Lawan Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan Tips Ampuh Berikut!

sad female workaholic keeps hands chin busy making project work studies papers wears elegant white shirt sits desktop unknown people stretch hands with notes alarm clock smartphone - Lawan Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan Tips Ampuh Berikut!

Menunda pekerjaan sudah menjadi problematika bagi banyak orang. Waktu yang seharusnya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, malah kamu gunakan untuk menonton video di Youtube hingga menjelajahi media sosial berjam-jam. Hingga waktu tenggat tiba, kamu akan merasa panik dan terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaannya. Keadaan ini kadang membuat hasil pekerjaanmu kurang maksimal atau terdapat masalah-masalah sepele yang bisa terjadi. Tentunya hal ini juga akan mempengaruhi turunnya produktivitas pekerjaanmu.

Mencoba kebiasaan tidak menunda pekerjaan mungkin agak sulit awalnya. Namun, menghindari kebiasaan ini akan membuat kita tersadar jika waktu sangatlah berharga. Sehingga kita harus memaksimalkan penggunaan waktu seoptimal mungkin dalam melakukan pekerjaan. Kamu bisa coba terapkan beberapa tips di bawah ini untuk melawan kebiasaan menunda pekerjaan.

Buatlah jadwal dengan skala prioritas

ming labs HmkNHtKVhXk unsplash 700x467 - Lawan Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan Tips Ampuh Berikut!

Kamu bisa mulai dari cara yang lebih mudah terlebih dahulu seperti membuat jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan. Setelah itu, susunlah sesuai dengan tingkat prioritasnya. Buatlah list pekerjaan apa saja dengan keterangan tanggal berapa harus selesai. Pastikan pekerjaan dengan deadline dalam waktu dekat menjadi prioritas utama. Kamu juga bisa mengaturnya sesuai dengan tingkat kesulitan sehingga bisa memperkirakan berapa lama waktu selesainya. Jika termasuk dalam kategori sangat sulit, kamu bisa mempercepat pengerjaannya beberapa hari sebelum waktu tenggat.

Hindari gangguan yang bisa membuatmu tidak fokus

hands unrecognizable woman using smartphone desk office 700x467 - Lawan Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan Tips Ampuh Berikut!

Banyak faktor yang bisa membuat kita menjadi kehilangan fokus saat melakukan pekerjaan sehingga menunda untuk menyelesaikannya. Ya, dengan bermain smartphone atau menonton televisi memang bisa membuatmu terhibur saat penat dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun jangan lupa, dengan gangguan ini kamu juga harus menerima risiko pekerjaanmu lebih lama selesainya. Maka dari itu, jauhilah hal-hal yang bisa menghilangkan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan agar selesai tepat waktu.

Baca Juga: Stres Selama Work From Home? Coba Tips Berikut Ini

Jangan lupa selipkan waktu istirahat saat melakukan pekerjaan

casual woman taking break from work 700x394 - Lawan Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan Tips Ampuh Berikut!

Imbangilah waktu bekerja dengan waktu istirahat agar menghasilkan produktivitas bekerja lebih baik. Rasa malas bisa muncul ketika kamu menghindari kelelahan saat bekerja. Istirahat akan meringankan rasa penat kamu saat menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, hasil kerjamu akan lebih maksimal.

Kendalikan diri melalui pikiran positif

words think positive wooden table with group pencils 700x467 - Lawan Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan Tips Ampuh Berikut!

Buatlah dirimu nyaman dan selalu berpikiran positif saat melakukan pekerjaan. Hal ini secara tidak sadar akan membuatmu lebih fokus serta konsisten mengerjakan pekerjaan. Selain itu, motivasi dalam diri juga akan muncul. Dengan hal ini akan memudahkanmu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Hal ini juga berperan dalam mengurangi terjadinya kesalahan saat menyelesaikan pekerjaan.

Nah, itu dia tips yang bisa kamu coba terapkan untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaanmu. Seperti pepatah “Alah bisa karena biasa”, berawal dari merubah kebiasaan hingga menjadi terbiasa dengan sendirinya. Kamu bisa menyesuaikan metode atau cara menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan yang paling nyaman menurutmu.

Setelah mencoba untuk menerapkan kebiasaan baru dalam pekerjaan, jangan lupa untuk mengatur keuanganmu juga. Hanya dengan satu aplikasi yaitu Qelola, kamu sudah bisa kirim uang dari Indonesia ke Malaysia loh. Tersedia juga fitur lainnya seperti membeli voucher pulsa, bayar tagihan BPJS dan masih banyak lagi. Yuk, langsung klik unduh aplikasi Qelola melalui Google Playstore di smartphone-mu.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,