Bagaimana Cara Cek NIK KTP Anda? Ini Penjelasannya

cek NIK KTP

Warga negara Indonesia yang sudah menginjak usia 17 tahun diharuskan memiliki kartu tanda penduduk atau KTP. Selain menjadi tanda pengenal kartu ini sangat penting karena dapat digunakan untuk keperluan apa saja. Mulai dari hal sesederhana mengaktifkan kartu SIM di smartphone hingga mengurus hal-hal lain yang lebih besar seperti mendaftar kerja dan menerbitkan surat penting-penting lainnya.

Di dalam KTP biasanya terdapat 16 digit angka yang disebut juga dengan nomor induk kependudukan atau NIK. Nomor ini sebenarnya mempunyai arti dan menjadi salah satu poin yang paling penting di dalam KTP. Oleh karenanya banyak sekali yang membutuhkan dan mencari-cari cara cek NIK KTP Anda. Bisa untuk hal yang penting atau justru untuk menipu. Beberapa informasi di intenet pun meyatakan mengetahi cara cek NIK KTP secara online melalui beberapa aplikasi. Lalu, apakah cek NIK KTP secara online ini aman? Apakah arti dari deretan NIK tersebut? Dan apa pentingnya mengecek NIK KTP? Simak penjelasannya berikut.

Baca Juga: Bisakah Data Diri Pada KTP Elektronik Diubah?

Tahukah Anda Arti NIK di KTP?

EP 5 1 - Bagaimana Cara Cek NIK KTP Anda? Ini Penjelasannya

Sumber: https://pikiran-rakyat.com/

Nomor Induk Kependudukan mempunyai kombinasi yang berbeda untuk tiap orang. Nomor ini pun tidak dibuat dengan sembarangan. Ada kode tertentu yang terkandung di dalam setiap nomornya. Kode-kode dalam NIK terdiri atas:

  1. 2 digit awal merupakan kode provinsi
  2. 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten
  3. 2 digit sesudahnya kode kecamatan
  4. 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format hhbbtt (untuk wanita tanggal ditambah 40)
  5. 4 digit terakhir merupakan nomor urut orang yang mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam 1 wilayah kecamatan, dimulai dari 0001.

Sebagai contoh, misalkan seorang wanita lahir di Bantul, Yogyakarta pada tanggal 15 Desember 1990 maka NIK-nya adalah: 34 02 05 551290 0001. Apabila ada perempuan lain dengan di tanggal yang sama dan berdomisili sama, maka NIK-nya adalah 34 02 05 551290 0002. Namun apabila yang mendaftar dengan tanggal lahir dan domisili yang sama adalah laki-laki maka NIK-nya adalah 34 02 50 1501290 0001.

34 02 05 551290 0001
Kode Provinsi Kode Kota/Kab. Kode Kecamatan Tanggal Lahir Nomor Urut

 

Mengapa Orang-Orang Butuh Mengecek NIK?  

EP 5 2 - Bagaimana Cara Cek NIK KTP Anda? Ini Penjelasannya

Sumber: https://www.jurnaljabar.id/

Seperti penjelasan sebelumnya, nomor induk kependudukan mempunyai fungsi yang sangat beragam dan penting. Namun bagi pendaftaran secara online masalah yang kerap diterjadi adalah tidak ditemukannya nomor induk tersebut. Selain itu bagi yang tengah berbisnis online, pengecekan NIK juga kerap dilakukan. Dan untuk keduanya proses cek NIK ini dilakukan untuk memastikan bahwa identitas yang diberikan ini benar adanya. Karena saat ini marak sekali penggunaan KTP palsu. Dengan proses pengecekan NIK KTP diharapkan tidak ada lagi pihak yang tertipu baik dalam kepengurusan berbagai dokumen maupun perihal lainnya.

Cek NIK Secara Online

EP 5 3 - Bagaimana Cara Cek NIK KTP Anda? Ini Penjelasannya

Sumber: https://gitgets.com/

Di dunia maya segala informasi bisa tersebar dengan cepat dan juga bebas. Saat ini banyak beredar informasi mengenai cara cepat mengecek NIK KTP secara online. Baik itu cek NIK KTP dari laman website dukcapil.kemendagri.go.id ataupun dari aplikasi lainnya. Dengan alasan untuk kepentingan memastikan bahwa nomor induk kependudukan yang tertera benar adanya dan bukan KTP palsu. Namun alasan ini pulalah yang juga menjadi ladang kriminal orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sebenarnya sempat membuka layanan pengecekan NIK KTP melalui laman website dukcapil.kemendagri.go.id. Namun layanan ini telah ditutup sejak tahun 2016. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyalah gunaan identitas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara Cek NIK yang Dianjurkan

EP 5 4 - Bagaimana Cara Cek NIK KTP Anda? Ini Penjelasannya

Sumber: https://m.medcom.id/

Kementerian Dalam Negeri sebenarnya masih memfasilitasi Anda yang ingin melakukan cek NIK KTP. Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pihak Kemendagri hanya melayani pengecekan langsung di Kantor Dinas Dukcapil setempat. Di Kantor Dinas Dukcapil biasanya menyediakan mesin pembaca kartu (card reader) khusus KTP. Mesin ini akan membaca chip di KTP Anda secara cepat. Ada pula Dinas Dukcapil di daerah tertentu yang masih mengizinkan Anda untuk mengecek NIK KTP melalui laman website Dukcapil masing-masing. Namun jika terdapat kejanggalan dalam NIK maka disarankan untuk datang langsung ke Kantor Dinas Dukcapil setempat. Yang terakhir, pastikan tidak mengecek NIK KTP Anda di aplikasi yang tidak jelas. Selain data yang kurang valid, pengecekan melalui aplikasi ini juga memungkinkan terjadinya kebocoran data.

Dengan informasi ini diharapkan Anda mengetahui apa cara terpercaya yang bisa digunakan untuk mengecek identitas penting Anda ini. Hal yang serupa juga harus dilakukan terhadap uang Anda. Jika diserahkan kepada layanan yang tidak terercaya, tentu saja akan membahayakan bukan? Bagi Anda yang sedang mencari e-wallet yang terpercaya, maka pilihannya jatuh pada Qelola. Qelola merupakan aplikasi transfer dan pembayaran tagihan yang akan memudahkan proses kirim uang secara internasional. Penasaran dengan fitur-fiturnya? Download aplikasinya di sini.

Tags: , , , , , , ,