Gampang Banget! Begini Cara Buat Akun Gmail untuk Calon TKI

membuat akun gmail

Di zaman yang serba online seperti sekarang, wajib hukumnya untuk punya akun e-mail atau surat elektronik. Segala pemberitahuan dan informasi sekarang cenderung dikirimkan melalui e-mail karena lebih cepat dan praktis. E-mail juga sangat bermanfaat untuk mempermudah urusan kerja, terutama bagi Anda calon TKI. Bayangkan saja, mulai dari pendaftaran TKI, pembuatan paspor, dan juga visa pasti membutuhkan alamat e-mail. Mayoritas, penduduk dunia bahkan di Indonesia menggunakan alamat Gmail untuk pembuatan akun e-mail mereka. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara buat akun Gmail, jangan lewatkan artikel berikut ini ya!

Kenapa Anda Harus Buat Akun Gmail?

social media icon keyboard 117856 950 - Gampang Banget! Begini Cara Buat Akun Gmail untuk Calon TKI

Tidak perlu ragu lagi untuk mempercayakan akun e-mail Anda kepada Gmail atau Google Mail. Banyak orang di seluruh dunia bahkan sudah banyak yang menggunakan akun Gmail untuk urusan surat-menyurat virtual mereka. Akun Gmail disebut banyak memiliki manfaat sehingga banyak dilirik oleh siapa saja. Berikut manfaat dari akun Gmail.

  • E-mail bisa Anda manfaatkan untuk mengirim dan menerima pesan secara cepat. Pesan ini bisa berupa teks, gambar, video, atau dokumen lainnya. 
  • Daftarkan diri Anda ke sosial media menggunakan akun Gmail. Zaman sekarang banyak orang yang tergila-gila dengan sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Untuk bisa memiliki akun-akun sosial media tersebut, sebelumnya Anda harus buat akun Gmail terlebih dahulu.
  • Buat akun Gmail sebagai syarat aktivasi layanan digital Anda. Dengan kata lain, e-mail disini berperan sebagai identitas diri Anda. Saat mengaktifkan perangkat smartphone Anda diharuskan memasukan alamat e-mail. Pun jika Anda ingin membuat akun layanan keuangan online, biasanya Anda diminta memasukkan alamat e-mail untuk pembuatan akun layanan tersebut.
  • Jika Anda mengaktifkan akun Gmail, ada manfaat lain yang bisa Anda rasakan yaitu video call. Desktop Gmail menampilkan kontak Hangouts di sisi kiri layar, sehingga Anda dapat mengetahui siapa saja kontak e-mail Anda yang menggunakan Hangouts. Hangouts merupakan sebuah aplikasi messenger yang memiliki kelebihan yakni dapat melakukan video call dengan banyak orang.
  • Saat koneksi internet putus, Anda ternyata tetap bisa mengakses e-mail secara offline lho! Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memasang ekstensi Gmail offline Chrome pada web browser Anda.

Baca Juga: Ingin Diterima Kerja? Awasi Jejak Digital Anda

Begini Cara Buat Akun Gmail

Nah, tanpa perlu basa basi lagi sekarang Anda akan diajak untuk tahu bagaimana cara buat akun Gmail. Pembuatan akun Gmail bisa Anda lakukan melalui perangkat gadget apa saja seperti PC, laptop, dan smartphone. Pembuatan akun e-mail pada komputer/laptop ini ternyata berbeda dengan di smartphone. Agar tidak salah langkah, simak ulasannya berikut ini.

Cara Buat Akun Gmail via Komputer/Laptop

mail communication connection message mailing contacts phone global letters concept 36325 2155 - Gampang Banget! Begini Cara Buat Akun Gmail untuk Calon TKI

  • Masuk ke halaman mesin pencari/browser pada komputer atau laptop Anda.
  • Tuliskan www.gmail.com pada halaman browser.
  • Pilih Create An Account.
  • Isikan data diri Anda secara lengkap pada kolom yang disediakan.
  • Pada pengisian username, apabila muncul keterangan “that username is taken, try another” maka Anda harus mengganti dengan nama lainnya karena nama yang Anda tulis tadi sudah dipakai orang lain.
  • Jika semua data sudah Anda isi dengan lengkap maka klik Next Step.
  • Selanjutnya akan muncul agreement atau kotak persyaratan, Anda bisa pilih I Agree.
  • Selamat, Anda sudah berhasil membuat akun Gmail.

Cara Buat Akun Gmail pada Smartphone

desktop with notepad smartphone glasses email symbol 113966 3 - Gampang Banget! Begini Cara Buat Akun Gmail untuk Calon TKI

  • Masuk ke menu Setting atau Pengaturan pada smartphone Anda.
  • Kemudian pilih menu Account/Akun dilanjutkan dengan klik Add Account/ Tambah Akun.
  • Pilihlah ikon Google dan klik Create A New Account.
  • Isi data diri yang diperlukan sesuai petunjuk dan klik Next.
  • Pada saat pengisian username apabila muncul keterangan “that username is taken, try another” maka Anda harus mengganti dengan nama lainnya karena nama yang Anda tulis tadi sudah dipakai orang lain.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat password yang jumlahnya minimal 8 karakter. Password ini bisa menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, bahkan karakter unik. Sebaiknya Anda membuat password yang mudah diingat atau tulis password Anda pada buku catatan khusus agar tidak lupa.
  • Setelah klik Next Anda bisa melewatkan bagian selanjutnya dan masuk kolom Privacy and Terms.
  • Klik I Agree dan akan muncul konfirmasi username serta password.
  • Jika proses buat akun Gmail Anda berhasil maka Anda akan segera menerima pemberitahuan.

Itu tadi adalah langkah-langkah buat akun Gmail yang bisa Anda simak. Semoga panduan di atas dapat memudahkan Anda untuk bisa memiliki akun Gmail. Bagi Anda calon TKI yang akan bekerja di Malaysia  jangan lupa juga untuk mengunduh layanan transaksi online seperti aplikasi Qelola

Aplikasi Qelola adalah sebuah aplikasi online yang dirancang khusus untuk TKI di Malaysia yang ingin berkirim uang ke tanah air. Uang yang Anda kirim pun langsung masuk ke rekening tujuan di hari itu juga dalam sekejap saja. Tidak perlu ragu melakukan transaksi keuangan dengan aplikasi ini, karena dijamin aman dan terpercaya. Selain kirim uang, Qelola juga mendukung Anda untuk bisa membayar berbagai tagihan di Indonesia lho! Mulai dari tagihan listrik, air, TV Kabel, bahkan BPJS Kesehatan dapat Anda lunasi langsung dari Malaysia. Caranya bagaimana? Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di ponsel pribadi, kini Anda bisa kirim-kirim uang dan bayar-bayar tagihanmu di mana saja dan kapan saja. Lebih lanjut tentang aplikasi ini, Anda bisa mampir ke website resmi Qelola di sini!

Tags: , , ,