Kerja Sampingan Online untuk Mendapatkan Uang Tambahan? Kenapa Tidak

Kerja Sampingan Online

Apakah Anda setuju, bahwa uang tambahan bisa menjadi hal yang sangat menggiurkan dan dibutuhkan bagi semua orang? Anda juga bisa lho mendapatkan uang tambahan. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan uang tambahan tersebut adalah dengan mengerjakan kerja sampingan online. Cara ini dapat Anda lakukan dari rumah dan sifatnya tidak terlalu mengekang, sehingga tidak akan mengganggu kegiatan utama Anda. Bagi Anda yang ingin menjalankan kerja sampingan online, Anda tidak perlu keluar dari pekerjaan penuh waktu. Selama ide kerja sampingan online dapat Anda kerjakan dengan baik, maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Berikut ini ada beberapa ide bisnis sampingan yang dapat dikerjakan secara online yang menarik untuk Anda ketahui. Langsung simak ulasannya ya!

Baca Juga: Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan untuk Sampingan TKI, Ini Tipsnya!

1. Menjadi Penulis Lepas

Kerja Sampingan Online 1 - Kerja Sampingan Online untuk Mendapatkan Uang Tambahan? Kenapa Tidak

Penulis lepas atau freelance adalah penulis profesional yang tidak terikat kontrak jangka panjang dengan pihak manapun. Penulis lepas ini bisa mengerjakan satu atau lebih pekerjaan dari pihak yang berbeda, dan tugas pekerjaan bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, jam kerjanya juga lebih fleksibel. Menjadi penulis lepas adalah salah satu pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan secara online. Pada umumnya, bayaran yang akan Anda dapatkan sebagai penulis lepas akan dihitung berdasarkan berapa banyak tulisan yang bisa Anda selesaikan. Anda tidak perlu khawatir karena biasanya tetap ada kontrak jelas yang dapat membantu Anda sebagai penulis lepas untuk mengetahui berapa kira-kira uang yang akan Anda dapatkan nantinya. Kontrak ini dapat Anda siapkan sendiri, ataupun dapat juga disiapkan oleh pihak klien. Berikut ini ada beberapa keuntungan menjadi penulis lepas:

  1. Pekerjaan bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja. Jadi, Anda bebas mengerjakan artikel asalkan tetap memperhatikan tenggat waktu yang diberikan.
  2. Sangat berpotensi mendapat penghasilan yang besar. Meskipun sebagai tenaga freelance, namun peluang mendapatkan banyak uang jika Anda menjadi penulis lepas sangat besar.
  3. Bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Misalnya pada saat pagi sampai sore hari Anda bekerja, lalu malamnya bisa digunakan untuk mengerjakan artikel.
  4. Menambah informasi dan pengetahuan.

2. Menjadi Dropshipper

Kerja Sampingan Online 2 - Kerja Sampingan Online untuk Mendapatkan Uang Tambahan? Kenapa Tidak

Menjadi seorang dropshipper merupakan salah satu peluang kerja sampingan online yang sedang banyak peminatnya. Sebab, hal ini memungkinkan Anda untuk berjualan barang tanpa perlu memiliki modal, dan juga tanpa perlu repot untuk mengirimnya. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan pemesanan ulang pada toko asli yang menjual barang tersebut. Jadi, dapat dikatakan pekerjaan yang satu ini cukup mudah dan bisa dikerjakan di mana saja. Bagi Anda yang belum tahu, sebenarnya apa itu dropshipping? Dropshipping adalah model bisnis yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan usaha tanpa harus memproduksi dan menyimpan inventaris produk apa pun. Sebagai seorang dropshipper, Anda lebih fokus dalam melakukan penjualan saja. Ada beberapa keuntungan dari menjalankan bisnis dropship yang menjadi daya tarik bagi pebisnis pemula, di antaranya adalah: 

  • Modal awal yang dibutuhkan cukup rendah, karena tidak perlu membeli barang sebelumnya. 
  • Tidak perlu menyediakan gudang penyimpanan, sehingga Anda bisa fokus hanya pada pengembangan basis pelanggan dan membangun merk Anda sendiri. 
  • Biaya pemenuhan pesanan rendah, karena hal ini akan ditangani oleh supplier. Tugas Anda sebagai dropshipper adalah memastikan supplier menerima pesanan dari pelanggan Anda.
  • Minim resiko, karena Anda tidak perlu mengkhawatirkan barang tidak akan terjual. 
  • Hemat waktu, karena untuk mengelola, mengatur stok barang, dan menyiapkan pengiriman dilakukan oleh supplier. 
  • Anda dapat menjalankan bisnis dropship dari mana saja selama Anda terhubung dengan koneksi internet

3. Menjadi Influencer Media Sosial

Kerja Sampingan Online 3 - Kerja Sampingan Online untuk Mendapatkan Uang Tambahan? Kenapa Tidak

Untuk menjadi seseorang yang populer, kini sudah semakin mudah berkat kehadiran media sosial. Untuk menjadi salah satu orang populer atau yang dikenal sebagai influencer, Anda tidak harus pintar bernyanyi atau berakting. Namun dengan media sosial, Anda dapat menjadi terkenal karena gaya busana, kemampuan memasak, dan lain sebagainya. Hal tersebut menciptakan peluang kerja baru yang dapat Anda kerjakan dari mana saja. Menjadi seorang influencer media sosial merupakan salah satu pekerjaan baru yang cukup menjanjikan, lho. Sebab Anda dapat melakukan monetisasi pada setiap produk yang ingin mengiklankan diri di laman media sosial Anda. Cukup menarik, bukan? Simak 6 tips sukses menjadi influencer terkenal di bawah ini:

  1. Tahap awal yang benar-benar harus diperhatikan untuk menjadi seorang influencer terkenal adalah menentukan brand diri Anda sendiri.
  2. Jika identitas diri sudah Anda tentukan, saatnya memulai dengan membuat konten yang menarik di berbagai media sosial. Teruslah asah kreativitas dengan memunculkan ide yang menarik, agar konten yang Anda suguhkan bisa bervariasi, sehingga followers tidak bosan dengan tampilan yang itu-itu saja.
  3. Pastikan kualitas foto dan video Anda instagrammable. Pilihlah spot atau background foto atau video yang unik, menarik, dan jangan lupa gunakan juga aplikasi editor kekinian untuk membuat hasil foto dan video Anda semakin instagrammable.
  4. Jangan lupa untuk mengatur feed Instagram Anda menjadi menarik.
  5. Jika saat ini akun Instagram milik Anda sudah terlihat bagus dan dikelola dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk sering datang ke berbagai event yang sesuai dengan brand atau konten Anda.
  6. Tips terakhir adalah seringlah untuk berinteraksi dengan followers di media sosial.

Nah, di antara ketiga rekomendasi kerja samping online di atas, Anda lebih tertarik yang mana? Dengan niat dan persiapan yang matang, Anda tidak perlu ragu untuk memulainya. Untuk membantu Anda mengatur keuangan, gunakan aplikasi Qelola. Download aplikasinya sekarang, karena ada banyak fitur menarik yang menanti Anda!

Tags: , , ,