8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia untuk TKI di Malaysia

bisnis makanan ringan

Bisnis makanan ringan selalu menjadi ladang yang gurih untuk menambah pundi-pundi rupiah. Selain disukai banyak orang, inovasi bisnis makanan ringan tidak pernah ada habisnya. Selalu ada jenis makanan baru yang berhasil menarik minat orang untuk membelinya. Apalagi jika dijual di tempat lain, tentunya makanan ringan khas daerah atau negara tertentu tersebut akan membuat orang penasaran untuk mencoba.

Menariknya, jualan makanan ringan juga tidak membutuhkan modal yang fantastis. Jika kamu saat ini sedang bekerja di Malaysia dan ingin mencoba peruntungan bisnis makanan ringan, beberapa ide bisnis makanan ringan di bawah ini bisa jadi pertimbangan.

  • Bakso

bakso alex solo - 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia untuk TKI di Malaysia

Sumber: freepik

Bakso adalah makanan yang disukai hampir semua kalangan. Menjadikan bakso sebagai ide bisnis makanan ringan di negeri orang juga bisa menjadi hal yang bisa kamu coba. Jika ingin lebih hemat, kamu bisa menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Selain itu, kuah bakso merupakan komponen penting lain yang akan membuat orang menikmati hidangan tersebut. Apalagi jika ditambah dengan sambal yang menggelegar, pastinya bisnis bakso kamu akan semakin diminati.

  • Jamur Crispy

Resep Jamur Krispy Kekinian Renyah Enak dan Keriting 700x394 - 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia untuk TKI di Malaysia

Sumber: pinterest

Jamur merupakan bahan makanan yang saat ini menjadi favorit banyak orang. Tak hanya untuk tumisan saja, jamur juga bisa diolah menjadi camilan enak seperti jamur crispy. Umumnya, jenis jamur yang dipakai adalah jamur tiram yang berwarna putih. Kunci sukses membuat camilan jamur crispy yang lezat terletak pada adonan krispi yang menyelimuti jamur tersebut. Jamur crispy akan terasa nikmat jika teksturnya renyah dan bumbunya pas.

Agar tidak monoton, kamu bisa memberi bumbu-bumbu tambahan pada jamur crispy tersebut. Misalnya saja bumbu keju, balado, barbeque, jagung bakar, pedas, rumput laut, dan lain-lainnya. Di beberapa tempat makan di Indonesia, makanan ini juga menjadi menu andalan yang laris terjual

  • Makaroni Kering

hermes rivera zQNyuNLYV6c unsplash - 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia untuk TKI di Malaysia

Sumber: unsplash oleh Hermes Rivera

Kalau di Indonesia sendiri, makaroni kering menjadi camilan yang sempat viral dan banyak diburu oleh banyak orang. Peluang tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menjualnya di Malaysia.  Biasanya yang membuat makaroni itu terasa istimewa adalah bumbu-bumbu yang ditaburkan ke dalam makaroni tersebut. Bumbu yang menjadi favorit di antaranya adalah keju, asin, pedas, balado, dan barbeque

  • Seblak

pranav kumar jain WZPMQwegm0k unsplash - 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia untuk TKI di Malaysia

Sumber: unsplash oleh Pranav Kumar Jain

Makanan dengan citarasa pedas biasanya memang banyak menarik minat pembeli. Salah satu camilan ringan Indonesia dengan rasa pedas yang punya potensi laris untuk dijual adalah seblak. Makanan Sunda yang terdiri dari kerupuk rebus, bakso, makaroni dan mie yang disiram dengan kuah pedas ini bisa kamu coba jual di Malaysia. Bahkan saat ini sudah terdapat seblak dengan kemasan instan. Jadi, masa kadaluarsa makanan juga lebih lama karena tersedia dalam bentuk kering. Cara memasaknya pun sangat mudah, sama seperti saat memasak mie instan.

  • Cireng

Cireng Khas Jawa Barat - 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia untuk TKI di Malaysia

Sumber: pinterest

Ingin punya bisnis makanan ringan yang anti ribet? Kamu bisa coba untuk jualan cireng. Camilan enak khas Sunda tersebut terbuat dari bahan yang murah dan mudah ditemukan seperti tepung tapioka dan daun bawang. Selain itu, proses pembuatannya juga tidak sulit. Citarasa cireng yang gurih dengan tekstur kenyal di dalam krispi diluar akan membuat konsumen ketagihan. Apalagi jika terdapat variasi isian atau rasa, pastinya cireng buatanmu akan laris manis diborong pembeli.

Baca juga: Menarik! 5 Bisnis Sampingan Ini Bikin TKI di Luar Negeri Tambah Kaya

  • Keripik

thin golden background fat pile 700x476 - 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia untuk TKI di Malaysia

Sumber: freepik oleh topntp26

Ada banyak jenis keripik yang bisa kamu coba olah sebagai ide bisnis makanan ringan di negeri orang. Keripik singkong, keripik kentang, keripik kacang, atau keripik buah-buahan bisa jadi pilihannya. Selain menentukan bahan dasarnya kamu juga bisa memberi tambahan bumbu untuk memperkaya rasa. Selain mudah dibuat dan bahannya murah, keripik biasanya juga tahan lama dan tidak cepat basi.

  • Telur Gulung

telur gulung - 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia untuk TKI di Malaysia

Sumber: pinterest

Telur gulung bisa jadi ide bisnis camilan enak yang paling simpel untuk dibuat. Hanya bermodalkan telur dan minyak, kamu sudah bisa menggelar lapak. Mudah, murah, dan enak adalah cara menggambarkan telur gulung tersebut. Menu makanan ini tak hanya disukai anak-anak saja tapi juga orang dewasa. Jika kamu ingin berinovasi bisa menambahkan isian sosis, keju, atau daging di dalam gulungan telur gulung tersebut.

  • Gorengan

frying cheese ball 700x525 - 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia untuk TKI di Malaysia

Sumber: freepik oleh jcomp

Gorengan adalah makanan sejuta umat yang digemari oleh siapa saja. Di Indonesia sendiri aneka gorengan yang banyak diburu meliputi tempe mendoan, tahu goreng, pisang goreng, dan bakwan. Nah, kamu juga bisa mencoba untuk jualan camilan tersebut di Malaysia. Gorengan akan lebih enak jika disantap dengan cabe rawit hijau yang super pedas.

Baca juga: Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan untuk Sampingan TKI, Ini Tipsnya!

Demikian beberapa ide bisnis makanan ringan khas Indonesia yang bisa jadi inspirasi untuk dijual di negeri orang. Selain memikirkan potensi makanan yang bisa menghasilkan uang tambahan, jangan lupa untuk mengelola keuanganmu dengan menggunakan aplikasi online seperti Qelola.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , ,