Info Lengkap Syarat, Cara, dan Biaya Perpanjang Paspor Terbaru

EP 11 - Info Lengkap Syarat, Cara, dan Biaya Perpanjang Paspor Terbaru

Paspor adalah dokumen wajib yang harus Anda miliki ketika berencana pergi ke luar negeri. Mengapa? Karena paspor merupakan identitas global yang bisa digunakan ketika berada di luar begeri. Jika di Indonesia kita diwajibkan mempunyai KTP, maka ketika berada di luar negeri kita diwajibkan mempunyai paspor. Masa aktif paspor yang diberikan yakni selama lima tahun. Namun biasanya paspor tidak bisa digunakan lagi dalam waktu enam bulan sebelum tanggal kadaluarsa yang sebenarnya. Karena biasanya negara-negara luar yang akan dikunjungi mengharuskan pendatang memiliki paspor dengan masa berlaku paling sedikit tersisa enam bulan. Oleh karena itu ketika masa berlaku paspor sudah kurang dari enam bulan, maka sebaiknya segera diperpanjang. Jika dibandingkan dengan membuat paspor baru, proses perpanjang paspor jauh lebih mudah. Hal itu berkaitan dengan proses dan syarat yang harus dibawa. Untuk biaya perpanjang paspor tidak ada perbedaan yang signifikan. Biaya perpanjang paspor dengan pembuatan paspor baru hanya dibedakan oleh biaya administrasi. Dalam artikel ini Anda akan diberikan informasi lengkap mulai dari cara, syarat, dan biaya perpanjang paspor.

Baca Juga: Ini Dia Syarat Paspor Terbaru dan Biaya yang Dibayarkan

Perpanjangan Paspor

EP 11 1 - Info Lengkap Syarat, Cara, dan Biaya Perpanjang Paspor Terbaru

Saat ini ada dua cara untuk melakukan perpanjangan paspor, yakni daftar paspor online dan manual. Memperpanjang paspor secara manual dilakukan dengan datang ke kantor imigrasi terdekat dengan membawa beberapa persyaratan yang ditentukan dan mengambil nomor antrian secara langsung. Perpanjangan paspor secara online juga mengharuskan Anda untuk datang ke kantor imigrasi. Namun Anda sudah mendapatkan nomor antrian terlebih dahulu secara online. Di antara kedua opsi ini, saat ini banyak yang lebih memilih memperpanjang paspor secara online sebagai pilihan. Opsi kedua ini lebih direkomendasikan karena akan membantu Anda mendapatkan nomor antrian secara lebih simpel. Mengingat panjangnya antrian pembuatan paspor ketika Anda datang secara langsung ke kantor imigrasi setiap harinya. Selain itu Anda pun dapat memilih tanggal dan waktu kedatangan ke kantor imigrasi untuk menyesuaikan dengan waktu luang Anda.

Syarat Memperpanjang Paspor

EP 11 2 - Info Lengkap Syarat, Cara, dan Biaya Perpanjang Paspor Terbaru

Sama halnya ketika membuat paspor baru, ada beberapa syarat kelengkapan yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut antara lain:

  • Paspor lama, khusus untuk yang ingin mengganti paspor biasa menjadi e-paspor.
  • KTP dan fotokopinya.
  • Kartu Keluarga (KK) dan fotokopinya.
  • Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis dan fotokopinya.
  • Surat pewarganegaraan Indonesia untuk orang asing yang menjadi warga negara Indonesia.
  • Surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang bagi Anda yang berganti nama.

Perlu diingat kembali bahwa semua persyaratan yang dibawa harus dalam bentuk dokumen aslinya dan juga fotokopi. Hal ini untuk mengantisipasi apabila petugas menanyakan kelengkapan dokumen asli tersebut. Karena apabila syarat yang dibawa tidak lengkap dapat menghambat proses perpanjangan paspor Anda.

Cara Memperpanjang Paspor

EP 11 3 - Info Lengkap Syarat, Cara, dan Biaya Perpanjang Paspor Terbaru

Bagi Anda yang ingin memperpanjang paspor, berikut hal-hal yang dilakukan:

  1. Untuk menghemat waktu ambil antrian online melalui website resmi Dirjen Imigrasi https://antrian.imigrasi.go.id. Atau bisa mengambil nomor antrian melalui aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (Apapo) yang bisa di-download di PlayStore.
  2. Sembari menunggu waktu untuk ke Kantor Imigrasi, siapkan persyaratan yang diperlukan.
  3. Setelah mendapatkan nomor antrian, Anda bisa datang ke Kantor Imigrasi sesuai dengan hari dan jam yang sudah ditentukan. Jangan lupa membawa bukti nomor antrian.
  4. Untuk perpanjangan paspor Anda tidak perlu lagi mengisi formulir lagi
  5. Serahkan formulir aplikasi kepada petugas dan Anda akan diberikan tanda terima dan kode pembayaran jika persyaratan sudah dinyatakan lengkap.
  6. Anda akan direkam sidik jarinya serta difoto sesuai dengan jadwal yang tertera pada tanda terima.
  7. Selanjutnya wawancara verifikasi.
  8. Petugas akan memberitahukan kapan paspor bisa diambil.

Biaya Memperpanjang Paspor

EP 11 4 - Info Lengkap Syarat, Cara, dan Biaya Perpanjang Paspor Terbaru

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak ada perbedaan yang signifikan dari biaya perpanjangan paspor dengan biaya pembuatan paspor baru. Perbedaannya hanya terletak dari biaya administrasi yang dibayarkan. Biaya administrasi perpanjangan paspor hanya dikenakan IDR5.000 saja. Sementara untuk pembuatan paspor baru Anda akan dikenakan biaya jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik sebesar IDR55.000. Berikut daftar biaya selengkapnya.

Jenis Paspor Jml Halaman Keterangan Harga
Paspor Biasa 24 Halaman Rp100.000
Paspor Biasa 48 Halaman Rp300.000
e-Paspor 24 Halaman Rp350.000
e-Paspor 48 Halaman Rp600.000
Administrasi Rp5.000

Biaya di atas dapat dibayarkan melalui ATM atau m-banking beberapa bank serta beberapa aplikasi fintech. Simpan bukti pembayaran untuk ditunjukkan ketika melakukan pengambilan paspor. Sementara untuk pembayaran kebutuhan lainnya terutama ketika Anda telah berada di luar negeri, Qelola adalah solusinya. Qelola adalah aplikasi yang membantu WNI yang berada di luar negeri khususnya TKI yang bekerja di luar negeri untuk mengelola keuangan dan pendanaan di Indonesia selama berada di luar negeri. Jadi untuk Anda yang merencakan bepergian ke luar negeri, download Qelola di sini sekarang ya!

Tags: , , , , , ,