Kerja Dari Rumah di Malaysia, Siapapun Punya Kesempatan Ini

kerja dari rumah

Siapa bilang bekerja dari rumah hanya saat pandemi berlangsung? Sistem kerja dari rumah (work from home) sudah banyak digunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Kerja dari rumah pun memiliki beberapa model. Ada perusahaan yang menerapkan jam kerja tertentu, ada juga perusahaan yang lebih fokus pada penyelesaian target kerja. Bahkan banyak juga perusahaan luar negeri yang menawarkan pekerjaan secara internasional. Artinya, kamu dapat bekerja dengan perusahaan luar negeri tanpa harus berangkat ke negara tersebut. Konsep bekerja seperti ini mulai banyak digemari dan Malaysia menjadi salah satu negara yang harus dicoba. Terlebih lagi gajinya bisa lebih besar daripada di Indonesia. Berikut ini adalah daftar peluang kerja dari rumah di Malaysia.

1.   Penulis

Apabila kamu gemar menulis maka cobalah untuk mendapatkan uang dari kegiatan menulis. Beberapa profesi yang berkaitan dengan dunia menulis adalah content writing, copywriting, dan masih banyak lagi. Saat ini, banyak perusahaan yang senang mempekerjakan tenaga kerja lepas (freelance), terutama dalam bidang kepenulisan ini. Kamu dapat memulainya dengan membuat portofolio hasil tulisan kamu sebaik mungkin.

2.   Grafik Designer

Selain menulis, memiliki kemampuan membuat desain grafik juga banyak dibutuhkan. Hampir semua bisnis bahkan instansi pemerintah pasti membutuhkan grafik desainer. Mulai dari membuat pamflet, konten iklan perusahaan, iklan masyarakat, desain kemasan produk, dan masih banyak lagi. Peluang kamu mendapat pekerjaan besar apalagi jika mendapatkan projek dari luar negeri, Malaysia misalnya.

3.   Programmer

Masih dalam bidang Teknologi Informasi, saat ini banyak sekali sistem online yang mulai dikembangkan. Mulai dari mengambil antrian secara online, pelayanan konsultasi online, belanja online, dan masih banyak lagi jenisnya. Jadi, jasa programmer akan banyak dibutuhkan. Terutama bagi kamu yang sudah berpengalaman membuat program yang berhasil dijalankan.

4.   Animator

Selain desain, animator juga banyak dicari perusahaan di bidang seni dan hiburan. Apalagi saat ini banyak konten pemasaran yang mulai menggunakan animasi ikonik untuk memasarkan produk mereka. Upah yang kamu dapat dalam 1 pekerjaan juga masih termasuk tinggi.

work from home 2 700x467 - Kerja Dari Rumah di Malaysia, Siapapun Punya Kesempatan Ini

Sumber : freepik.com

5.   Pengajar Online

Bagi kamu yang suka mengajar atau bahkan mungkin lulusan jurusan pendidikan harus mencoba tren menjadi tutor online. Terlebih lagi dengan adanya situasi dan kondisi saat ini, banyak murid sekolah yang harus mengikuti sistem sekolah online. Tentu saja bagi anak-anak yang kesulitan menerima pelajaran online akan membutuhkan tutor online.

6.   Pemasaran Media Sosial

Pemasaran online menjadi salah satu strategi marketing bagi hampir semua perusahaan. Berbagai platform digunakan untuk meningkatkan penjualan dan salah satunya adalah media sosial. Tentu saja perlu ada tim pemasaran yang khusus menangani media sosial. Bagi kamu yang suka membuat konten dan paham detail fitur media sosial tertentu, kamu harus mencoba bekerja di bidang ini.

7.   Data Entry

Jika kamu merasa tidak memiliki keahlian khusus namun mampu bekerja dengan target, maka kamu harus mencoba pekerjaan sebagai penginput data (data entry). Karena banyak perusahaan yang masih menggunakan penginputan data secara manual dan hal ini membutuhkan tenaga kerja lepas yang siap dibayar untuk projek tertentu.

8.   Penerjemah

Hampir sama dengan pekerjaan menulis, kamu juga bisa menjadi penerjemah meskipun kerja dari rumah. Saat ini hampir semua perusahaan membutuhkan konten yang menggunakan bahasa inggris atau bahkan berhubungan dengan kontrak internasional. Dari situ, kamu bisa mendapatkan pekerjaan sebagai penerjemah. Baik itu dari bahasa Inggris ke bahasa Melayu atau sebaliknya. Jangan kuatir, bahasa Melayu mudah dipelajari karena kemiripannya dengan bahasa Indonesia.

9.   Asisten Pribadi Virtual

Apabila kamu ahli dalam mengatur jadwal pertemuan, membuat laporan harian atau mingguan, serta kegiatan sekretaris lainnya yang membutuhkan ketelitian tinggi, maka kamu harus mencoba pekerjaan sebagai asisten pribadi virtual. Kamu bahkan akan memiliki network yang lebih luas karena kamu bekerja dengan banyak pihak.

10.   Editor Video

Semakin banyak orang yang suka dengan dunia vlog dan pengisi konten di platform Youtube, memungkinkan orang yang ahli dalam mengedit video memiliki peluang pekerjaan yang tinggi. Apalagi pekerjaan ini mudah dilakukan dimanapun. Hampir sama dengan penulis dan grafik desainer, kamu juga perlu membuat portofolio yang menarik.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis pekerjaan di Malaysia yang bisa dilakukan di rumah. Jadi, apabila kamu memang minat dalam salah satu atau beberapa bidang di atas, carilah informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan atau pihak di Malaysia yang sedang membuka lowongan. Karena kamu menargetkan untuk memiliki klien dari luar negeri, maka kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni menjadi hal yang wajib dimiliki.

Kerja dari rumah menjadi satu solusi yang tepat jika melihat situasi dan kondisi pandemi saat ini. Selain itu, pekerjaan dengan sistem ini cenderung membuat kamu lebih bahagia karena jam kerja dapat diatur sendiri. Bicara soal kerja di Malaysia, tentu kamu akan menerima upah dalam bentuk mata uang ringgit. Aplikasi Qelola hadir untuk membantu kamu menerima gaji dalam ringgit dan bisa langsung di kurs-kan ke dalam rupiah. Selain itu, banyak fitur yang akan memungkinkan kamu membayar berbagai tagihan langsung dari 1 smartphone. Download Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , ,