Ingin Memulai Bisnis Rumahan Selama Pandemi? Kenapa Tidak

12 min scaled - Ingin Memulai Bisnis Rumahan Selama Pandemi? Kenapa Tidak

Sempat berpikir ingin mencari pendapatan tambahan selama masa pandemi? Jika ya, mencoba membuka usaha bisa menjadi salah satu pilihan. Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, membuat sektor ekonomi juga terkena dampaknya. Sebagian orang ada yang pendapatannya berkurang hingga kehilangan mata pencahariannya. Kondisi ini membuat orang mencari akal bagaimana mendapatkan penghasilan kembali. Ya, memulai bisnis rumahan merupakan salah satu solusinya. Tidak perlu modal yang besar dan tempat yang luas, kamu sudah bisa memulai bisnis dari rumah. Berikut ini tips memulai bisnis di rumah yang bisa kamu coba terapkan.

Menentukan bisnis yang akan ditekuni

consumers use internet shopping concept min 700x467 - Ingin Memulai Bisnis Rumahan Selama Pandemi? Kenapa Tidak

Yang pertama, tentukanlah produk atau jenis bisnis yang ingin kamu pilih. Lebih baik sesuaikan dengan passion yang kamu miliki. Jika bisnis yang kita jalani sesuai dengan passion atau minat, akan lebih mudah dalam mengelola serta memasarkan produknya. Selain itu, kamu akan menjalani tiap prosesnya dengan tekun dan serius tanpa rasa terpaksa. Hal ini terlihat sepele, namun sangat berpengaruh dalam membangun hingga mengelola bisnis yang kita miliki. Apabila tidak menikmati yang sedang kita lakukan saat memulai bisnis maka kita akan lebih mudah merasa stres serta tidak fokus.

Miliki Visi dan Misi bisnis yang jelas

business strategy success target goals 700x467 - Ingin Memulai Bisnis Rumahan Selama Pandemi? Kenapa Tidak

Selanjutnya kamu bisa tentukan visi dan misi untuk bisnis yang akan kamu jalani. Dengan adanya visi dan misi ini akan membantu kita dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Tidak hanya itu saja, memiliki visi dan misi yang jelas mempermudah kita untuk menentukan arah tujuan bisnis kedepannya. 

Baca Juga: Lawan Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan Tips Ampuh Berikut!

Cari bisnis dengan modal yang ringan

euro money coins forklift isolated white space 700x467 - Ingin Memulai Bisnis Rumahan Selama Pandemi? Kenapa Tidak

Tentu saja modal menjadi hal yang paling utama. Sebelum itu, pilihlah peluang bisnis yang positif di tengah pandemi. Lalu, sesuaikan dengan anggaran modal awal yang kamu miliki. Tujuannya agar kelancaran menjalankan bisnis dapat tercapai. Sebisa mungkin cari yang tidak harus menggunakan modal besar dan mulailah bisnis dengan perlahan. Setidaknya bisnis kamu sudah menghasilkan walau nilainya masih sedikit. 

Manfaatkan sosial media untuk pemasaran

box market electronic ordering shop basket 700x447 - Ingin Memulai Bisnis Rumahan Selama Pandemi? Kenapa Tidak

Jangan lupa untuk memasarkan produk kamu dengan memanfaatkan media sosial. Bisa dengan menggunakan berbagai kanal media sosial yang ada seperti e-commerce atau marketplace. Dengan sosial media, kamu bisa memasarkan produk lebih luas sehingga bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak dibandingkan dengan hanya berjualan secara offline atau konvensional. Jangan sungkan untuk menawarkan produkmu ke keluarga atau teman-teman terdekat. Hal ini secara tidak langsung akan membantu dalam mempromosikan produkmu dari mulut ke mulut.

Mencoba model bisnis waralaba

jon tyson UuzUfw4qepk unsplash 700x467 - Ingin Memulai Bisnis Rumahan Selama Pandemi? Kenapa Tidak

Jika kamu pemula dalam berbisnis, model bisnis waralaba bisa menjadi pilihan. Karena salah satu manfaat dalam bisnis waralaba (franchise) adalah memiliki dukungan bisnis yang sudah jadi dan siap pakai. Model bisnis ini telah memiliki sistem yang matang dari awal. Bisnis waralaba juga dapat mengurangi risiko kerugian karena ada mentor bisnis yang akan membantu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi. Kamu juga tidak perlu lagi khawatir dalam memasarkan merek karena pemilik waralaba (franchisor) akan membantu dalam kegiatan pemasaran/branding. Atau, kamu bisa memilih bisnis waralaba dengan brand yang sudah banyak dikenal orang sehingga produk yang kamu jual mudah laku.

Memulai bisnis memang tidak mudah, namun dengan modal ketekunan serta kerja keras akan menghasilkan buah kesuksesan. Apalagi di masa pandemi ini, kita tetap harus mencari penghasilan demi kelangsungan hidup sendiri maupun keluarga. Meski bisnis merupakan investasi yang penuh dengan risiko, namun bisa kita minimalisir dengan ketepatan membaca peluang dan planning bisnis yang jelas.

Setelah memulai perencanaan bisnis, jangan lupa untuk mengelola keuanganmu dengan aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola memiliki banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan seperti mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia, membayar tagihan BPJS dan masih banyak lagi. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola melalui Google Playstore di smartphone-mu agar bisa menikmati seluruh fiturnya!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,