7 Hal Unik Tentang Malaysia yang Perlu Diketahui Calon TKI

tentang malaysia

Siapa yang tidak kenal dengan negara tetangga Indonesia, yaitu Malaysia. Selain menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia, Malaysia juga menjadi tujuan para calon TKI untuk bekerja. Baik bagi wisatawan maupun calon TKI, berikut ini adalah 7 hal unik tentang Malaysia yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengunjungi Malaysia.

Baca Juga: 4 Daftar Indonesia Embassy di Malaysia, TKI Wajib Tahu Ya!

1.  Wilayah Berbagi Daratan dengan Negara Lain

Malaysia memiliki wilayah Sabah dan Sarawak yang berbagi daratan dengan dua negara lain di pulau tersebut, yaitu Brunei Darussalam dan Indonesia. Tawau menjadi kota perbatasan darat Malaysia dengan Kalimantan Utara, Indonesia. Perbatasan tersebut menjadi pintu gerbang penduduk Kalimantan yang ingin masuk atau keluar Malaysia. 

2.  Program Wisata Medis Murah dan Berkualitas

tentang malaysia 1 - 7 Hal Unik Tentang Malaysia yang Perlu Diketahui Calon TKI

Malaysia adalah salah satu negara di Asia yang menggalakan program wisata medis dengan biaya yang murah namun tetap berkualitas. Negara ini memiliki beragam pilihan rumah sakit terbaik yang siap merawat pasien dari berbagai belahan dunia, termasuk dari Indonesia. Dukungan ini tercantum dalam situs resmi wisata medis yang begitu lengkap dalam menampilkan prosedur pembuatan visa, daftar rumah sakit, hingga rincian biaya berobat. Biaya operasi di rumah sakit Malaysia terbilang paling murah, dimana Anda bisa melakukan operasi bypass jantung hanya dengan biaya USD9.000 saja. Sementara operasi yang sama di Amerika dengan kualitas yang setara membutuhkan biaya hingga USD130.000. 

3.  Memiliki Tumbuhan Berkhasiat

Tongkat Ali adalah tumbuhan berkhasiat khas Malaysia yang berasal dari pohon kecil tebal yang bisa mencapai tinggi 10 meter dengan cabang sangat sedikit (biasanya hanya 2). Tumbuhan ini banyak ditemukan di hutan Malaysia. Cara mengkonsumsi Tongkat Ali biasanya diseduh bersama kopi dan ginseng untuk memberikan tenaga dan gairah bagi para lelaki dewasa. Masyarakat Indonesia biasa mengenalnya dengan nama Pasak Bumi. 

4.  Memiliki Kekayaan Botani yang Menakjubkan

tentang malaysia 2 - 7 Hal Unik Tentang Malaysia yang Perlu Diketahui Calon TKI

Dalam sebuah penelitian mencatat tentang Malaysia yang memiliki lebih dari 1.000 spesies tanaman yang kebanyakan bisa digunakan sebagai bahan obat. Seperti pohon Bintagor yang hanya terdapat di Sabah yang diyakini bisa mematikan virus HIV penyebab AIDS. Ada juga daun terlebar di dunia yang bernama Alocasia macrorrhiza yang juga berasal dari negara bagian Sabah. Daun ini ditemukan di tahun 1966 dengan panjang 3 meter dan lebar 1,92 meter. Selain itu, ada pula Pomelo (Citrus maxima), yaitu buah yang bisa tumbuh hingga mendekati ukuran bola sepak kecil sehingga diyakini sebagai buah berjenis citrus (jeruk) terbesar di dunia. Pohon tropikal tertinggi di dunia pun ada di Malaysia, yaitu bernama Tualang yang bisa tumbuh setinggi 80 meter dengan diameter batang mencapai 3 meter. 

5.  Menara Petronas, Gedung Tertinggi Dunia

Petronas adalah menara setinggi 88 lantai atau 400 meter lebih yang pernah menjadi gedung tertinggi di dunia pada tahun 1998 hingga tahun 2004. Saat ini, Petronas memang dikalahkan menara tunggal dari negara lain, namun belum ada menara kembar di dunia yang menyaingi ketinggian menara Petronas.

6.  King Cobra Terbesar di Dunia

tentang malaysia 3 - 7 Hal Unik Tentang Malaysia yang Perlu Diketahui Calon TKI

Ophiophagus Hannah adalah salah satu dari spesies king cobra terganas. Malaysia merupakan salah satu habitat terbesar dari Ophiophagus Hannah tersebut. Salah satu king cobra yang ada di Malaysia bahkan bisa tumbuh hingga sepanjang panjang 5 meter sebelum akhirnya terbunuh pada Perang Dunia II. 

7.  Gua Terbesar di Dunia

Gua terbesar di dunia terdapat di Malaysia yaitu terletak di Sarawak, tepatnya di Taman Nasional Gunung Mulu. Konon, luas gua yang diakui sebagai Warisan Situs Dunia UNESCO sejak tahun 2000 ini bisa memuat hingga 40 unit pesawat Boeing 747 sekaligus. 

Itulah beberapa hal unik tentang Malaysia yang perlu Anda ketahui. Langkah selanjutnya untuk lebih mengenal Malaysia adalah dengan menikmati negara Malaysia secara langsung dari dekat. Untuk menjadi TKI di Malaysia, Anda harus mempersiapkan dokumen secara lengkap agar dapat terhindar dari label TKI ilegal. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman dan aman selama bekerja di Malaysia. Untuk memudahkan Anda kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, Anda bisa memanfaatkan layanan transfer uang dari aplikasi Qelola. Biaya yang Anda keluarkan untuk kirim uang antar negara menggunakan aplikasi Qelola sangat murah. Jadi, pastikan Anda mengunduh aplikasi Qelola sekarang juga!

Hanya dengan satu aplikasi saja, Anda sudah bisa kirim uang dan bayar tagihan dengan mudah. Bayar tagihan listrik, tagihan PDAM, hingga tagihan BPJS Kesehatan untuk seluruh anggota keluarga di tanah air bisa Anda bayarkan meskipun Anda sedang berada di Malaysia. Kemudahan lainnya dari penggunaan aplikasi Qelola adalah, Anda bisa membeli voucher game, voucher listrik prabayar, voucher pulsa, hingga paket data internet. Transaksi menggunakan Qelola terjamin keamanannya. Oleh karena itu, setiap transaksi yang Anda lakukan akan langsung diproses dalam hitungan menit.

Tags: , , , , ,