Hari Kemerdekaan Indonesia, Rayakan Tanpa Langgar Protokol

Hari Kemerdekaan Indonesia

Hari kemerdekaan Indonesia tentu menjadi momen spesial apalagi saat kamu bekerja di luar negeri. Rasa nasionalisme tentu tumbuh semakin subur ketika berada di negeri orang. Saat sebelum pandemi Covid-19 menyerang, perayaan kemerdekaan Indonesia di luar negeri tentu meriah. Banyak hal bisa dilakukan bersama seluruh warga Indonesia yang ada di negara tersebut, umumnya akan berkumpul bersama di Kantor Kedutaan.

Sayangnya, pandemi Covid-19 mengharuskan untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Tentu protokol ketat kesehatan tidak boleh diabaikan karena sebuah perayaan, bukan? Tidak perlu merasa sedih, kamu tetap bisa merayakan hari kemerdekaan Indonesia di negeri orang tanpa melanggar protokol kesehatan. Berikut ini merupakan beberapa ide menarik untuk perayaan kemerdekaan saat pandemi Covid-19 yang perlu dicoba.

Upacara bendera secara online

mufid majnun yv6ThE76y M unsplash - Hari Kemerdekaan Indonesia, Rayakan Tanpa Langgar Protokol

Sumber: unsplash.com

Hari kemerdekaan Indonesia identik dengan upacara bendera di istana negara. Upacara pengibaran dan penurunan bendera biasanya akan disiarkan melalui telivisi nasional. Seiring berkembangnya teknologi, kini siaran menjadi lebih luas dan bisa diakses para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Kamu juga bisa menonton siaran ulang sebelumnya melalui YouTube. Agar lebih meriah, ikuti upacara kemerdekaan secara online. Meski terasa agak aneh, jika dilakukan sungguh-sungguh tentu tetap terasa menyentuh. Berdirilah ketika lagu kebangsaan dimainkan sambil memberi hormat saat bendera sedang ditarik ke atas.

Membuat hidangan khas Indonesia

raphiell alfaridzy 9JC5KK9amxA unsplash - Hari Kemerdekaan Indonesia, Rayakan Tanpa Langgar Protokol

Sumber: unsplash.com

Tanpa makanan, tentu perayaan kurang lengkap. Di hari spesial tentunya perlu hidangan spesial pula. Berada di negeri orang seringkali membuat rindu makanan kampung halaman. Kini kamu punya alasan untuk memasak rawon, nasi liwet, ayam woku, dan ragam makanan khas Indonesia lainnya sebab sedang merayakan hari kemerdekaan.

Jika tidak bisa memasak yang rumit, sekadar masak nasi goreng atau menggoreng tempe pun sudah menjadi kemewahan tersendiri. Kamu juga bisa mengundang beberapa kawan Indonesia yang ada di negara tersebut. Pastikan tidak terlalu banyak orang dan tetap menjaga jarak ketika berkumpul untuk masak serta makan bersama, ya.

Menonton film bertema nasionalisme 

jeremy yap J39X2xX 8CQ unsplash - Hari Kemerdekaan Indonesia, Rayakan Tanpa Langgar Protokol

Sumber: unsplash.com

Selain upacara, kamu juga bisa mengisi hari kemerdekaan Indonesia dengan menonton film. Eits, tapi bukan sembarang film, ya. Coba pilih film Indonesia yang bertema nasionalis. Jika kamu tinggal bersama teman atau keluarga di luar negeri, ajak mereka untuk menonton bersama. Namun pastikan tetap menjaga jarak dan tidak berkumpul lebih dari 5 orang. Siapkan camilan agar aktivitas menonton film menjadi lebih seru.

Mengadakan lomba jarak jauh

lucas law ecELcxmJTk4 unsplash - Hari Kemerdekaan Indonesia, Rayakan Tanpa Langgar Protokol

Sumber: unsplash.com

Ciri khas perayaan hari kemerdekaan Indonesia yaitu diadakannya lomba-lomba. Beragam lomba yang sering diadakan saat perayaan yaitu tarik tambang, panjat tebing, makan kerupuk, gigit koin, balap karung, dan masih banyak lainnya. Tujuan lomba diadakan salah satunya yaitu untuk semakin memupuk rasa keakraban sesama warga negara.

Semenjak pembatasan kerumunan, lomba khas 17 Agustus pun tidak bisa dilaksanakan seperti tahun-tahun biasanya. Padahal, meski berada di luar negeri pun para pekerja Indonesia tetap membuat lomba untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Untuk menggantikannya, inovasi berupa lomba online mulai bermunculan. Berbagai ide lomba online yang bisa kamu coba, yaitu:

  • Lomba cerdas cermat. Kamu bisa melibatkan seluruh anggota keluarga besar dengan menggunakan aplikasi Zoom ata Google Meet. Lomba ini bisa dibuat individu ataupun kelompok.
  • Lomba membaca puisi. Menariknya, lomba ini bisa dilakukan meski lokasi berjauhan dengan bantuan teknologi saat ini. Meski di luar negeri, kamu tetap bisa mengadakan lomba baca puisi bersama kerabat dan keluarga di Indonesia.
  • Lomba make up merah putih. Agar lebih menarik, pilih pemenang berdasarkan make up terunik dan bukan sekadar cantik saja. Libatkan juga para lelaki baik teman, saudara, atau kerabatmu agar lomba semakin seru.
  • Jika jaringan internet kurang stabil, kamu bisa menyiapkan lomba jauh sebelum tanggal 17. Ide lomba yang bisa dicoba yaitu lomba membuat kreasi masker. Kamu bisa mengkoordinasi lomba melalui grup percakapan saja tanpa video. Semua peserta akan mengirim foto masker yang sudah jadi beserta video proses pembuatannya.
  • Lomba menyanyi juga bisa dilakukan baik menggunakan video call maupun panggilan biasa. Semakin banyak peserta maka akan semakin seru dilakukan!

 

Meski sedang libur kemerdekaan, kamu tetap bisa kirim uang ke Indonesia dari luar negeri. Kemudahan kirim uang luar negeri terutama dari Malaysia ke Indonesia kini bisa dirasakan dengan menggunakan aplikasi Qelola. Tidak ada tambahan biaya saat kirim uang, lho!

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membantu urusan pembayaran BPJS, listrik, PDAM, membeli pulsa, dan lain sebagainya. Selain mudah, kamu pun bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis. Hanya dengan mengunjungi Google Play Store dan mengunguh aplikasi Qelola, maka kemudahan finansial selama bekerja di luar negeri pun bisa didapatkan. Jadi, tunggu apalagi?

Tags: , , , , , , , , , ,