5 Peluang Kerja Part Time di Rumah untuk TKI di Luar Negeri

upah lembur

Banyak Warga Negara Indonesia yang memutuskan untuk bekerja di luar negeri karena alasan gaji tinggi. Umumnya, hal itu dilakukan guna memperbaiki ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan diri sendiri juga keluarga. Walaupun dengan menjadi Tenaga Kerja Indonesia di negeri orang kamu sudah bisa mengumpulkan banyak uang, namun tidak ada salahnya jika ingin melakukan kerja part time di rumah jika menemukan peluang.

Ada beberapa ide bisnis sampingan untuk TKI yang bisa dilakukan sembari tetap bisa menunaikan kewajiban utama. Jika kamu pandai memanfaatkan kesempatan dan bisa mengatur kerja part time tanpa mengganggu pekerjaan inti, tidak ada salahnya untuk mencoba. Selain bisa menambah rekening tabungan, hasil yang kamu dapatkan juga bisa menjadi dana darurat yang bermanfaat. Jika tertarik, yuk simak informasi tentang kerja part time di rumah yang bisa kamu jalankan selama menjadi TKI berikut ini.

  • Menjadi Reseller atau Dropshipper

qelola 7 2 - 5 Peluang Kerja Part Time di Rumah untuk TKI di Luar Negeri

Sumber: freepik

Peluang kerja part time di rumah untuk TKI yang cukup mudah untuk dilakukan adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper. Ada beberapa alasan kenapa ide bisnis ini menarik untuk dijalani. Pertama, kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk wholesale/ belanja barang dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. Kedua, saat ini banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan barang dagangan yang kamu jual secara online seperti media sosial dan marketplace.

Jadi bermodalkan sambungan internet, kamu hanya perlu menawarkan barang dagangan dari distributor di media sosial atau berbagai marketplace tersebut. Jika ada orderan, kamu hanya perlu membelanjakan atau meneruskannya ke pihak grosir barang. Jika menjadi dropshipper, kamu bahkan tidak perlu repot-repot untuk packing dan mengirim barang ke ekspedisi karena hal tersebut akan ditangani oleh pemasok barang.

  • Jasa Titip/ Jastip Produk Luar Negeri

jastip - 5 Peluang Kerja Part Time di Rumah untuk TKI di Luar Negeri

Sumber: freepik

Masih erat kaitannya dengan bisnis online, membuka usaha jasa titip barang atau jastip bisa jadi ide kerja part time menarik lainnya. Karena kamu berada di luar negeri, menjual produk-produk mancanegara yang tidak ada di Indonesia tentunya akan menarik banyak konsumen. Bisnis yang satu ini juga minim modal karena kamu tidak perlu menyetok barang terlebih dulu.

Cukup dengan posting foto barang-barang jualan di media sosial atau akun marketplace, maka bisnis ini sudah bisa berjalan. Jika ada yang tertarik membeli, kamu tinggal membelanjakan barang yang diinginkan dengan uang pembayaran dari konsumen.

  • Menjual Makanan Khas

pretzels chips crackers popcorn bowls 700x467 - 5 Peluang Kerja Part Time di Rumah untuk TKI di Luar Negeri

Sumber: freepik oleh @azerbaijan-stockers

Jika diperhatikan bisnis makanan selalu memiliki peluang yang menjanjikan. Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menjual makanan khas. Kamu bisa memilih untuk menjual makanan khas negara tempat kamu bekerja untuk dijual di Indonesia, atau menjual makanan khas Indonesia ke orang-orang di negara kamu berada sekarang. Jika memungkinkan kamu bahkan bisa menjalankan kedua-duanya lho!

Baca juga: 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia untuk TKI di Malaysia

  • Membuka Les Bahasa Indonesia

belajar online 700x467 - 5 Peluang Kerja Part Time di Rumah untuk TKI di Luar Negeri

Sumber: pexels

Menjadi orang asing di negeri orang ternyata juga bisa mendatangkan peluang kerja part time yang tidak pernah kamu duga sebelumnya. Membuka les privat Bahasa Indonesia bisa jadi ide menarik yang mungkin akan dibutuhkan di negara tempat kamu bekerja. Kamu bisa mencari peluang tersebut di internet atau berbagai lowongan kerja di situs online di negara tersebut.

Cara lainnya, kamu juga bisa berinisiatif untuk menawarkan jasa les Bahasa Indonesia ke orang-orang terdekat atau dengan memasang iklan di situs-situs lowongan kerja yang ada di internet. Jika beruntung, upah yang didapat pastinya cukup menggiurkan karena kamu akan dibayar dengan standar upah luar negeri.

  • Menawarkan Keterampilan yang Dimiliki

qelola kerja sampingan tki - 5 Peluang Kerja Part Time di Rumah untuk TKI di Luar Negeri

Sumber: unsplash oleh Kris Atomic

Jika kamu punya keterampilan atau skill yang bisa menghasilkan tambahan cuan, tidak ada salahnya untuk ditekuni. Misalnya saja keterampilan menjahit, menggambar, membuat kerajinan, berbahasa asing, dan lain-lain. Kamu bisa mencari peluang tersebut melalui informasi yang tersedia di internet. Memaksimalkan potensi diri yang dimiliki bisa membantu untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan kerja part time di rumah.

Baca juga: Ingin Mengisi Waktu Luang Setelah Bekerja? Coba Lakukan Kegiatan Ini

Beberapa ide kerja part time di rumah yang telah terangkum di atas semoga bisa jadi inspirasi bagi kamu yang ingin mendapatkan pendapatan lebih. Mulai dari bisnis online, jastip, menjadi reseller atau dropshipper, tutor Bahasa Indonesia, dan menjual skill yang dimiliki adalah opsi yang cukup menjanjikan. Selain pandai memanfaatkan peluang di negeri orang, kamu juga harus bisa mengatur keuangan dengan baik. Salah satu cara untuk bisa melakukannya adalah dengan menginstal aplikasi Qelola.

Qelola merupakan aplikasi keuangan online yang punya banyak fitur-fitur menarik di dalamnya. Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , , ,