PJTKI Resmi Atau Ilegal? Ketahui Cara Cerdas Membedakan Keduanya

pjtki resmi

Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman menjadi pekerja migran di luar negeri, tentu Anda telah mengetahui pentingnya mendaftarkan diri melalui PJTKI resmi. Namun, bagi Anda yang belum memiliki pengalaman sama sekali, Anda patut waspada. Sebaiknya Anda memahami informasi bahwa mendaftarkan diri melalui agen resmi akan memberikan rasa aman dan nyaman, sehingga Anda dapat terhindar dari status TKI Ilegal. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari segi hukum apabila Anda memiliki masalah di tempat Anda bekerja. Pemerintah akan memberikan bantuan secara sigap saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, jika Anda memiliki dokumen yang jelas dan terdaftar. Lain halnya jika Anda mendaftar melalui calo, maka rasa tidak aman akibat dokumen Anda tidak resmi akan terus menghantui ketika Anda bekerja di luar negeri. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka akan Anda harus simak ulasan di bawah ini. Ada beberapa ciri tindakan calo untuk merekrut TKI Ilegal yang harus Anda waspadai.

Baca Juga: PJTKI Adalah Penyalur TKI, Bagaimana Cara Memilihnya?

Mengenal PJTKI Resmi

pjtki resmi 1 - PJTKI Resmi Atau Ilegal? Ketahui Cara Cerdas Membedakan Keduanya

PJTKI merupakan sebuah Perusahaan Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia yang menempatkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Luar Negeri, baik di sektor Formal maupun Informal. Pada umumnya, PJTKI memiliki visi dan misi untuk menciptakan, melayani, dan menempatkan TKI yang profesional, berkualitas, berintegritas, produktif, dan unggulan di segala sisi, sehingga diharapkan TKI yang ditempatkan tersebut akan mendapatkan peningkatan kesejahteraan bagi dirinya maupun keluarganya.

Selain itu, PJTKI juga memandang setiap calon TKI sebagai seorang individu yang berharga, dan berhak untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan bermakna. Salah satu kunci suksesnya adalah melalui pemberdayaan dan pelatihan setiap calon TKI untuk mencapai kualitas yang terbaik. Mengapa penting mendaftarkan diri melalui PJTKI Resmi?

  1. PJTKI yang resmi telah memiliki reputasi yang baik dan bertanggung jawab baik bagi calon TKI dengan jaringan relasi yang luas dengan agen-agen yang ada di luar negeri.
  2. PJTKI sudah memiliki pengalaman dan telah mengirim TKI ke luar negeri dan banyak yang telah berhasil menjalankan pekerjaannya sampai masa kontrak selesai dan pulang ke Indonesia dengan hasil yang memuaskan.
  3. Telah diakui oleh Pemerintah Indonesia sebagai PJTKI resmi yang berkualitas.
  4. Memiliki catatan pemberangkatan TKI ke luar negeri yang relatif cepat dan aman.
  5. Memiliki fasilitas terlengkap dan berkualitas.
  6. Memiliki komitmen untuk menjadi perusahaan pelatihan dan penempatan TKI ke luar negeri yang baik.

Ciri-Ciri Agen Penyalur TKI Ilegal

pjtki resmi 2 - PJTKI Resmi Atau Ilegal? Ketahui Cara Cerdas Membedakan Keduanya

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri agen penyalur TKI Ilegal atau calon yang harus Anda perhatikan:

  1. Salah satu ciri yang paling umum dari seorang calo atau agen penyalur TKI Ilegal adalah mereka tidak mementingkan keabsahan persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Mereka biasanya akan menyampaikan kalimat seperti “bisa diatur”, atau “yang penting kerja dulu saja”. Kedua kalimat tersebut patut diwaspadai ketika Anda menemukan dokumen yang meragukan.
  2. Bagi para calo atau agen penyalur TKI Ilegal, mengirimkan TKI secara Ilegal akan lebih mudah melalui jalur-jalur batas negara seperti Batam, dan beberapa daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Hal ini akan mereka lakukan untuk menghindari pemeriksaan badan imigrasi.
  3. Ciri selanjutnya yang patut diwaspadai adalah minimnya keterangan mengenai profesi dan gaji yang akan diterima setiap bulannya. Untuk menghindari hal ini, maka sebaiknya Anda mempertanyakan secara rinci. Profesi apa yang akan Anda jalani beserta berapa besaran gaji yang akan Anda dapatkan.

Tips Sukses Menjadi TKI di Malaysia

pjtki resmi 3 - PJTKI Resmi Atau Ilegal? Ketahui Cara Cerdas Membedakan Keduanya

Kenapa harus menjadi TKI yang sukses? Jawabannya adalah, karena Anda tidak mungkin menjadi TKI selamanya yang berada di luar negeri. Tetapi bekerja di luar negeri adalah sebuah sasaran sementara atau batu lompatan karena kesempatan kerja dalam negeri yang  terbatas. Diharapkan, kesuksesan selama menjadi TKI di luar negeri akan membawa dampak positif. Baik terhadap kesejahteraan bagi Anda sendiri, maupun bagi keluarga yang Anda tinggalkan. Nah, untuk menjadi TKI yang sukses sebenarnya bukan perkara mudah. Tetapi membutuhkan kompetensi tertentu yang mencakup keterampilan, ilmu pengetahuan, kecerdasan, kemampuan komunikasi sesuai negara penempatan, ketekunan, motivasi, serta kejujuran yang tinggi. Selain itu juga Anda dituntut untuk dapat melindungi diri sendiri dengan baik, serta dapat mengelola hasil kerja dengan dengan baik pula.

Berbicara soal pengelolaan hasil kerja atau gaji, sebenarnya ada aplikasi khusus yang akan memudahkan Anda. Qelola hadir sebagai aplikasi keuangan yang bisa Anda andalkan untuk pengelolaan keuangan selama menjadi TKI di Malaysia. Kirim uang untuk keluarga di tanah air bisa Anda lakukan dengan mudah, cepat, dan yang pasti murah. Selain itu, agar Anda lebih mudah mengontrol keuangan bulanan, Anda juga bisa membayarkan tagihan-tagihan rumah tangga Anda di tanah air secara langsung melalui ponsel Anda. Di mana riwayat transaksi akan tercatat dan tersimpan secara rapi dalam aplikasi. Jadi, Anda bisa memastikan bahwa tagihan listrik, air, dan lainnya sudah terbayarkan tepat waktu. Karena Anda sendiri yang membayarnya dari Malaysia. Anda penasaran? Langsung saja unduh aplikasi Qelola dan lakukan pendaftaran sekarang juga secara gratis!

Tags: , , , , ,