudah pasangan jarak jauh atau orang tua yang ingin menengok anaknya lintas negara bagian.
  • WNA atau warga Malaysia yang baru pulang dari luar negeri sudah diperbolehkan menjalani karantina mandiri di rumah.
  • Rumah ibadah sudah boleh beroperasi seperti sebelumnya, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, makan di restoran dan kegiatan olahraga non-kontak fisik juga sudah diperbolehkan.

Daftar klinik kasihatan yang layani tes Covid-19

test tube g78bda068b 1280 700x467 - Klinik Kesihatan Malaysia Layani Tes Covid-19

Sumber: pixabay.com

Untuk mengetahui secara pasti seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak, perlu dilakukan tes antigen dan PCR. Kini kamu bisa melakukannya di berbagai klinik kasihatan yang tersebar di seluruh penjuru Malaysia, terutama di pusat kota Kuala Lumpur dan daerah sekitarnya. Berikut ini beberapa daftar klinik yang bisa kamu kunjungi untuk tes Covid-19.

  • Daerah Persekutuan Kuala Lumpur: Pejabat Kesihatan, drive through di Cheras, KK Jinjang di Kepong, PLAN Msia di Lembah Pantai, KK Kuala Lumpur di Titiwangsa.
  • Melaka: KK Tengkera, KK Seri Tanjung, KK Ayer Keroh, KK Kuala Sg Baru, KK Masjid Tanah ada di Melaka Tengah. KK Rembia, KK Durian Tunggal, KK Alor Gajah ada di Alor Gajah. KK Merlimau, KK Simpang Bekoh ada di Jasin.
  • Johor: KK Payamas, KK Sg Mati ada di Tangkak. KK Wad B Hospital Permai di Johor Bahru. KK Pekan Nanas di Pontian. KK Kulai Besar, KK Kulai ada di Kulai.

 

Selama berada di Malaysia, klinik kesihatan yang ada di daftar tersebut bisa kamu datangi jika membutuhka layanan tes Covid-19. Agar terhindari dari Covid-19, kamu bisa mengupayakan beberapa pencegahan. Selalu memakai masker saat di luar ruangan, berjarak 1 meter dengan orang lain, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta hindari keramaian.

Kini kamu juga tidak perlu datang ke bank untuk kirim uang sehingga lebih aman dari Covid-19. Kamu bisa mengirim uang ke Indonesia dari Malaysia tanpa tambahan biaya dengan aplikasi Qelola. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk bayar BPJS, listrik, isi pulsa, dan lain sebagainya. Yuk, unduh aplikasi Qelola di Google Play Store sekarang juga secara gratis!

Tags: , , , , , , , , , , , , ,