Mendapat Promosi Kerja Bukan Lagi Mimpi, Lakukan Tips Ini

promosi kerja

Dalam dunia kerja, mendapatkan promosi kerja adalah impian bagi sebagian besar karyawan. Promosi kerja sendiri adalah pemindahan tenaga kerja dari satu posisi atau jabatan ke posisi atau jabatan yang lebih tinggi. Sehingga tidak hanya gaji yang lebih besar, namun karyawan atau tenaga kerja tersebut juga memiliki tanggung jawab dan tugas yang lebih besar. Promosi kerja juga akan memberikan Anda kesempatan yang lebih luas untuk meningkatkan skill, memperluas kesempatan mengambil keputusan di tempat kerja, dan sebagainya. Sayangnya tidak semua tenaga kerja mendapatkan hal ini. Hanya karyawan tertentu yang biasanya memiliki prestasi dan peran yang cukup banyak di tempat kerja yang mendapatkannya. Oleh karena itu, posisi apapun yang Anda miliki saat ini, Anda masih bisa mengusahakannya. Apa saja tips yang bisa dilakukan untuk mendapat promosi kerja? Simak daftarnya berikut ini.

1. Profesional dan Totalitas Terhadap Tugas yang Diberikan

Promosi kerja biasanya diberikan kepada karyawan yang memiliki kinerja di atas rata-rata dibanding karyawan lain. Sehingga apabila Anda ingin mendapatkan promosi kerja, mulailah dengan menjadi karyawan yang profesional. Ketika pekerjaan harus selesai, misal 3 hari ke depan, maka usahakan selesai sebelum deadline tersebut. Namun Anda juga harus totalitas dalam mengerjakannya, tidak hanya asal selesai. Bahkan jika perlu berikan atasan Anda untuk mengoreksinya agar Anda dapat mengevaluasi pekerjaan.

2. Fokus Pada Pengembangan Kemampuan Diri

skill 1 - Mendapat Promosi Kerja Bukan Lagi Mimpi, Lakukan Tips Ini

Karyawan yang fokus pada pekerjaan untuk meningkatkan kemampuan atau skill yang ia miliki biasanya akan lebih mudah menarik perhatian atasan. Jika Anda ingin mendapatkan promosi kerja, jangan hanya fokus pada jabatan dan gaji besarnya. Karena bila Anda fokus pada pengembangan diri, atasan akan melihat Anda sebagai karyawan yang suka belajar hal baru dan mencari tantangan yang bermanfaat bagi dirinya. Dengan kata lain, karir Anda akan mengikuti dengan sendirinya ketika kemampuan meningkat. Pun jika Anda tidak kunjung mendapatkan promosi kerja, sikap dan kebiasaan ini akan bermanfaat dimanapun Anda berada.

3. Berkomitmen Tinggi Terhadap Pekerjaan dan Tempat Kerja

Berkomitmen berarti Anda setia, baik dalam menjalani pekerjaan Anda maupun terhadap perusahaan atau tempat Anda bekerja. Atasan Anda pasti akan memberikan promosi kerja kepada karyawan yang setidaknya sudah bekerja bertahun-tahun dengan mereka. Hal ini akan menunjukkan bahwa semua yang Anda kerjakan adalah demi kebaikan dan keuntungan di tempat kerja. Beberapa hal yang bisa menunjukkan komitmen Anda adalah mengikuti semua kegiatan di tempat kerja meskipun kegiatan tersebut tidak wajib, memberikan sumbangsih ide yang menguntungkan ketika dimintai pendapat, dan sebagainya.

4. Memiliki Etika dalam Bekerja dan Perilaku Positif

Etika dan perilaku positif dalam bekerja harus dimiliki oleh semua karyawan, tidak hanya karyawan yang ingin mendapatkan promosi kerja. Namun bagi Anda yang ingin dapat promosi kerja, sebaik dan setinggi apapun kualitas kinerja Anda, jika Anda tidak memiliki etika yang baik dalam bekerja, atasan mungkin akan berpikir ulang untuk memberikan jabatan baru. Bahkan meskipun Anda sudah mendapatkan jabatan baru, bawahan Anda mungkin akan sulit diajak bekerja sama jika perilaku Anda kurang menghargai mereka.

5. Jangan Sampai Menggunakan Cara Kotor

shield 2854067 960 720 - Mendapat Promosi Kerja Bukan Lagi Mimpi, Lakukan Tips Ini

Cara kotor atau curang untuk mendapatkan promosi kerja mungkin akan lebih cepat berhasil, namun akan ada akibat yang menanti Anda suatu saat nanti. Bagaimanapun juga hal buruk tidak akan terpendam selamanya, cepat atau lambat pasti akan diketahui. Bahkan mungkin meskipun Anda tidak memiliki niatan untuk melakukan cara curang, bisa jadi ada orang yang ingin memanfaatkan kemampuan Anda untuk mendapatkan jabatan tertentu. Jadi tidak ada salahnya berhati-hati dan peka terhadap rekan kerja yang kurang baik. Yakinlah bahwa usaha Anda tidak akan menghianati hasil.

Baca Juga: Tips Menerapkan Sikap Positif dalam Bekerja yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa tips di atas mungkin sudah Anda lakukan namun tak kunjung mendapatkan promosi kerja. Jika hal tersebut terjadi, jangan putus asa karena terkadang atasan Anda ingin melihat kegigihan Anda dalam waktu yang tidak singkat. Kemungkinan lainnya adalah atasan Anda ingin memastikan bahwa Anda adalah karyawan yang dapat dipercaya mendapat tanggung jawab yang lebih besar. Ingat! Promosi kerja tidak selalu untuk karyawan kantor lho. Dalam setiap sektor pekerjaan yang memiliki tingkatan peran pasti ada promosi kerja. Sehingga tidak menutup kemungkinan Anda yang bekerja di bidang informal akan mendapatnya juga. Karena pada dasarnya promosi kerja adalah salah satu hak karyawan.

Untuk membantu performa Anda dalam bekerja, jangan ragu menggunakan bantuan aplikasi yang memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang ringan. Khususnya bagi Anda yang bekerja di luar negeri dan harus mengelola keuangan di negara penempatan Anda dan di Indonesia. Salah satunya adalah tugas mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri atau sebaliknya, mengirim uang, misal gaji, dari luar negeri ke Indonesia. Qelola sebagai aplikasi dengan berbagai fiturnya juga bisa membantu urusan membayar tagihan Anda di Indonesia hanya dengan smartphone. Yuk rasakan manfaat Qelola langsung dengan unduh di sini.

Tags: , , , ,