7 Ide Menarik Cuan dengan Kerja Sampingan di Rumah Bagi TKI

ide kerja sampingan di rumah

Memilih bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) banyak dipilih oleh masyarakat. Bergaji tinggi dengan menggunakan mata uang luar negeri sebagai gaji menjadi faktor utama banyak orang tergiur. Namun, banyak juga orang yang sudah bekerja sebagai TKI berusaha membuka peluang untuk kerja sampingan di rumah. Ada banyak ide bisnis yang sesuai dengan kemampuan finansial yang kamu miliki. Minta bantuan saudara atau mengutus seseorang untuk menjalankan hal itu bisa sebagai langkah awal perjalanan bisnismu.

Membangun usaha membutuhkan persiapan mulai dari kendala hingga eksekusi. Kendala yang sering dijumpai adalah pengetahuan mengenai jenis peluang bisnis yang bisa dilakukan mengingat kamu ingin membuat kerja sampingan di rumah. Usahakan untuk tahu jenis usaha apa yang ingin kamu lakukan sehingga persiapannya bisa matang. Rintis usaha selagi kamu masih bekerja di luar negeri sehingga masih ada pemasukan dan mengurangi risiko uang habis. Berikut ini beberapa ide bisnis sampingan yang mungkin cocok buat kamu, apa saja?

1. Franchise

Usaha pertama yang bisa kamu pilih adalah membuka waralaba atau franchise dari brand tertentu. Waralaba memberikan kemudahan dan cukup praktis karena semua hal terkait usaha sudah paket komplit pemilik. Jika kamu baru belajar usaha, jaringan waralaba ini bisa menjadi pilihan kerja sampingan di rumah. Mencari brand waralaba yang cukup terpercaya namun belum banyak memiliki cabang pada wilayah sekitar rumahmu. Jangan lupa untuk selalu kroscek dan riset waralaba agar tidak kecolongan.

2. Kuliner Khas

Makanan Khas 700x467 - 7 Ide Menarik Cuan dengan Kerja Sampingan di Rumah Bagi TKI

sumber: unsplash

Bekerja sebagai TKI di luar negeri, usaha ini sepertinya cocok untuk mengenalkan produk lokal dari tempat kamu berada. Jika kamu bekerja di Malaysia, kamu bisa mengenalkan produk makanan kuliner khas negara tersebut. Bisa juga, kamu menyediakan camilan yang hanya ada di Malaysia untuk dikirim ke Indonesia. Sebaliknya, kamu bisa menjual produk makanan khas Indonesia di negara tempat kamu bekerja. Jadi kamu tetap bisa mengerjakan tugas utama dan juga kerja sampingan di rumah.

3. Personal Shopper / Jastip Barang

Personal Shopper 700x467 - 7 Ide Menarik Cuan dengan Kerja Sampingan di Rumah Bagi TKI

sumber: unsplash

Berada di luar negeri membuat kamu bisa melihat-lihat banyak barang yang berbeda dari Tanah Air. Membuka usaha sebagai personal shopper atau istilahnya jasa titipan (jastip) bisa kamu pilih. Membuka jastip skincare Korea ketika kamu kerja disana atau barang yang lainnya sesuai negara kamu tinggal. Caranya kamu bisa dengan membuka pre-order (PO) untuk mengumpulkan pesanan dan pembayaran lalu setelah terkumpul baru kamu belanjakan. Ide kerja sampingan di rumah ini melatih kamu untuk bisa mengatur waktu antara bekerja dan juga belanja kebutuhan PO.

4. Online Shop

Online Shop 700x467 - 7 Ide Menarik Cuan dengan Kerja Sampingan di Rumah Bagi TKI

sumber: unsplash

Internet menjadi sumber daya yang sangat besar untuk digunakan mencari tambahan pemasukan. Membuka online shop bisa menjadi pilihan yang baik ketika ingin kerja sampingan di rumah. Daftarkan saja akun toko kamu pada marketplace, e-commerce atau platform toko online lainnya dan isi dengan barang-barang yang akan kamu jual. Kamu bisa menjual berbagai macam pilihan skincare, fashion, kuliner, alat elektronik dan souvenir. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk membuka reseller ataupun dropshipper sehingga bisa membuka peluang kerja baru dan membesarkan usahamu.

5. Tour Guide

Tour Guide 700x467 - 7 Ide Menarik Cuan dengan Kerja Sampingan di Rumah Bagi TKI

sumber: unsplash

Pengalaman bekerja di luar negeri menjadi kesempatan yang belum tentu bisa didapat banyak orang. Jika kamu sudah jadi TKI dan ingin kerja sampingan di rumah, menjadi tour guide adalah salah satu contoh usaha yang bisa dilakukan. Namun, hal ini bisa dilakukan ketika tidak ada pandemi covid-19. Situasi pandemi, membuat kamu harus putar otak dengan menyediakan jasa memandu wisata secara digital dengan memanfaatkan fitur video conference meeting seperti Zoom dan Google Meet. Bisa juga menggunakan media sosial kamu dengan mengunggah referensi tempat-tempat menarik yang ada di negara tempat kamu bekerja.

6. Counter Pulsa

Komunikasi adalah kebutuhan penting sehingga banyak orang tidak ingin menjadi Fear of Missing Out (FOMO) alias ketinggalan informasi. Maka, kebutuhan akan teknologi informasi menjadi prioritas. Tak terkecuali dengan pulsa dan paket internet. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk membuka counter pulsa sebagai bentuk kerja sampingan di rumah. Jika kamu memiliki server yang berkualitas maka kamu bisa menggabungkan beberapa service seperti top up token listrik, mengisi e-wallet, layanan PPOB dan bahkan jasa kirim uang.

7. Tutor Online

Tutor Online - 7 Ide Menarik Cuan dengan Kerja Sampingan di Rumah Bagi TKI

sumber: unsplash

Kebutuhan pembimbing belajar selama adanya Covid-19 meningkat karena anak-anak banyak yang belajar dari rumah. Kesempatan ini bisa kamu ambil untuk kerja sampingan di rumah dengan menjadi tutor online. Kamu perlu mempersiapkan peralatan seperti laptop, headphone, mikrofon, jaringan internet dan pencahayaan ruangan yang baik. Lalu, tawarkan jasa yang mencirikan identitasmu seperti belajar bahasa Indonesia, dan masak masakan Indonesia. Kamu bisa menetapkan tarif per jam sesuai dengan kurs di negara tempat kamu bekerja.

Kamu harus tahu tentang bagaimana mengelola keuangan ketika akan mencoba membuka bisnis atau memiliki kerja sampingan di rumah. Untuk memenuhi kebutuhan pengetahuanmu, Qelola bisa menjadi jawaban untuk mengetahui cara mengelola keuangan yang baik. Tak perlu ragu jika jadi TKI, gimana caranya kirim uang untuk buka bisnis? Kamu bisa download aplikasi Qelola untuk kirim uang Indonesia – Malaysia dengan cepat dan aman.

Tags: , , , , , ,