Berbagai Hal Mengenai Bisnis Jasa Titip yang Perlu Diketahui

EP 23 - Berbagai Hal Mengenai Bisnis Jasa Titip yang Perlu Diketahui

Bisnis jasa titip akhir-akhir ini berkembang dengan sangat pesat. Banyak yang menekuninya dan banyak pula yang menjadi konsumennya. Bisnis jasa titip adalah jasa yang memberikan layanan membelikan produk tertentu dengan menambahan nilai atau harga barang tersebut.

Dalam bisnis jasa titip konsumen akan mengirim permintaan untuk membelikan sebuah barang kepada pemilik bisnis jasa titip yang selanjutnya disebut sebagai penyedia. Kemudian penyedia akan mencarikan barang tersebut untuk akhirnya diberikan kepada konsumen. Namun sebelumnya konsumen harus terlebih dahulu membayar harga barang, upah jasa titip serta ongkos kirim. Selain ini, ada lagi sistem yang kerap diadopsi di bisnis jasa titip. Yakni penyedia mengunggah produk dari toko serta harganya terlebih dahulu di akun media sosial, kemudian konsumen yang akan memilih kira-kira barang mana yang akan dititip beli kepada penyedia. Mungkin Anda bertanya-tanya pada sistem ini apa yang membedakan bisnis jasa titip dengan reseller biasa. Reseller biasanya menjualkan barang dari supplier dan menyetok beberapa barang. Sementara bisnis jasa titip akan mengunggah barang dari sembarang toko yang dikunjungi. Dan penyedia biasanya hanya mengunggah foto dari toko tersebut tanpa menyetoknya sama sekali.

Baca Juga: Berminat untuk Bisnis Jasa Titip? Pahami Dulu Aturan Bea Cukai Ini

Keuntungan Melakukan Bisnis Jasa Titip

EP 23 3 - Berbagai Hal Mengenai Bisnis Jasa Titip yang Perlu Diketahui

Apa sebenarnya keuntungan yang didapatkan ketika menjalankan bisnis ini? Mengapa banyak orang yang ingin menggeluti bisnis ini? Berikut poin-poinnya.

Tidak Membutuhkan Modal yang Banyak

Memulai bisnis yang satu ini biasanya hanya memerlukan modal smartphone dan paket internet untuk mengunggah foto-foto produk dan biaya transport untuk mengunjungi berbagai toko. Untuk biaya pembelian produk biasanya langsung dibebankan kepada konsumen. Karena konsumen harus sudah mentransfer uang sebagai tanda setuju membeli barang yang dipilihnya. Modal terakhir yang harus dimiliki seorang penyedia hanyalah semangat. Mengapa semangat diperlukan? Karena Anda tidak akan tahu barang apa saja yang diinginkan oleh konsumen dan dimana akan mendapatkannya. Bisa jadi Anda harus berkeliling pusat perbelanjaan sampai beberapa kali hanya untuk mendapatkan satu barang saja.

Keuntungan Menggiurkan

Walaupun hanya bekerja untuk membelikan barang titipan orang, namun bisnis ini memberikan keuntungan yang tidak main-main. Dan keuntungan tersebut bisa dikatakan bersih untuk Anda. Karena konsumenlah yang akan membayar penuh barang titipan dan juga ongkos kirim hingga sampai ke tangan mereka. Keuntungan lainnya adalah Anda akan mendapatkan banyak reward point dari kartu kredit maupun e-wallet yang Anda gunakan. Karena sangat sering berbelanja, Anda pun bisa mendaftar sebagai member toko yang nantinya mendapatkan banyak sekali penawaran istimewa, diskon, voucher dan lain sebagainya.

Barang-Barang yang Cocok untuk Bisnis Jasa Titip

EP 23 2 - Berbagai Hal Mengenai Bisnis Jasa Titip yang Perlu Diketahui

Ada barang-barang tertentu yang biasanya paling dicari-cari oleh konsumen. Dan barang-barang tersebut kebanyakan bersifat terbatas sehingga tidak semuanya bisa mendapatkan dengan mudah. Adapun barang-barang yang cocok untuk bisnis ini antara lain:

Furnitur

Banyak toko furnitur berkualitas baik yang tidak mempunyai cabang yang terlalu banyak. Sehingga orang-orang dari daerah tertentu tidak dapat menjangkaunya. Oleh karena itu banyak sekali pelaku bisnis ini yang menjadikan furnitur sebagai salah satu produk yang ditawarkan. Karena furnitur ini mempunyai volume besar sehingga sulit dalam proses distribusinya, biasanya ongkos titip yang diberikan pun akan besar. Namun Anda juga tidak disarankan untuk mematok harga terlalu tinggi. Hal itu disebabkan karena harga barang dan ongkos kirim yang juga cukup mahal.

Produk Perawatan Kulit

Sama halnya dengan furnitur, banyak pula merek-merek perawatan kulit yang hanya membuka toko di mall-mall kota besar. Sehingga orang-orang di daerah tidak bisa membelinya dengan mudah. Dan sebagain besar juga tidak memilih untuk membeli secara online karena maraknya barang-barang palsu yang beredar. Konsumen yang membutuhkan pun akhirnya memilih jasa titip sebagai solusinya.

Makanan Kekinian

Makanan kekinian pun lebih banyak ditemukan di kota-kota besar. Sehingga pembeli dari luar daerah akan meminta kepada penyedia jasa titip untuk membelikan.

Merchandise Resmi

Merchandise resmi adalah barang terbatas yang hanya didapatkan pada event-event tertentu saja. Dan bagi Anda yang berkesempatan untuk menghadiri event tersebut tidak ada salahnya menawarkan untuk membelikan merchandise resmi kepada para penggemar.

Berbagai Produk Luar Negeri

Masyarakat saat ini sudah mengenal dan sangat menyukai barang-barang luar negeri. Namun tidak semua mempunyai kesempatan untuk menginjakkan kaki di berbagai negara di luar Indonesia. Maka dari itu jika Anda membuka bisnis jasa titip barang-barang luar negeri, dijamin akan banyak peminatnya.

EP 23 1 - Berbagai Hal Mengenai Bisnis Jasa Titip yang Perlu Diketahui

Ketika Anda memutuskan untuk membuka bisnis ini, pastikan pula sistem pembayaran Anda memberi kemudahan dalam bertransaksi. Terkhusus bagi Anda yang membuka jasa titip barang-barang luar negeri. Untuk kemudahan transfer uang dan pembelian barang-barang di luar negeri, bisa menggunakan aplikasi Qelola. Aplikasi kirim uang internasional ini juga memberikan tarif transfer yang sangat terjangkau sehingga tidak akan mengurangi keuntungan bisnis jasa titip Anda. Langsung saja unduh aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , ,