Networking Dunia Kerja, Banyak Manfaatnya!

Networking

Networking merupakan hal penting dalam dunia kerja. Apa sih networking? Secara harfiah, networking berarti jaringan. Dalam konteks dunia kerja, jaringan yang dimaksud adalah relasi dengan orang lain. Artinya, membangun networking kerja berarti membangun relasi dengan orang lain secara profesional.

Relasi yang terbangun ini akan memberikan dampak baik untukmu secara personal maupun secara karir. Hanya saja, pastikan bahwa orang-orang di dalam jaringan yang kamu bentuk tersebut memang tepat dan sesuai. Untuk itu, kamu perlu berusaha secara aktif untuk mulai membangun relasi tersebut. Networking bisa memberikan segudang manfaat untukmu. Berikut akan dijelaskan secara lebih lengkap tentang berbagai manfaat networking.

1. Membuat Perspektifmu Menjadi Lebih Luas

woman 4702060 640 - Networking Dunia Kerja, Banyak Manfaatnya!

Sumber: pixabay.com

Orang dengan perspektif pikiran yang sempit cenderung egois dan kesulitan beradaptasi. Dalam dunia kerja, berjejaring bisa membantu memperluas cara berpikir dan perspektifmu dalam melihat sesuatu. Tanpa disadari hal tersebut sangat berguna dalam dunia karir. Semakin luas perspektif seseorang, maka semakin membuka diri pada banyak kemungkinan. Kamu akan semakin jeli dan mau mengantisipasi masalah yang mungkin datang di pekerjaan. Dengan begitu, kamu pun punya waktu lebih untuk menyusun solusi.

Tidak hanya itu, perspektif yang luas membantumu lebih sabar serta lebih mudah dalam memahami rekan kerja, bos, serta klien. Secara tidak langsung, kamu akan terbiasa untuk belajar memahami orang lain. Efeknya, kebijakan dan keputusan yang kamu buat akan lebih matang sebab tidak sekadar hasil pemikiran sesaat dan milik sendiri saja.

2. Mendapat Teman Baik

Saat membangun networking, tentu beberapa orang di jejering tersebut bisa saja sangat cocok denganmu. Tidak menutup kemungkinan hubungan yang terjalin menjadi lebih personal. Maksudnya, kamu bisa mendapat teman dari networking kerja yang dibentuk. Selain itu, manfaat networking yang banyak dirasakan yaitu adanya rekan yang suportif. Kamu juga bisa mengajak mereka berdiskusi sebab biasanya bisa memahami masalah yang menghambat pekerjaanmu.

3. Update dengan Berita Terbaru Seputar Pekerjaan

update 1672363 640 - Networking Dunia Kerja, Banyak Manfaatnya!

Sumber: pixabay.com

Jika memiliki banyak teman di area yang sebidang, tentunya aliran informasi yang didapatkan juga makin deras. Kamu tidak akan ketinggalan berita seputar dunia kerja terutama profesi yang kamu sedang tekuni. Dalam networking yang terjalin, umumnya satu sama lain akan saling berbagai kabar dan berita terbaru yang dianggap menarik.

Menariknya lagi, terkadang informasi yang datang pun bisa lebih luas dan banyak. Misalnya kamu bekerja di sektor penerbitan. Muncul informasi terbaru terkait alur pengajuan kartu kredit untuk karyawan swasta dari networking yang telah kamu bangun. Meski tidak berhubungan dengan sektor kerjamu, informasi tersebut bermanfaat dan bisa saja kamu butuhkan suatu saat nanti. Intinya, dengan berjejaring maka kamu bisa selalu update dan tidak ketinggalan zaman.

4. Membuka Peluang Baru

Manfaat lainnya dari networking yaitu membuka peluang dan kesempatan baru. Meski kamu sudah merasa puas dengan pekerjaan saat ini, tidak ada salahnya jika mendapatkan yang lebih baik, bukan? Pekerjaan baru dengan berbagai benefit yang lebih baik seringkali muncul secara tidak sengaja melalui informasi yang dibagikan orang di jaringan yang kamu bentuk.

Peluang baru juga tidak terbatas pada pekerjaan baru saja. Misalnya ada informasi beasiswa dan kebetulan kamu ingin melanjutkan studi. Meski di era serba cepat ini semakin mudah mencari peluang dengan bantuan internet, namun networking tetap bisa menjadi salah satu jalan yang tidak terduga. Terkadang kamu sedang sangat sibuk dengan pekerjaan dan tidak sempat mencari di internet. Melalui teman di jejaring kerja, bisa saja beragam peluang baik datang tiba-tiba padamu.

5. Membuat Terus Belajar Berkomunikasi dan Beradaptasi

learn 1820039 640 - Networking Dunia Kerja, Banyak Manfaatnya!

Sumber: pixabay.com

Sudah pasti kamu harus berkomunikasi dengan orang lain jika ingin membangun networking yang baik. Jika hanya diam saja, orang lain tentu merasa malas berhubungan denganmu. Artinya, kamu akan terus belajar berkomunikasi saat sedang networking. Tidak berhenti di situ, kamu pun dituntut untuk belajar beradaptasi.

Komunikasi mungkin terasa mudah sebab secara basic selalu sama. Hanya saja, adaptasi membutuhkan skill lebih tinggi dan perlu dipelajari dengan praktik langsung. Misalnya, kamu bertemu dengan rekan kerja yang selalu berapi-api saat berdiskusi dan membuatmu merasa sangat menguras tenaga. Kamu pun perlu beradaptasi dalam menghadapi rekan seperti itu dengan menggunakan pola komunikasi yang sesuai sehingga ketika berdiskusi tidak terus merasa lelah dan terkuras energimu.

 

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menjalin networking di dunia kerja. Jalin sebanyak mungkin agar karirmu bisa semakin cemerlang. Jika kamu memilih bekerja di Malaysia, tidak perlu khawatir saat akan transfer uang ke Indonesia. Kini transfer uang luar negeri dari Malaysia ke Indonesia bisa dilakukan tanpa biaya tambahan melalui aplikasi Qelola.

Aplikasi ini juga menawarkan kemudahan untuk membayar berbagai tagihan rutinmu seperti BPJS, listrik, PDAM dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa membeli pulsa serta segudang manfaat lainnya. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,