Butuh Lowongan Kerja Legal? Yuk Pahami Cara Daftar TKI via HP

lowongan kerja legal

Mendaftar menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kini semakin mudah. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, mencari lowongan kerja legal dan mendaftar menjadi TKI ke luar negeri cukup melalui HP saja. Caranya juga cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya melalui Google Playstore atau App Store. Dilansir dari laman Surabaya Tribunnews, warga yang ingin menjadi TKI akan dipandu dengan sangat mudah, serta akan ditunjukkan PJTKI resmi yang akan memberangkatkan para calon TKI ke negara tujuan. Kepala UPT Penempatan dan Perlindungan TKI (P2TKI) Disnaker Jatim Budi Raharjo, telah menyampaikan bahwa setiap warga yang ingin mendaftar TKI tidak perlu khawatir. Karena semua itu di bawah pengawasan resmi Disnaker Jatim. Sehingga informasi dijamin pasti, dan prosesnya tidak dipungut biaya alias gratis untuk bisa menjadi TKI. 

Baca Juga: Serba-serbi Tentang Proses Pendaftaran, Wawancara, Hingga Foto Paspor

Bagaimana Cara Mendapatkan Lowongan Kerja Legal?

lowongan kerja legal 1 - Butuh Lowongan Kerja Legal? Yuk Pahami Cara Daftar TKI via HP

Perkembangan teknologi saat ini memicu munculnya berbagai macam situs dan juga aplikasi yang menyajikan informasi lowongan kerja dengan mudah. Demikian pula untuk pencari tenaga kerja juga dapat mencari pekerja melalui situs tersebut. Namun, perlu Anda ketahui bahwa untuk mencari informasi pekerjaan, pastikan Anda tidak sembarangan. Anda harus jeli dalam membaca setiap informasi, sehingga Anda dapat menemukan informasi mengenai lowongan kerja legal yang tepat. Apalagi jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Hal ini sangat rentan terhadap penipuan, mengingat hingga saat ini masih ada banyak kasus TKI ilegal. Anda tentu saja tidak ingin menyandang status yang sama, bukan? Itulah mengapa, sebaiknya Anda mencari informasi yang valid. Sehingga Anda dapat terhindar dari calo, maupun jenis penipuan lainnya.

Bagaimana Cara Daftar TKI via HP?

lowongan kerja legal 2 - Butuh Lowongan Kerja Legal? Yuk Pahami Cara Daftar TKI via HP

Sebelum berbasis android, layanan pendaftaran menjadi TKI dilayani melalui online dengan mengakses website resmi yang ternyata prosesnya cukup merepotkan. Namun cara itu telah ditinggalkan, karena kini cukup melalui Google Playstore atau App Store, proses pendaftaran TKI sudah bisa diproses. Hal ini merupakan salah satu cara Disnaker untuk memerangi calo TKI yang kerap mendatangi para warga di kampung-kampung. Lalu, bagaimana cara daftar TKI melalui HP? Langkah pertama, Anda harus mengunduh SimPadu-PMI (sarana informasi terpadu pekerja migran Indonesia) di Google Playstore atau App Store pada HP Anda.

Dengan SimPadu-PMI ini, setiap WNI yang akan mendaftarkan diri menjadi TKI akan dijamin oleh Pemerintah. Dan mereka akan dipekerjakan dan ditempatkan sesuai bidangnya. Tidak hanya jadwal keberangkatan, nama perusahaan tujuan, hingga biaya yang diperlukan untuk keberangkatan, akan transparan tertera pada aplikasi tersebut. Semua informasi telah disajikan dengan sangat rinci. Nantinya, setiap calon TKI akan dikenakan struktur biaya pekerja migran. Mulai untuk tujuan Medical Check up, dokumen perjalanan paspor dan visa, asuransi BPJS, pelatihan kerja, uji kompetensi, hingga jasa pelaksanaan penempatan TKI di negara tujuan. Bidang pekerjaan yang dimaksudkan adalah bidang pekerjaan formal. Mulai dari cleaning service, penjaga toko, karyawan pabrik, pekerja perkebunan, perawat, hingga bidang keahlian khusus lainnya. Melalui aplikasi ini, Anda akan lebih tenang karena lowongan kerja legal bisa Anda dapatkan.

