Tips Belajar Menerapkan Manajemen Waktu, Simak di Sini!

Manajemen Waktu

Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik tidak hanya diperlukan oleh mahasiswa namun juga oleh Anda yang sudah bekerja. Dengan kemampuan ini, Anda bisa benar-benar memanfaatkan waktu yang Anda miliki agar tujuan yang dimiliki bisa tercapai tepat waktu. Tentu saja, hal ini bukan urusan sederhana yang bisa dilakukan seenaknya sendiri. Fokus, prioritas, dan konsistensi akan jadi kunci utama dari kemampuan yang satu ini.

Jika Anda ingin melatih kemampuan manajemen waktu, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Tentu poin tersebut akan dijelaskan dalam artikel ini, namun yang harus selalu Anda ingat adalah Anda harus disiplin ketika mengelola waktu. Waktu adalah sumber daya yang amat tinggi nilainya, dan tidak bisa didapatkan kembali. Jadi setiap ‘gerakan’ yang Anda lakukan harus benar-benar efektif dan efisien.

Beberapa tips untuk memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik adalah sebagai berikut.

Memiliki Satu Tujuan Jelas

Untitled design959 - Tips Belajar Menerapkan Manajemen Waktu, Simak di Sini!

Satu tujuan jelas harus Anda miliki. Misalnya saja, Anda ingin memiliki pekerjaan dengan jabatan tertentu, pada tahun tertentu, dengan gaji tertentu, semua harus dituliskan secara nyata dan menjadi titik yang akan Anda tuju. Sebisa mungkin tuliskan setiap detail terkait tujuan besar tersebut dalam jangka waktu yang terbagi-bagi.

Tujuan menuliskan hal ini adalah sebagai pengingat setiap hari ketika Anda akan mulai beraktivitas. Dengan melihat tujuan besar yang ingin Anda capai setiap hari, Anda akan selalu memiliki motivasi untuk terus berusaha mencapai tujuan tersebut. Anda bisa menuliskannya di kertas kecil dan ditempel di cermin, atau bahkan menggambarnya di dinding kamar agar selalu jadi pengingat kapanpun Anda bangun dan sebelum terlelap.

Lakukan Breakdown ke Tujuan yang Lebih Kecil

Tujuan besar pada poin pertama akan menjadi titik akhir yang Anda inginkan. Untuk mencapai titik tersebut, tentu ada proses yang harus dilakukan secara bertahap. Nah, setelah tujuan dituliskan, perlahan lakukan breakdown pada tujuan tersebut jadi satu rangkaian to-do list dalam skala harian.

Misalnya, untuk bisa bekerja sebagai manajer satu perusahaan, Anda harus memiliki kemampuan tertentu, jadi Anda bisa mengikuti kelas untuk mendapatkan kemampuan tersebut, atau mencari kesempatan magang, begitu seterusnya. Dengan mencapai tujuan-tujuan yang lebih kecil ini, motivasi Anda akan terus terjaga sehingga Anda tidak akan ‘kehabisan’ semangat dalam proses panjang yang harus dilalui.

Jadwalkan Kegiatan, Tapi Harus Tetap Realistis

Untitled design958 - Tips Belajar Menerapkan Manajemen Waktu, Simak di Sini!

Membuat jadwal ketat mungkin terdengar keren dan menjadi bentuk nyata manajemen waktu yang ingin Anda terapkan. Namun demikian ketika jadwal yang dibuat terlalu padat, maka Anda cenderung akan tertekan dan kurang bisa menikmati proses yang dijalani. Maka dari itu, ada baiknya Anda juga realistis ketika menyusun jadwal dan to-do list yang akan jadi panduan.

Berikan beberapa kelonggaran pada waktu yang dipilih untuk memberikan kesempatan tubuh dan pikiran istirahat sejenak dan mencari penyegaran. Setelah aktivitas panjang mengejar tujuan, tentu tubuh dan pikiran perlu istirahat agar tidak muncul rasa jenuh yang justru akan menjadi pemberat langkah Anda kedepannya. Masukkan agenda liburan atau hal yang dapat menghibur diri Anda.

Distraksi Ada di Banyak Titik, Anda Harus Cermat

Manajemen waktu yang baik didasari dengan fokus, konsistensi, dan memiliki prioritas. Dalam prosesnya, Anda akan menemui berbagai hal yang tidak direncanakan dan mungkin saja cukup menarik untuk dilakukan. Meski demikian, hal-hal yang ada di luar agenda Anda harus benar-benar dicermati, apakah akan membawa Anda lebih dekat dengan tujuan atau justru hanya menghabiskan waktu Anda yang berharga.

Hindari hal-hal yang sifatnya distraksi karena akan memakan banyak waktu yang berharga. Anda harus disiplin dalam menerapkan manajemen waktu, agar tujuan bisa diraih dalam waktu sesuai dengan rencana awal yang dimiliki.

Manajemen Waktu dan Apresiasi Diri

Untitled design957 - Tips Belajar Menerapkan Manajemen Waktu, Simak di Sini!

Menerapkan dan melatih kemampuan manajemen waktu harus pula diiringi dengan apresiasi diri yang sesuai porsinya. Proses yang Anda jalani dan Anda upayakan akan memakan banyak tenaga dan pikiran, sehingga sesekali memberikan hadiah pada diri sendiri adalah hal yang penting.

Tujuannya sederhana, agar Anda tetap memiliki semangat yang terjaga dan tidak luntur. Self reward ini bisa dalam bentuk banyak hal, misalnya barang yang Anda inginkan, makanan enak, liburan singkat, atau sekedar waktu sehari untuk bermalas-malasan. Tapi ingat, self reward ini hanya bisa diambil setelah Anda mencapai satu titik tertentu agar benar-benar bisa jadi motivasi untuk Anda.

Baca Juga: Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Mudah untuk TKI

Kemampuan manajemen waktu adalah kemampuan mendasar yang wajib dimiliki semua orang. Sama halnya dengan memiliki partner layanan remitansi yang handal, adalah hal wajib untuk Anda yang bekerja sebagai TKI di luar negeri. Mengirimkan uang kepada keluarga yang ada di Indonesia dapat dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan layanan Qelola. Biaya yang murah serta transfer yang cepat, menjadikan layanan dalam aplikasinya salah satu yang terbaik pada segmen remitansi. Unduh aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,