Hidangan Lebaran Idul Fitri yang Wajib Ada di Malaysia

EP 15 - Hidangan Lebaran Idul Fitri yang Wajib Ada di Malaysia

Setelah momen berpuasa selama satu bulan lamanya, lebaran akan menjadi momen selanjutnya yang sangat ditunggu-tunggu. Berbagai persiapan dilakukan. Mulai dari membeli baju lebaran, membeli perabot baru, beres-beres rumah, menukar uang untuk THR dan yang tidak boleh ketinggalan adalah menyediakan hidangan lebaran Idul Fitri. Kebiasaan ini tentunya tidak hanya ada di negara kita. Negara tetangga kita, Malaysia, juga tidak pernah absen untuk menghidangkan hidangan lebaran Idul Fitri untuk sanak saudara yang berkunjung. Karena berkumpul sambil makan-makan secara tidak langsung juga sudah menjadi tradisi saat lebaran di sana. Bagi Anda yang saat ini berada di Negeri Jiran dan ingin merayakan lebaran seperti warga Malaysia pada umumnya, hidangan lebaran Idul Fitri ini bisa Anda sediakan di rumah Anda.

Baca Juga: 7 Tradisi Lebaran di Malaysia, Jamuan Raya Salah Satunya!

Ketupat

EP 15 1 - Hidangan Lebaran Idul Fitri yang Wajib Ada di Malaysia

Tidak hanya di Indonesia, ketupat juga menjadi hidangan primadona ketika hari raya Idul Fitri di negeri tetangga kita, Malaysia. Di Negeri Jiran tersebut, makanan berbentuk segi empat yang dibungkus janur kelapa ini biasanya dihidangkan dengan opor ayam, rendang, sayur lodeh, atau kuah kacang. Hampir sama dengan negara kita bukan? Yang membedakan adalah di Malaysia ada dua jenis ketupat yang biasa dihidangkan pada waktu lebaran. Ada ketupat nasi yang biasa dimakan dengan opor, ada pula ketupat pulut yang terbuat dari ketan dan dimasak dengan santan.

Lemang

EP 15 2 - Hidangan Lebaran Idul Fitri yang Wajib Ada di Malaysia

Lemang juga merupakan makanan khas Indonesia yang biasa disajikan pada saat lebaran oleh masyarakat Sumatera, khususnya Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Aceh. Namun sama dengan ketupat, lemang juga bisa Anda temukan saat berlebaran di Malaysia. Lemang terbuat dari beras ketan yang dicampur santan serta merica dan dibakar di dalam bambu. Makanan ini mempunyai rasa gurih yang hampir sama dengan ketupat pulut.

Bubur Lambuk

EP 15 3 - Hidangan Lebaran Idul Fitri yang Wajib Ada di Malaysia

Bubur lambuk sebenarnya adalah makanan yang disantap ketika sahur di bulan puasa. Namun karena teksturnya yang ringan dan mampu mengganjal perut untuk menahan lapar, bubur lambuk juga menjadi hidangan yang kerap disantap sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri. Bubur ini diharapkan memberi tenaga agar Anda semangat untuk melaksanakan shalat Idul Fitri. Bubur lambuk terbuat dari beras yang dicampur dengan santan, daging sapi, ebi, berbagai rempah, dan bumbu spesial khas bubur lambuk. Rasanya yang kaya dijamin akan disukai oleh banyak orang.

Tepung Pelita

EP 15 4 - Hidangan Lebaran Idul Fitri yang Wajib Ada di Malaysia

Selain makanan bercita rasa gurih, asin, dan pedas, Malaysia juga punya sajian istimewa di hari raya Idul Fitri dengan rasa yang manis. Sajian tersebut diberi nama tepung pelita. Tepung pelita terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan santan dan gula pasir yang selanjutnya dibungkus dengan daun pisang atau daun pandan. Dari bahan-bahannya saja pasti Anda sudah dapat membayangkan rasa legit dan manis yang lezat dari kue ini, bukan?

Kue Kering

EP 15 6 - Hidangan Lebaran Idul Fitri yang Wajib Ada di Malaysia

Kue kering, makanan yang tidak akan pernah absen di hari raya Idul Fitri di Malaysia. Berbagai jenis kue kering pastinya sudah dimasukkan ke dalam toples-toples dan disusun rapi di meja ruang tamu ketika lebaran datang. Ditemani dengan minuman-minuman manis yang menyegarkan, kue-kue kering ini siap dinikmati oleh tamu-tamu yang berkunjung. Ada berbagai jenis kue kering yang biasa dihidangkan di rumah-rumah Malaysia. Ada kuih makmur (yakni kue kacang tanah bertabur tepung gula), kuih bangkit, pineapple tarts (nastar), kuih loyang (kembang goyang) dan tidak ketinggalan kue lapis yang sangat populer sebagai kue perayaan di Malaysia.

Durian

EP 15 5 - Hidangan Lebaran Idul Fitri yang Wajib Ada di Malaysia

Selain makanan berat seperti ketupat dan lemang, atau makanan ringan seperti kue kering, masyarakat Malaysia juga terbiasa menikmati durian ketika lebaran. Ini karena bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri di Malaysia kerap kali bersamaan dengan musim durian. Jadi perayaan Idul Fitri semakin meriah dengan acara makan buah durian bersama. Ketika raja buah ini tersebar dimana-mana, mana mungkin tahan untuk tidak menikmatinya bukan?

Selain menikmati hidangan lebaran Idul Fitri khas Malaysia yang telah disebutkan tadi, satu hal lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah momen bagi-bagi THR. Jika sama-sama berlebaran di Indonesia dengan keluarga, memberikan THR secara langsung kepada sanak saudara bukanlah sebuah masalah. Namun lain halnya jika Anda sedang berada di negeri orang. Dan untuk Anda yang sedang berlebaran di Malaysia dan ingin memberikan THR kepada sanak saudara di Indonesia kini bisa menggunakan aplikasi transfer uang dari Qelola. Biaya transfer luar negeri dengan Qelola cukup terjangkau jadi tidak akan memberatkan jika harus memberikan pada banyak orang. Selain untuk kirim uang, Anda juga bisa menggunakan Qelola untuk membayar berbagai tagihan ketika berada di Malaysia. Ingin segera menikmati manfaatnya? Bisa download aplikasinya di sini sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , , , ,