Ingin Menjadi Pekerja Profesional? Begini Tips-Tipsnya

Ep 20 - Ingin Menjadi Pekerja Profesional? Begini Tips-Tipsnya

Profesionalitas merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh seorang karyawan. Dengan mewujudkan keprofesionalan tidak hanya berdampak pada perusahaan saja, tetapi juga bisa memberikan keuntungan kepada diri Anda sebagai karyawan. Anda akan disenangi oleh atasan, pekerjaan terselesaikan dengan baik, serta mendapatkan link yang berguna untuk jangka panjang. Menjadi pekerja profesional tidaklah sulit. Untuk mewujudkan diri Anda menjadi pekerja profesional bisa dimulai dari hal-hal yang kecil. Cukup dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan kantor sehari-hari. Berikut beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan dan bisa membuka jalan Anda menjadi pekerja profesional.

Baca Juga: Memahami Konsep dan Urgensi Etika Profesi untuk TKI

EP 20 1 - Ingin Menjadi Pekerja Profesional? Begini Tips-Tipsnya

Perhatikan Penampilan

Tidak bisa dipungkiri bahwa orang-orang akan melihat Anda pertama kalinya dari penampilan luar. Apakah Anda sudah berpakain bersih dan rapi? Apakah Anda sudah memakai pakaian yang disyaratkan? Karena dalam dunia kantor Anda disarankan untuk berpakaian sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. Mungkin peraturan ini tidak tertulis dengan sangat detail, namun Anda bisa melihat bagaimana rekan-rekan kerja berpakaian dan Anda pun bisa  menyesuaikan. Hindari pakaian yang terlalu ketat, terbuka, atau pakaian-pakaian lain yang dianggap kurang pantas. Karena pandangan pertama yang buruk bisa berimbas terhadap pandangan orang lain di hari-hari berikutnya.

Perhatikan Bahasa Tubuh

Perkataan bisa saja berbohong, namun bahasa tubuh yang Anda tunjukkan bisa menyatakan bagaimana Anda sebenarnya. Cobalah untuk duduk dengan tegak dan tangan terlihat ketika bekerja sehingga anda akan terlihat lebih profesional dan berwibawa. Andapun harus menunjukkan gestur tubuh yang bagus ketika berbicara dengan atasan bahkan rekan kerja sekalipun. Karena selain kewibawaan, gestur yang baik akan mencerminkan sopan santun Anda selama bekerja. Selain itu gestur tubuh yang baik lama kelamaan akan mampu menumbuhkan kepercayaan diri.

Membiasakan Tepat Waktu

Sebagian besar tentunya menyukai orang-orang yang tepat waktu. Tepat waktu di sini tidak terbatas pada waktu Anda sampai di kantor, menghadiri rapat, atau bertemu klien. Tepat waktu di sini juga termasuk tepat waktu dalam menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan oleh atasan. Karena dampak membiasakan tepat waktu bukan hanya keprofesionalan Anda saja yang meningkat tetapi juga membantu menyeimbangkan ritme kerja rekan kerja yang lain. Dan lebih baik lagi jika Anda dapat menyelesaikannya kurang dari waktu yang diberikan.

EP 20 2 - Ingin Menjadi Pekerja Profesional? Begini Tips-Tipsnya

Mau Mendengarkan

Selain profesional dalam bekerja, Anda juga harus profesional ketika mendengarkan saran dan kritikan. Sebaiknya Anda tidak langsung emosi atau merasa diremehkan ketika atasan maupun rekan kerja memberikan saran kepada Anda. Dengarkan saran-saran tersebut, evaluasi diri, dan wujudkan menjadi kinerja yang lebih baik. Kalaupun kritik yang dilayangkan kepada Anda tidak sesuai, coba tenangkan pikiran terlebih dahulu agar respon yang dikeluarkan tidak berlebihan. Usahakan untuk membicarakannya dengan baik-baik dan berikan bukti konkret atas apa yang telah Anda lakukan selama ini.

Tidak Mencampurkan Urusan Pribadi dengan Urusan Pekerjaan

Untuk menjadi seseorang yang profesional, Anda harus bisa memisahkan apa yang menjadi kepentingan pribadi dan apa yang menjadi urusan kantor. Jika kedua hal ini dicampur adukkan maka Anda bisa jadi orang yang tempramental dan moody baik di rumah maupun di kantor. Ketika Anda sudah berada di kantor maka Anda harus benar-benar memusatkan perhatian pada pekerjaan walaupun sedang mengalami perdebatan dengan keluarga di rumah. Begitupun sebaliknya, jangan sampai rasa stres Anda karena pekerjaan dibawa hingga ke rumah dan justru menimbulkan kekerasan pada keluarga. Jika Anda tidak bisa memusatkan pikiran Anda, maka sebaiknya Anda mengambil jeda sejenak dengan menggunakan jatah cuti untuk sekadar menenangkan pikiran.

Mudah Bergaul

Menjadi profesional bukan hanya diukur dari seberapa besar kinerja yang dilakukan dan seberapa lama waktu yang Anda habiskan untuk pekerjaan. Pergaulan Anda dengan kolega juga bisa menjadi ukuran seberapa profesional Anda dalam pekerjaan. Seorang pekerja profesional haruslah mampu membagi waktu kapan dirinya harus bekerja, kapan harus beristirahat dan kapan harus berinteraksi dengan sesamanya. Dalam hal pergaulan, pekerja profesional pun sebaiknya mampu mengayomi serta membimbing sesama. Karena di kantor, Anda tidak hanya bertemankan dokumen dan setumpuk pekerjaan, tetapi juga rekan-rekan yang akan memberikan dorongan dari belakang dan bisa saling membantu saat kesusahan.

Kurangi Bergosip

Anda mungkin ingin membangun hubungan kepada sesama rekan kerja dengan banyak berbincang. Namun hindari terlalu banyak berbincang apalagi bergosip yang justru melalaikan Anda pada pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Selain pekerjaan terbengkalai, Anda pun bisa dicap sebagai tukang gosip di kantor. Tentu tidak mau bukan? Anda bisa mengakrabkan diri ke sesama rekan kerja dengan cara lain yakni dengan saling membantu dalam hal pekerjaan.

EP 20 3 - Ingin Menjadi Pekerja Profesional? Begini Tips-Tipsnya

Selain profesional dalam hal pekerjaan, Anda pun harus profesional dalam mengatur kehidupan pribadi terutama bagian keuangan. Karena banyak masalah yang ditimbulkan karena permasalah ekonomi dan keuangan. Aplikasi Qelola adalah salah satu yang akan membantu Anda dalam proses transfer uang internasional serta pembayaran tagihan untuk kemudahan pengaturan keuangan. Unduh aplikasi di sini sekarang juga!

Tags: , , , , , , , ,