Lupa Nomor BPJS? Tenang, Ini Solusinya!

Lupa Nomor BPJS

Lupa nomor BPJS bukan akhir dari segalanya. Tidak perlu panik dan tetaplah bersikap tenang. Sebab ada solusi mudah untuk masalah lupa nomor BPJS. Namun, sepenting apa sebenarnya BPJS itu? BPJS sendiri terbagi menjadi 2 yaitu Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

BPJS Ketenagakerjaan diberikan pada para pekerja baik di sektor formal maupun informal sebagai pengganti Jamsostek. BPJS Ketenagakerjaan melingkupi beberapa yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Pensiun (JP). Sedangkan BPJS Kesehatan diberikan pada semua orang sebagai pengganti Askes.

Intinya, BPJS ini cukup penting sebab berperan sebagai jaminan sosial kesehatan bagi masyarakat dari pemerintah. Untuk itu, kamu harus tahu nomor BPJS untuk pembayaran iuran rutin. Ini dia berbagai cara untuk mengetahui nomor BPJS saat lupa.

1. Cek Nomor BPJS Lewat SMS

Kamu bisa melakukan pengecekan nomor BPJS secara mudah melalui SMS. Kamu hanya perlu menyiapkan KTP. Selain itu, pastikan bahwa ponselmu masih terisi pulsa. Langkah yang perlu dilakukan yaitu seperti berikut ini.

  • Ketik NIK(spasi)Nomor Induk Kependudukan sesuai yang tertera di bagian atas KTP
  • Setelahnya kirim sms tersebut ke nomor 087775500400

2. Cek Nomor BPJS Lewat WhatsApp

alexander shatov  qsuER9xYOY unsplash - Lupa Nomor BPJS? Tenang, Ini Solusinya!

Sumber: unsplash

Alternatif lain yang lebih mudah digunakan yaitu lewat WhatsApp (WA). Pengecekan nomor BPJS via WA tidak membutuhkan pulsa reguler. Tidak ada format khusus untuk pengajuan nomor BPJS via WA kepada asisten JKN. Kamu hanya perlu menuliskan pesan secara jelas dan sopan. Nomor WA yang dapat dihubungi yaitu 08118750400. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi BPJS melalui Telegram BPJS Kesehatan.

3. Cek Nomor BPJS Lewat Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN juga bisa digunakan untuk mengecek nomor BPJS. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengetahui berbagai informasi terkait faskes BPJS Kesehatan. Hanya saja, kamu perlu mengunduh aplikasi tersebut di ponsel terlebih dahulu. Begini langkah mengecek nomor BPJS menggunakan aplikasi Mobile JKN:

  • Buka aplikasi Mobile JKN diponsel lalu login
  • Data yang digunakan untuk login adalah userID dan password pendaftaran BPJS online
  • Jika sudah masuk, pilihlah menu ‘peserta’
  • Lanjutkan dengan memilih jenis kartu untuk pengecekan
  • Nantinya akan muncul 13 digit nomor BPJSnya

4. Cek Nomor BPJS Lewat Situs 

Cara selanjutnya yaitu dengan situs resmi BPJS. Situs resmi BPJS saat ini yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pengecekan nomor BPJS:

  • Kunjungi situs resmi BPJS
  • Setelahnya pilih ‘Cek Iuran BPJS Kesehatan’
  • Gunakan NIK yang sesuai dengan KTP
  • Selanjutnya isi tanggal lahir
  • Akan muncul angka validasi di layar, isikan angka tersebut pada tempat yang disediakan
  • Setelah yakin benar klik ‘cek’ dan nantinya nomor BPJS akan terlihat

5. Cek Nomor BPJS Lewat Twitter

alexander shatov k1xf2D7jWUs unsplash - Lupa Nomor BPJS? Tenang, Ini Solusinya!

Sumber: unsplash

Media sosial Twitter BPJS juga bisa dihubungi jika kamu lupa nomor BPJS. Akun resmi Twitternya yaitu @BPJSKesehatanRI. Hindari mengirim pesan secara terbuka di media sosial agar privasi tetapi terjaga. Kamu bisa menggunakan fitur Direct Message (DM) Twitter untuk mengirim pesan. Kamu hanya perlu mengirimkan permohonan nomor BPJS dengan tambahan data berupa nama lengkap, tanggal lahir, dan NIK. Nanti admin @BPJSKesehatanRI akan membalas DM tersebut dengan memberikan nomor BPJS-mu.

6. Cek Nomor BPJS Lewat Call Center

Cara mengecek jika lupa nomor BPJS selanjutnya yaitu dengan menghubungi Call Center (CS). Cara ini cocok untuk kamu yang tidak suka mengetik dan membaca terutama ketika panik. Kamu hanya perlu menghubungi via telepon saja. Nomor CS BPJS Kesehatan yang bisa dihubungi 1500400. Nantinya kamu akan diminta menyebutkan nama lengkap, tanggal lahir, dan NIK.

7. Cek Nomor BPJS dengan Datang Langsung ke Kantor

tonik U0wwiY6nRGA unsplash - Lupa Nomor BPJS? Tenang, Ini Solusinya!

Sumber: unsplash

Meski tidak disarankan, namun kamu tetap bisa mengecek nomor BPJS secara langsung dengan datang langsung ke kantor BPJS. Cara ini sebaiknya menjadi pilihan terakhir terutama ketika kondisi sedang pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Untuk mengecek nomor BPJS dengan cara ini, langkahnya yaitu:

  • Mendatangi kantor BPJS di daerahmu
  • Ambil nomor antrian dan tunggu panggilan
  • Jelaskan tujuan pada petugas jika sudah giliranmu
  • Serahkan KTP untuk dicek melalui NIK yang tertera
  • Nomor BPJS akan diinformasikan oleh petugas

Itulah berbagai pilihan cara yang bisa dilakukan jika kamu lupa nomor BPJS. Sebaiknya, kamu mencatat nomor BPJS di notes ponsel atau buku catatan. Pastikan juga kamu membayar iuran BPJS secara teratur dan tepat waktu. Agar mempermudah pembayaran iuran BPJS, kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola.

Tidak hanya membayar tagihan BPJS saja, aplikasi Qelola bisa membantu berbagai transaksi lainnya seperti membeli pulsa, membayar PDAM, embelli voucher game, dan masih banyak lainnya. Terdapat fitur kirim uang luar negeri juga, lho, di aplikasinya. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. 

Tags: , , , , , , , , ,