Tips Sukses Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate

fresh graduate

Sebagai seorang fresh graduate, proses wawancara kerja dengan orang asing bisa menjadi salah satu hal yang menegangkan. Hal ini disebabkan karena belum adanya pengalaman kerja ataupun melamar kerja sebelumnya apalagi untuk Anda yang akan melakukan wawancara kerja untuk bekerja di luar negeri. Tidak sedikit orang yang akhirnya gagal mendapatkan pekerjaan karena tidak lolos di tahap awal wawancara karena kurangnya persiapan. Oleh karena itu, berikut kami berikan tips untuk para fresh graduate yang akan melakukan wawancara kerja dengan orang asing  supaya berjalan dengan lancar.

1.  Melakukan Riset

persyaratan kuliah di malaysia 3 - Tips Sukses Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate

Tips wawancara kerja yang pertama adalah dengan membekali diri Anda sebanyak mungkin dengan berbagai informasi mengenai pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar. Karena bagi para fresh graduate wawancara kerja adalah hal yang baru, maka sangatlah penting untuk melakukan riset mendalam sebelum wawancara kerja. Anda bisa mengetahui informasi tentang perusahaan, sejarah perusahaan, bidang usaha atau industri apa yang mereka jalankan, dan seperti apa budaya kerja di perusahaan mereka melalui internet. Ketika Anda sudah mengetahui informasi tersebut, Anda akan menjadi lebih siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan. Melakukan riset mengenai target perusahaan untuk kerja di luar negeri juga sangat penting. Karena dengan mengetahui latar belakang perusahaan akan memberikan Anda nilai lebih di mata perusahaan yang Anda lamar. Selain itu persiapan lain yang perlu Anda lakukan adalah memahami budaya negara tersebut, seperti memahami cara mereka menyapa satu sama lain hingga cara mereka berinteraksi untuk menghindari kesalahan dalam berkomunikasi.

2.  Berpenampilan Baik

adaptasi e1592117468343 - Tips Sukses Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate

Wawancara kerja merupakan proses pengenalan oleh karena itu kesan pertama sangatlah penting untuk memberikan penilaian awal yang baik tentang diri Anda. Salah satu hal yang berpengaruh besar dalam kesan pertama adalah penampilan diri. Persiapkanlah pakaian yang rapi namun tidak berlebihan untuk wawancara. Memilih tampilan yang sederhana dan tidak mencolok adalah pilihan yang paling aman untuk wawancara kerja. Pastikan juga rambut Anda tertata rapi dan wajah Anda terlihat segar. Senyuman dan gestur tubuh yang ramah juga akan membantu menciptakan kesan pertama yang lebih baik pada saat wawancara. Tidak peduli jenis perusahaan tempat Anda melamar, berpakaian rapi dalam wawancara kerja adalah prinsip. Selain itu, berpenampilan baik bisa menjadi nilai plus dan juga mempengaruhi diterima atau tidaknya seorang pelamar.  Oleh karena itu berikanlah penampilan terbaik Anda.

3.  Bersikap Tenang

pexels photo 1181715 - Tips Sukses Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate

Menurut beberapa sumber, salah satu kegagalan wawancara diakibatkan oleh para pelamar yang tidak tenang dalam melakukan wawancara. Ketidaktenangan ini pun berdampak pada tata bahasa yang kacau, sehingga membuat pihak HRD perusahaan lantas bisa segera mencoret nama pelamar tersebut. Meskipun dengan berbagai persiapan wawancara yang Anda lakukan, hal-hal tak terduga masih sangat mungkin terjadi. Jadi, persiapkan diri Anda akan berbagai pertanyaan tak terduga ataupun hal lainnya sehingga Anda tidak terlalu kaget dan gugup. Tetaplah tenang dan fokus pada wawancara. Tidak hanya merusak kesan, gugup juga akan mengganggu dalam menjawab pertanyaan pada saat wawancara. Jadi buatlah diri Anda setenang mungkin dalam menghadapi wawancara kerja.

4.  Percaya Diri

PD - Tips Sukses Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate

Percaya diri adalah kunci penting untuk bisa lolos wawancara kerja. Percaya diri akan membuat Anda terlihat lebih meyakinkan dan siap untuk bekerja. Bangunlah rasa percaya diri yang tinggi tanpa keraguan dengan menguasai resume diri dan info mengenai perusahaan ketika wawancara kerja. Apabila hal itu dilakukan, sudah bisa dipastikan bahwa Anda akan segera dinyatakan lolos untuk tes wawancara. Pihak pewawancara sangat menyukai pelamar yang tidak pernah ragu atas ucapan, keputusan, dan jawaban-jawaban yang diucapkan. Hal itu tentu menggambarkan bahwa pelamar adalah pribadi yang memiliki rasa percaya diri tinggi dan itu akan membantu perusahaan dalam mewujudkan visi dan misinya. Jadi, apabila Anda ingin sukses dalam wawancara kerja, hilangkan segera rasa ragu Anda dan tingkatkanlah rasa percaya diri agar bisa berkomunikasi dengan baik tanpa hambatan.

5.  Tunjukkan Kelebihan Anda

kelebihan - Tips Sukses Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate

Tips untuk sukses dalam wawancara kerja selanjutnya adalah dengan menunjukkan kelebihan dan potensi diri yang Anda miliki melalui contoh kasus, karena informasi mengenai kelebihan Anda atau bagaimana Anda akan berkontribusi pada perusahaan akan sering ditanyakan. Namun, untuk membuatnya lebih meyakinkan, Anda bisa menyertakan berbagai contoh pengalaman yang menggambarkan kelebihan dan bakat yang Anda miliki. Misalkan pengalaman Anda saat terlibat di organisasi selama di kampus, pengalaman bekerja kelompok atau kegiatan sosial. Tidak perlu mengarang cerita, karena dari pengalaman sederhana yang Anda miliki, Anda bisa tetap menggambarkan kelebihan, bakat, serta potensi diri Anda.

Baca Juga: Ingin Bekerja di Malaysia Setelah Selesai Kuliah? Cek Infonya di Sini

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar wawancara kerja Anda sukses dan berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat. Bagi Anda yang sudah bekerja di Malaysia, pastinya juga harus cermat mengatur keuangan di masa depan. Salah satu cara tepat agar dapat mengatur pengeluaran adalah dengan menggunakan aplikasi keuangan hemat biaya seperti Qelola. Qelola merupakan aplikasi keuangan yang dapat membantu Anda untuk melakukan transfer secara langsung kepada rekening bank tujuan di Indonesia secara real time. Selain itu, Qelola juga bisa membantu Anda untuk membayar berbagai macam tagihan seperti tagihan listrik secara online, BPJS, dan pajak. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , ,