Belum Bekerja? Tips Cepat Dapat Kerja, Ini Solusinya

tips cepat dapat kerja

Memiliki pekerjaan dengan gaji yang stabil adalah impian setiap orang. Setelah lulus sekolah atau kuliah, hampir setiap orang berbondong-bondong untuk melamar pekerjaan. Tak jarang, proses mencari pekerjaan menimbulkan rasa tertekan atau bahkan stres tersendiri. Setiap pelamar kerja akan bersaing secara ketat satu sama lain. Pesaingnya pun sangat beraneka ragam, baik yang berasal dari kelompok yang masih fresh graduate maupun dari kalangan yang telah berpengalaman. Di bawah ini kami bagikan 7 tips cepat dapat kerja agar kehidupan Anda tidak dipenuhi rasa khawatir lagi karena masalah pekerjaan.

1.  Memperluas Jaringan

play stone network networked interactive 163064 - Belum Bekerja? Tips Cepat Dapat Kerja, Ini Solusinya

Bukan suatu rahasia lagi jika memiliki koneksi yang luas akan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah saat merasa membutuhkan pekerjaan. Memiliki banyak kenalan akan sangat membantu dalam memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada. Bahkan tak jarang, mereka sendiri yang akan menawarkan suatu pekerjaan saat merasa membutuhkan tenaga kerja tambahan.

Dengan memiliki kenalan seperti ini, Anda akan memperoleh banyak informasi. Bukan hanya dari jenis pekerjaannya, tapi juga dari segi gaji ataupun kelebihan serta kekurangan dari pekerjaan tersebut. Selain itu, tentunya akan mengurangi tingkat persaingan.

2.  Menjadi Volunteer

Volunteer atau relawan adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengalaman. Tawarkan bantuan di pusat keagamaan, pusat komunitas atau klub olahraga. Dengan menjadi volunteer atau relawan, Anda sudah dianggap memiliki pengalaman kerja dalam bidang tersebut. Karena segala jenis pekerjaan dianggap pengalaman dan dapat ditambahkan ke CV Anda. Menjadi volunteer juga merupakan salah satu tips cepat  dapat kerja yang dapat menambah daftar pengalaman Anda.

3.  Mengikuti Job Fair

Selain mencari pekerjaan secara online, menghadiri job fair juga akan memberikan banyak informasi lowongan pekerjaan. Biasanya, puluhan bahkan ratusan lowongan pekerjaan akan ditawarkan. Bahkan tak jarang, seleksi calon karyawan juga dilakukan selama acara berlangsung atau yang sering disebut walk in interview. Dengan mengikuti job fair, maka Anda akan dapat menemukan banyak perusahaan dengan berbagai bidang kerja hanya dalam satu tempat.

Job fair events biasanya dilakukan di aula atau hall yang siap menampung ratusan atau bahkan ribuan calon pelamar kerja dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, tak ada salahnya saat menghadiri job fair events, sebaiknya sekaligus membawa beberapa CV dan surat lamaran kerja untuk mempermudah proses. Jadi, saat acara berlangsung, Anda sekalian melamar pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang Anda kuasai.

4.  Manfaatkan Internet

pexels photo 4474047 - Belum Bekerja? Tips Cepat Dapat Kerja, Ini Solusinya

Tips cepat dapat kerja berikutnya bisa Anda peroleh melalui internet. Jika jaman dulu, melamar pekerjaan dilakukan secara door to door di perusahaan. Namun saat ini, dengan memperoleh informasi lowongan pekerjaan di internet, apply lamaran pekerjaan akan terasa lebih mudah.

Manfaatkan internet untuk mencari pekerjaan. Sekarang ini sudah banyak website yang memang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan. Misalnya saja, Linkedln, Jobstreet, JobsDB, Jobs.id, Karir.com dan masih banyak lainnya. Kebanyakan dari situs lowongan kerja juga sudah tersedia aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Selain itusaat ini lowongan pekerjaan juga banyak dibagikan melalui media sosial seperti Instagram.

5.  Tunjukkan Keahlian

pexels photo 2566581 - Belum Bekerja? Tips Cepat Dapat Kerja, Ini Solusinya

Tips cepat dapat kerja yang satu ini berasal dalam diri Anda yaitu dengan memiliki keahlian. Seperti yang kita tahu, saat ini telah banyak orang yang memiliki ijasah. Jika hanya mengandalkan ijasah tanpa memiliki keahlian yang spesifik maka Anda tidak akan terlihat menonjol di antara calon kandidat pencari kerja lainnya. Memiliki suatu kelebihan, saat melamar pekerjaan akan memberi poin tersendiri. Biasanya, keahlian yang dimiliki pelamar kerja akan menjadi salah satu pertimbangan diterimanya atau tidak untuk bekerja. Jangan pernah ragu menuliskan semua keahlian yang Anda miliki ke dalam CV Anda. Jangan lupa sertakan bukti konkrit yang biasanya berbentuk sertifikat. Ini akan menunjukkan bahwa Anda memang pribadi yang capable dan perusahaan akan mempertimbangkannya.

6.  Menguasai Bahasa Inggris

Tips cepat dapat kerja yang sudah umum namun masih banyak dihindari adalah penguasaan bahasa Inggris. Secara umum, bahasa Inggris adalah bahasa pilihan untuk bisnis di sebagian besar dunia. Semakin baik bahasa Inggris Anda, semakin baik peluang kerja Anda! Tonton acara TV yang menggunakan bahasa Inggris, dengarkan stasiun radio Inggris, baca majalah dan surat kabar dan berbicaralah dengan teman dan keluarga dalam bahasa Inggris! Berlatihlah setiap hari agar kemampuan Anda meningkat dan lebih baik.

7.  Waspadai Jejak Digital Anda di Media Sosial

pexels photo 1851415 - Belum Bekerja? Tips Cepat Dapat Kerja, Ini Solusinya

Dan tips cepat dapat kerja yang terakhir adalah hati-hati dalam menggunakan media sosial Anda. Karena perusahaan berpotensi akan melihat Anda di media sosial sebelum mereka mewawancarai atau mempekerjakan Anda. Ingatlah, jejak digital yang terekam di media sosial tidak akan mudah hilang. Ketika Anda memposting sesuatu hal maka semua akan lansung tersebar dengan luas dan cepat. Untuk mengantisipasi hal itu sudah saatnya Anda harus berhati-hati dan lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga: Ingin Diterima Kerja? Awasi Jejak Digital Anda

Demikian informasi tentang tips cepat dapat kerja yang bisa mulai Anda aplikasikan dari sekarang. Jangan lupa, mempersiapkan karir di masa depan juga sama pentingnya dengan pengelolaan uang. Untuk mengantisipasi hal ini gunakanlah aplikasi keuangan terkini yang bisa Anda andalkan untuk mengatur keuangan bulanan Anda. Ada banyak aplikasi keuangan aman dan terpercaya yang bisa jadi pilihan Anda untuk pengelolaan uang tersebut seperti aplikasi Qelola. Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui Playstore secara gratis di ponsel Anda. Ketahui lebih jauh tentang aplikasi Qelola dengan mengunjungi website resminya di sini.

 

Tags: , , , , , , , ,