Perencanaan Keuangan Keluar Negeri yang Perlu Anda Tahu

rencana keuangan - Perencanaan Keuangan Keluar Negeri yang Perlu Anda Tahu

Sedang merencanakan agenda berkunjung ke luar negeri? Tempat baru atau negara baru mana yang akan kamu kunjungi? Jika iya, kamu perlu memiliki perencanaan keuangan yang matang.

Liburan mengunjungi tempat baru dapat menjadi sebuah jalan keluar singkat dari rutinitas sehari-hari. Dari liburan, kamu biasanya akan mendapatkan suasana dan semangat baru. Dengan begitu, produktivitas kerjamu akan naik. Karena itu, liburan memang menjadi salah satu resolusi yang harus direncanakan.

Dari sisi keuangan, kamu juga bisa menyiapkannya semenjak jauh hari. Bulan April misalnya, kamu biasanya akan mendapatkan bonus. Begitu juga menjelang Hari Raya (Tunjangan Hari Raya) yang jatuh pada bulan Juni mendatang. Tambahan-tambahan penghasilan tersebut sebagian bisa kamu gunakan untuk menambah tabungan liburanmu. Dengan rencana yang lebih teratur, kamu akan semakin menikmati liburan.

Tips Memiliki Perencanaan Keuangan Sebelum Keluar Negeri

Perencanaan Keuangan dengan Menyisihkan dari gaji bulanan

strategi keuangan 1 - Perencanaan Keuangan Keluar Negeri yang Perlu Anda Tahu

sumber : pexels

Ke luar negeri pasti membutuhkan dana besar. Jika kamu sudah berencana jauh-jauh hari, coba sisihkan keuanganmu dengan baik. Sisihkan dari gaji bulanan. Perkirakan biaya yang kamu butuhkan. Sisihkan secara disiplin sebanyak yang Anda butuhkan. Ketahui biaya hidup  di negara tempat Anda tuju. Setiap negara memiliki biaya hidup yang berbeda. Anda harus mengetahuinya secara cermat. Ketahui biaya hidup harian yang harus kamu keluarkan. Kalikan dengan jumlah hari yang akan kamu lalui di sana.

Hitung biaya hidup 6 bulan ke depan

Jika kamu ingin merasa aman, paling tidak harus memiliki perencanaan keuangan untuk 6 bulan kedepan. Hal ini pastinya penting jika ingin hidup nyaman di luar negeri.

Miliki dana darurat

Dana darurat penting di miliki jika kamu memiliki kebutuhan mendesak yang sewaktu waktu terjadi di luar negeri. Ingatlah kamu tidak memiliki saudara dekat di sana. Rencana keuangan yang baik akan membantu untuk hidup lebih baik di negeri orang.

Hitung biaya akomodasi

Seperti biasa, dalam setiap perjalanan, hal yang paling krusial adalah mengenai transportasi. Kapan? Naik apa? Berapa tiketnya? Mengenai masalah ini, sebenarnya beberapa tahun belakangan banyak maskapai penerbangan yang menawarkan penerbangan dengan tiket yang murah. Tentu saja untuk mendapatkan tiket yang murah, kita harus melakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelumnya. Semakin cepat melakukan pemesanan, semakin murah harga tiketnya. Mungkin saja untuk mendapatkan harga tiket yang super murah, kita harus melakukan pemesanan satu tahun sebelumnya. Salah satu maskapai penerbangan (yang saat ini sangat populer di kalangan backpackers) adalah Air Asia. Sebenarnya selain Air Asia, banyak pula maskapai lain yang menawarkan sistem yang sama, akan tetapi (sepertinya) hanya Air Asia yang sangat jeli melakukan terobosan dalam hal promo (Free Admin Fee dan No Fuel Surcharge!) maupun penawaran menarik bekerjasama dengan jaringan hotel dan penginapan di seluruh dunia. Yang mana semuanya itu tentu saja memudahkan setiap orang untuk merencanakan perjalanannya.

Jangan lupa biaya perijinan imigrasi

paspor 700x467 - Perencanaan Keuangan Keluar Negeri yang Perlu Anda Tahu

sumber : pexels

Sebenarnya tak harus membuat paspor dulu, bisa saja sebelumnya kita merencanakan akan pergi kemana, kemudian menentukan biaya beserta akomodasi maupun hal lain. Paspor bisa dibuat setelah semua perencanaan selesai. Apalagi jika membuat paspor di Kantor Imigrasi yang sudah menetapkan waktu yang pasti, yaitu selama 5 hari kerja (dengan catatan, semua berkas lengkap).

Baca Juga : Malas Antri? Pasang Aplikasi Antrian Paspor Online Saja

Susun Rencana Perjalanan

Sebelum berangkat, maka kamu wajib menyusun rencana perjalanan selama di sana. Ini akan membuat perjalanan  menjadi terjadwal dan tidak membosankan. Dapatkan berbagai informasi mengenai objek wisata yang akan kamu datangi, serta waktu kunjungan terbaik untuk mendatanginya. Kamu juga perlu mengetahui dengan jelas mengenai tiket masuk ke sana, dan juga transportasi yang akan kamu gunakan. Datangi tempat-tempat wisata yang berada di satu kawasan atau berdekatan sekaligus, agar tidak boros waktu dan juga biaya.

Tukarkan Uang di Indonesia

Tukarkan sejumlah uang dengan mata uang yang digunakan di negara tujuan. Lakukan ini di dalam negeri agar anda tidak dirugikan oleh kurs yang lebih rendah ketika menukarkannya di luar negeri nanti. Selain itu, menukarkan uang di dalam negeri juga akan menghindarkan anda dari aktivitas merepotkan ketika mencari money changer di luar negeri. Bawa jumlah uang yang cukup dan sejumlah US Dollar sebagai cadangan.

Itulah beberapa info tentang perencanaan keuangan yang harus kamu miliki sebelum ke luar negeri. Sebelum pergi travelling sebaiknya kamu membayarkan tagihan kamu agar bisa tenang menjalani liburan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk membayarkannya dengan mudah. Selain itu, kamu bisa juga kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Lekas unduh aplikasinya dan ketahui banyak fitur menarik lainnya.

 

Tags: , , , , ,