Pahami 4 Tren Sistem Pembayaran Online Masa Kini

pembayaran online

Meskipun saat ini orang-orang sudah banyak yang menggunakan layanan sistem pembayaran online, namun tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui apa itu sebenarnya sistem pembayaran online. Menurut pengertiannya, sistem pembayaran online atau internet payment system merupakan layanan transaksi dan pembayaran yang dilakukan secara online atau berbasis server. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika melakukan transaksi atau pembayaran menggunakan sistem ini. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar wawasan Anda lebih luas lagi.

Baca Juga: Intip Cara Daftar, Top Up Saldo, Hingga Cek Rekening Qelola

Tren Pembayaran Online Masa Kini

Teknologi internet memang telah mengubah kehidupan masyarakat, termasuk dalam hal transaksi keuangan. Pembayaran online menjadi pilihan yang paling tepat karena mudah, nyaman, dan aman. Melihat fenomena seperti ini, bukan hal yang tidak mungkin jika tren pembayaran online akan semakin meningkat di masa mendatang. Saat ini, setidaknya ada 4 tren pembayaran online yang paling digemari masyarakat. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

1.  Sistem Payment Gateway

pembayaran online 2 - Pahami 4 Tren Sistem Pembayaran Online Masa Kini

Pembayaran online dengan menggunakan sistem payment gateway biasa digunakan oleh pihak perbankan, perusahaan besar, dan merchant. Keberadaan payment gateway di Indonesia mulai diterapkan sejak tahun 2017 lalu. Payment gateway ini banyak dipilih untuk keperluan transaksi keuangan karena memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan dinilai lebih efisien. Beberapa lembaga perbankan telah menggunakan sistem ini, seperti BRI, BCA, Bank Mandiri, dan BNI. Penggunaannya juga diawasi oleh bank sentral, yaitu Bank Indonesia agar transaksi berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

2.  Payment via Minimarket

Minimarket kini tidak hanya sebagai tempat berbelanja kebutuhan saja. Melainkan Anda juga bisa melakukan transaksi pembayaran online pada e-commerce dan pembayaran lainnya seperti pembayaran tiket di minimarket. Kini, sudah ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce yang bekerjasama dengan minimarket untuk memudahkan konsumennya. Cara ini sangat mudah jika dibandingkan dengan menggunakan transfer bank. Anda hanya perlu menyerahkan kode pembayaran yang diberikan perusahaan e-commerce kepada kasir minimarket. Lalu, kasir akan memproses pembayaran, dan Anda akan mendapatkan bukti pembayaran yang ada.

3.  Fitur QR Code

pembayaran online 3 - Pahami 4 Tren Sistem Pembayaran Online Masa Kini

QR code atau Quick Response Code merupakan pengembangan dari sistem barcode. Kode seperti ini bisa Anda temukan pada sebuah produk elektronik, kartu nama, hingga pembayaran yang menggunakan software komunikasi online maupun surat kabar digital. Penggunaan QR code ini memang memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan barcode. Di antaranya adalah mampu membaca simbol seperti huruf kanji selain angka dan huruf. Selain itu, dari segi kapasitas juga lebih tinggi, yaitu hingga ratusan kali jika dibandingkan dengan barcode. Jika barcode hanya menggunakan data dari sisi horizontal saja, sementara QR code lebih variatif dan bisa digunakan untuk data yang berada pada posisi horizontal maupun vertikal. Ukurannya juga lebih kecil dan hanya sepersepuluh dari barcode. Maka tidak heran jika banyak digunakan dalam sebuah produk maupun sistem pembayaran online masa kini.

4.  Penggunaan Dompet Digital

pembayaran online 4 - Pahami 4 Tren Sistem Pembayaran Online Masa Kini

Tren pembayaran online berikutnya yang sedang marak adalah penggunaan dompet digital atau elektronik. Hingga saat ini, ada banyak perusahaan maupun vendor mulai mengembangkan dompet digital seperti operator seluler, pihak perbankan, dan perusahaan fintech. Seperti namanya, dompet ini memiliki fungsi yang sama seperti dompet konvensional. Namun, Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak. Namun cukup menggunakan satu kartu dan aplikasi. Anda bisa mengunduh aplikasi dompet digital ini di berbagai layanan, mulai dari Google Play Store dan App Store. Salah satu keunggulannya adalah, Anda tidak dikenakan biaya admin dan saldo yang Anda miliki bisa digunakan untuk melakukan pembayaran online hingga pembayaran kartu tol. Adanya dompet digital ini, selain mudah digunakan juga turut mensukseskan pemerintah dalam kampanyenya pada transaksi non-tunai.

Pembayaran Online via Aplikasi Qelola

pembayaran online 5 - Pahami 4 Tren Sistem Pembayaran Online Masa Kini

Seperti yang sudah disinggung di atas, penggunaan dompet digital memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis pembayaran online lainnya. Hingga saat ini, sudah ada banyak dompet digital yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang sedang berada di luar negeri sebagai pekerja migran, aplikasi Qelola adalah pilihan yang paling tepat. Tidak hanya akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan bayar tagihan ini-itu, tapi yang lebih penting adalah dengan Qelola Anda bisa transfer uang dengan sangat mudah. Transfer uang dari Malaysia ke Indonesia misalnya, bisa Anda lakukan dengan proses yang cepat dan aman. Tanpa keluar rumah, transaksi bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan aplikasi di dalam smartphone Anda.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Qelola. Salah satunya adalah Anda bisa membayarkan berbagai tagihan di Indonesia melalui aplikasi Qelola secara langsung. Saat berada jauh dari kampung halaman, Anda tetap dapat membayarkan tagihan listrik, PDAM, dan tagihan lainnya melalui aplikasi ini. Cara cek dan bayar tagihan PDAM di aplikasi Qelola sangat mudah, yaitu:

  1. Langkah pertama, Anda harus download aplikasi Qelola di Google Play Store terlebih dahulu.
  2. Kemudian registrasikan nomor Anda pada aplikasi yang sudah terpasang di smartphone Anda.
  3. Setelah berhasil, barulah Anda bisa login dan klik menu “PDAM”.
  4. Selanjutnya, masukan data yang dibutuhkan seperti nomor pelanggan, wilayah, serta nama perusahaan air tempat berlangganan Anda.
  5. Setelah konfirmasi, maka nominal tagihan akan muncul. Dan Anda bisa melakukan pembayaran sekaligus dengan proses yang mudah, cepat, dan murah.

Kini, sudah saatnya meninggalkan cara lama, dan beralih ke sistem pembayaran online masa kini yang lebih canggih.

Tags: , , , , , , , ,