Bagaimana Cara Menjadi TKI di Malaysia?

lowongan kerja legal 3 - Butuh Lowongan Kerja Legal? Yuk Pahami Cara Daftar TKI via HP

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi tenaga migran di Malaysia, pastikan Anda telah mengetahui beberapa persyaratan yang diperlukan. Di antaranya adalah seperti berikut ini:

  1. Anda harus memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku.
  2. Berumur 18 hingga 38 tahun, dan berumur 21 hingga 45 tahun untuk TKI PLRT.
  3. Selanjutnya Anda harus datang secara sah ke Malaysia melalui Pemerintah atau Perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS-dulu PJTKI) yang sudah terdaftar di DEPNAKER RI.
  4. Menandatangani Kontrak Kerja dengan pihak pemberi kerja di Malaysia.
  5. Lulus pemeriksaan kesehatan (FOMEMA) dengan biaya kurang lebih RM180 untuk laki-laki, dan RM190 untuk wanita. Biaya pemeriksaan kesehatan ini biasanya akan ditanggung oleh pihak pemberi kerja.
  6. Selain itu, Anda juga harus memiliki Work Pass atau Permit Kerja yang diuruskan oleh pihak pemberi kerja, dan dikenakan bayaran per tahun atau levy.
  7. Memiliki atau telah diuruskan kartu Pengenalan Pekerja Asing yang dikeluarkan oleh Pemerintah Malaysia.
  8. Anda harus bekerja pada pihak pemberi kerja yang nama dan alamatnya telah tercantum di dalam Permit Kerja.
  9. Sebagai TKI di Malaysia, Anda wajib diikutsertakan dalam program asuransi di Malaysia berdasarkan Workmen Compensation Act 1952.

Apa Saja Kewajiban TKI di Malaysia?

Sebagai TKI di Malaysia, Anda berkewajiban untuk melaporkan keberadaan Anda di Malaysia kepada Perwakilan RI yang ada di Malaysia. Hal tersebut dimaksudkan agar Perwakilan RI dapat memberikan bantuan serta perlindungan kepada Anda jika sekiranya terjadi masalah di kemudian hari. Disamping itu, Anda juga dapat kehilangan kewarganegaraan apabila Anda tidak melaporkan keberadaan Anda kepada Perwakilan RI selama 5 tahun berturut-turut. Kemudian, apabila paspor Anda disimpan oleh pihak pemberi kerja, berikut ini adalah hal yang harus Anda lakukan:

  1. Memiliki salinan paspor yang dilengkapi dengan surat keterangan pemberi kerja untuk disahkan oleh KBRI atau KJRI dan diberikan keterangan pindah alamat.
  2. Menyimpan salinan Permit Kerja, untuk mengingatkan pihak pemberi kerja apabila Permit akan habis masa berlakunya.
  3. Pihak pemberi kerja harus membuatkan Kartu Pekerja (sebagai pengganti paspor).
  4. Apabila hendak keluar dari lokasi kerja atau cuti, maka Anda harus meminta paspor yang disimpan oleh pihak pemberi kerja.

Itulah beberapa informasi tentang pentingnya mencari lowongan kerja legal, hingga bagaimana cara mendaftar TKI hanya melalui HP. Cukup mudah, bukan? Kemudahan tersebut adalah berkat kemajuan teknologi. Sama halnya dengan pembayaran tagihan, kirim uang, hingga beli pulsa, kini bisa Anda lakukan kapan dan di mana saja hanya melalui HP. Anda bisa unduh aplikasi Qelola di HP Anda. Qelola ini nantinya bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan berbagai macam transaksi, termasuk untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Biaya yang dibebankan untuk setiap transaksi sangat murah. Fiturnya juga lengkap, sehingga hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja Anda sudah bisa bayar ini-itu dengan praktis.

Tags: , , , , , , , ,